Jual Milagros disini
Loading...

BlogWalking Memang Menyenangkan

Gambar dari Internet
Catatan Asep Haryono

Pernah suatu ketika A.Y Indrayana menegur saya dengan indahnya "kok sekarang sudah jarang keliatan Blog Walking" nya sih.  Teguran halus ini terasa bagai palu godam yang meghantam kepala saya karena begitu tepat sekali menohok jantung tangan saya. Heheheh rupanya bukan cuma Jantung Hati aja ya sekarang tangan aja punya jantung ck ck ck ngarang bener sayah. 

Lantas apakah saya harus berdiam diri dengan teguran A.Y. Indrayana ini wah tentu saja tidak. Saya jadi terpecut untuk kembali aktif menjalin tali silaturahmi sesama blogger dengan BlogWalking seperti yang sudah sering saya lakukan dalam minggu minggu dan bulan bulan sebelumnya. Kenapa memang sekarang jarang BW (Blogwalking), yah biasalah jawaban standar "lagi sibuk pekerjaan nih". Hahahaa kok pekerjaan jadi alasan oleh sayah ya, kan kasian juga si pekerjaan nda salah apa apa dijadikan Kucing Hitam eh salah kambing hitam. 

Apa Yang Salah Dengan NgeBlog?

Hahaha kalaw tulisan ini sampai terbaca sama "mantan" bos JPNN yang sekarang menjadi Menteri BUMN Mr Dahlan Iskan sudah pasti saya akan dijewer karena lebih fokus ke blogging daripada menomor satukan pekerjaan kantor yang sudah jelas memberikan penghasilan dan gaji daripada aktifititas Blogging. Salahkan himbauan yang pernah menjadi orang nomor satu di Group JPNN Surabaya itu? Tentu saja tidak. Beliau memang benar sekali, dan saya salah sekali.  Tapi  Apa yang salah dengan Blogging?

Tapi beliau lupa bahwa Blogging juga bisa memberikan penghasilan dalam arti kata bisa menghasilkan uang, duit, fulus, arto (Bahasa Jawa), money nah. Hanya saja mungkin dalam konteks pemahaman beliau GAJI atau Uang jauh lebih pasti diperoleh dari penghasilan dari kantor dalam bentuk salary alias gaji baik bulanan maupun berkala.

Kepastian memberikan penghasilan tetap itulah yang menjadi parameter beliau yang memandang ngeblog atau aktifitas menulis di blog tidak berpotensi mendatang uang dari gaji bulanan seseorang sebagai karyawan. Saya melihat statement beliau pada konteks profesi wartawan. Saya bukan wartawan, tapi senang menulis.  Menurut pandangan Mr Dahlan, wartawan sebaiknya fokus membuat  tulisan buat korannya saja yang sudah jelas memberikan gaji dan penghasilan tetap kepadanya bukan  ke blogging. 

Beliau bilang kalaw wartawan menulis di blog pribadinya lebih moncer ketimbang buat korannya saya rasa masuk akal juga. Sebab fisik yang sudah terkuras karena mencurahkan seganap daya pikirnya di blog pribadinya menjadikan sang wartawn mengalami kelelahan (exausted) sehingga tidak optimal lagi dalam menulis buat korannya. Saya hargai pendapat beliau demikian, karen semua orang bebas menyampaikan pandangan dan pendapatnya bukan? Itulah demokrasi.  Perbedaan pendapat adalah hal yang indah. Saya tidak mau berpolemik di sini karena bisa menimbulkan huru hara di sana sini hheiheiheie.

Kita Tidak Sendirian
Saya memang orang kemarin sore dalam dunia persilatan Blogging (ngeblog saya di mulai tahun 2008-red) dan saya lihat dari aktifitas Blogging ke sana kemari alias BlogWalking saya melihat betapa heterogennya profesi Blogger dari A sampai Z.  Dari pelajar sekolah SMA, Mahasiswa Perguruan Tinggi , Karyawan Swasta, Pegawai Negeri Sipil, Ibu Rumah Tangga, Pengusaha Muda , Pedagang  dan lain sebagainya. Mereka aktif di masyarkat dan menjalankan fungsinya tapi mereka juga blogger.  Wow. Amazing

Dari kunjungan BlogWalking ini banyak manfaat yangbisa kita petik. Banyak yang ditulis dan dibagikan orang kepada dunia mulai dari pengalaman pribadi, cerita lucu, berbagi tips kesehatan, sharing ilmu pengetahuan informasi dan hiburan, teknologi informasi, Wisata Kulier (resep masakan), bahkan sampai pada hal yang remeh sekalipun dan kesemuanya menjadi kita semakin cerdas dan menambah wawasan. Ternyata dunia itu luas. Kita bisa banyak menyerap informasi dan menimbal ilmu dari tulisan orang lain.

Ada banyak orang di luar sana yang bisa "melihat" dan mereka akan "menemukan" kita di mana saja berada.  Dari postingan itulah mata dunia akan melihat kita, sekali kita memposting ke blogging, maka berita kita akan tersebar ke mana mana ke seantero dunia.  Luar biasa dampaknya.  Dalam dunia marketing, informasi dari mulut ke mulut (mouth to mouth system) jauh lebih berhasil .

Betapa senangnya jika hasil tulisan postingan kita diblog mendapat komentar dari orang atau pengunjungnya, rasanya di awan awan. Serasa bagai selebritis kalaw begini mah. Tapi yang jelas ada kebanggaan jika tulisan di blog mendapat komentar dari orang lain, dan itu berarti tulisan kita dihargai orang, ditemukan orang.

Nah berbahagialah jika blog kawan kawan sudah "dilirik" orang  dan tinggal memanfaatkanya saja sebagai media promosi yang sangat efektif sesuai dengan kemauan dan kehendak kita semua. Hal itu menandakan bahwa kita tidak fana di dunia maya ini dan sekarang kita sudah bisa menjadi "dedemit maya" juga dan jangan heran kalaw banyak orang "gentayangan " ke sana kemari melalui blogwalking.  Hiyyyy  (Asep Haryono)

36 comments:

  1. Postingan yg luar biasa kawan, Blog walking memang menyenangkan, tapi jangan melampaoi batas, karena bisa melupakan segalanya, ...hehe ..tidak juga lah.., yang penting bisa mengatur waktu dan pekerjaan,,..dan jangan sampai lalai... pokoknya selagi masih sempat ngeblog teruskan saja semoga ada pahalanya dan banyak rejekinya..hehe..
    postingan yg bagus, membawa semangat.
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Penyuluh Pertanian : Terima Kasih atas masukan dari bapak. Tentu blogwalkingnya harus berkualitas dan tidak asal berkomentar sambil lewat sambil berharap trafiknya naik, dan mendapat kunjungan Balik. Bagi saya sangat penting membaca sampai tuntas buah pemikiran orang lain dalam setiap tulisan mereka. Terima Kasih

      Delete
  2. Saya setuju banget dg kang Asep... Dg memberikan komentar yg kadang tdk nyambung dg tulisan.. Atau minta di folow atau di balas koment..atau hanya skedar komentar ala kadarnya..

    paling tdk kita baca artikel nya sampai selesai guna menghargai hasil tulisannya..seperti apa yang kang asep sebutkan di atas :)
    Trima kasih ya kang...telah mengingatkan :)
    Ini jg jd intropeksi buat saya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @budi os 19 : Hehehe ya ya benar kadang saya menganalisa komentar suka tidak nyambung dengan postingan atau tulisan artikel. Sekedar "setor komentar" dan berharap kunjungan balik. Hihiehiehe tapi santai saja sama saya mah. Semuanya disambut baik. Kedatangan mereka di blog ini juga sangat saya sukai, dan sangat saya hargai selalu :)))

      Delete
  3. Aku juga senang kalau diberi komentar...
    Tapi kalau enggak juga nggak apa-apa sih.
    Apalagi kalau komentarnya panjang kayak komentar dari mas asep, waaa senang sekali hihihi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Tebak Ini Siapa : HEhehe ah bisa saja. Saya memang senang mampir ke blog teman teman dan berusaha sebaik mungkin meninggalkan catatan yang diusahakan sesuai dengan tema dan tulisan yang ada biar nyambung hihieehiee. Terima Kasih sudah mampir ya mba Una. Salam

      Delete
    2. iya nih..Kang Asep paling jago kasih komen panjang..
      Sampe nyaingin panjangnya postingan yg dikomen-in! hiehieie....Lanjutkan Kang!

      Delete
  4. betul mas Asep... Kalo udah blogwalking, serasa gentayangan kesana kemari. Dan pastinya dengan tujuan yang jelas, bukan asal gentayangan. Baidewei, makasih ya mas sudah mengingatkan sekaligus mencambuk diriku, bahwa blogging itu menyenangkan dan dapat menambah wawasan. That's truly right!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. @cici pratama : Terima kasih sudah mampir lagi ya mba Cici. Jalan jalan ke blog kawan kawan saya usahakan selalu karena saya lihat banyak artikel menarik.

      Beberapa postingan favorit saya biasanya menyangkut pengembangan pribadi, hobi , teknologi informasi seperti blogging dan internet, juga hal hal yang ringan ringan tapi unik. Tapi biasanya apa pun yang ditulis kawan kawan saya simak dan sangat dihargai :)))

      Delete
  5. Inspiratif bang Asep, kepuasan tidak melulu diukur dengan uang atau penghasilan. Ngeblog yang gratisan ini pun ada kebanggaan dan nilai kepuasan tersendiri. Selain dapat kenalan, teman, tetangga, kita pun akan terlatih untuk berekspresi melalui media blog. Apalagi kalau kita sudah gentayangan di jagad blog, waduh, bisa menghantui nih termasuk mendapatkan fulusnya bila mau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @HALAMAN PUTIH : Oh jelas sekali. Kepuasan itu memang bersifat nisbi dan tidak selalu dapat diukur dengan sesuatu yang bersifat kebendaan atau materi. Yang paling mengasyikkan bagi saya pada kegiatan blogwalking ini adalah saling bertukar informasi satu sama lainnya dan bahkan ajang silaturahmi dan perkenalan ini bisa dibangun dari media semacam blogging ini.

      Saya sendiri merasakan banyak manfaatnya dari akfititas ngeblog ini, salah satunya adalah bertambahnya nilai positif dan "plus" dari sebuah persahabatan. Teman baru dapat, dan ilmu pun semakin bertambah dan semakin kaya karena saling melengkapi satu sama lainnya

      Delete
  6. sangat setuju sama om asep. Tapi ya, kadang kite mengalami kejenuhan juga karena blogwalking terus menerus. Pdahal kita bersilaturahmi kepada kawan2 blogger heehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Hzndi : Heheheh wah wah saya dipangggil "om" ya. Hiehihieeie. Ngomong ngomong soal sebutan atau panggilan ini memang unik juga. Ibarat masyarakat yang memberi ponten atau nilai kepada saya, dan saya senang senang saja. Seperti panggilan "Kang Asep" kepada saya padahal saya 100 persen bukan orang Sunda dan tidak bisa berbahasa Sunda.

      Mengapa saya sebut demikian? Karena banyak juga kawan saya yang bukan orang Sunda, tapi Mahir berbahasa Sunda. Saya terima sebutan dari masyarakat terhadap sebutan "kang" di depan nama saya, dan saya sangat menghargainya :)))

      Delete
  7. setuju banget dengan tulisan ini apalagi sebagai penulis kita senang ada komentar, demikian juga komentator akan senang jika komentarnya ditanggapi penulisnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Thanjawa Arif : hehehe ya kadang kadang komentar yang ditulis oleh seorang blogger pada sebuah postingan blogger lainnya akan dilihat dan lihat kembali. Ada memang kebiasaan blogger yang meninggalkan pesan atau komentar di blog blogger lain "berharap" komentar yang dia berikan mendapatkan "tanggapan" atau "respon" dari tuan rumah yang dia kunjungi.

      Rasanya menyenangkan, dan tentu saja membanggakan juga. Jadi di sini ada nilai saling menghargai dan itu sangat menyenangkan :))

      Delete
  8. mantap2 kang. gue setuju banget. apalagi google memberikan ruang gratis bagi setiap orang untuk mengapresiasikan keinginan para pengguna internet lewat blog platform blogger ini. dan banyak hal yg bisa di dapat, bukan hanya duit semata, tetapi ilmu, informasi dan pengetahuan lainnya tanpa mengurangi aktivitas didunia nyata tentunya!
    i like this posts

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Bung Penho : Saya pun berpendapat demkiian. Namun ada kekuatiran juga dalam diri saya dalam menggunakan platform gratisan semacam Blogspot ini. Sampai kapan mereka akan menyajikan gratis. Saya pernah mengalami hllangnya data gara gara menggunakan gratisan beberapa tahun yang lalu.

      Masih ingat geocities? Saya banyak web yang saya buat dengan menggunakan space gratisan di Geocities yang kini "bangkrut", dan juga beberapa fasilitas gratis lainnya yang kini sudah hilang tak tau rimbanya.

      Kekuatiran menggunakan gratisan semacam blogspot ini juga selalu membayangi saya. Perlu juga menyimpan "salinan" dari semua tulisan yang saya posting di platform ini. Jaga jaga siapa tahu kelak Blogspot bangkrut, dan hilang di internet.

      Delete
  9. blogging memang asik...

    selain bisa mempunyai wadah untuk berekspresi, blog juga bikin kita tampah pinter (ini menurutku lho ya), banyak sekali pelajaran2 yang bisa kita ambil dari blogger lain...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Aninda Naima : Oh ya jelas sekali. Hiehiheiie. Memang mengasyikkan sekali aktifitas "blogwalking" yang menurut pendapat saya amat mirip bersilaturahmis secara fisik dari rumah yang satu ke rumah yang lain.

      Hanya saja rumah yang saya maksudkan dalam Blogwalking ini adalah rumah kawan kawan blogger dalam dunia maya, atau virtual. Jadi "bepergian" ke mana mana kini bisa dilakukan secara "virtual tour" dan itu sangat menyenangkan.

      Delete
  10. Blog emang wadah yg baik buat berkarya lewat tulisan..
    Sedangkan blogwalkin juga sngat diperlukan sebagai sarana mempererat tali pertemanan lewat dunia maya dan mendapatkan ilmu dari blogger lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @BeeBekkkk : Benar sekali. Bahkan saya banyak menjumpai beberapa blogger yang isinya sangat informat dan full pengetahuan dan juga hiburan.

      Memang setiap blogger punya ciri khas dan selera masing masing dalam menyajikan dan menampilkan konten tulisannya dan itu akan menambah semarak tentunya. Terima Kasih sudah mampir di sini lagi hiehiehiehiehie

      Delete
  11. blogwalking memang menyenangkan ya pak, karena selain silaturahmi dengan sesama blogger kita juga bisa dapat banyak pelajaran berharga lho di sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @mami zidane : Ya benar sekali. Aktifitas "gentayangan" berkunjung ke blog kawan kawan blogger bagi saya terasa seperti "tour" , "studi banding" atau bahkan "kunjungan kerja" sesama blogger.

      Berkeliling ke seluruh dunia melalui virtual seperti berkunjung ke "rumah" orang hanya saja dalam bentuk "rumah maya" atau "rumah virtual". Menyenangkan dan tentu mencerdaskan kita semua tentunya

      Delete
  12. blogwalking memang menyenangkan disamping ajang silahturahmi juga dapat menambah pengetahuan dari sipenulis blog (tuan rumah). memang perlu mengatur waktu di dunia si Maya dan dunia si Nyata :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @fajar_p_k : Terima kasih atas kunjungannya ya. Memang tujuan utama dari blogwalking kalaw bagi saya pribadi adalah untuk mempererat tali persahabatan, silaturahmi, saling memberi kabar dan salam satu sama lainnya sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari semangat blogging.

      Delete
  13. setuju....dengan blog walking kita juga jadi tambah ilmu

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Reo Adam : Hi pa kabarnya mas Reo. Ya benar sekali "blogwalking" memang seperti berkunjung atau bertamu ke rumah rumah orang hanya dalam bentuk Virtual atau dunia maya. Dengan blogwalking bisa tambah cerdas, pinter, dan banyak wawasan, yah setuju itu mas Reo. Terima Kasih ya sudah mampir di sini. Salam dari Pontianak

      Delete
  14. Tadinya aku pingin berhenti BW, baca tulisan ini jadi semangat lagi...., inspiratif

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Harun Ar : Kalaw sedang sibuk, nda mood, atau banyak kegiatan lainnya ya santai aja mas Harun Ar. Blogwalking bisa dilakukan kapan saja kok. Terima kasih kalaw dirasakan postingan ini bisa memotivasi dan menambah inspirasi mas Harun untuk bersilaturahmi lagi ke sesama blogger lainnya. Itu bagus. :)))))))))))

      Delete
  15. iya asyiik, cuma ya itu, kalo saya licking2nya harus nyari waktu yang pas. ideal banget kalo pas nungguin istri saya belanja, saya ada di luar pasar, mainin internet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @zachlazz : Nah itu dia inti dari postingan saya ini bang. Blogwalking memang idealnya dilakukan di saat senggang aja, saya pun begitu. Makanya jarang jarang komen di blog kawan kawan karena sibuk pekerjaan yang menumpuk.

      pas giliran ada waktu luang buanyak, seluruh blog yang terdata di komen komen postingan di blog saya akan saya usahakan sedapat mungkin disambangi semuanya hiehiehiehiehiee. Dalam keadaan normal atau sibuk tentu blogwalking tidak saya lakukan.

      Delete
  16. jadi bahan inspirasi buat saya bagaimana cara memanagement waktu kapan blogwalking seharusnya. karena selama ini saya blogwalking sambil bekerja :)

    ReplyDelete
  17. waaahhh,, postingannya panjang banget,,
    sampe ngantuk bacanya,, hehe,, tidak kok, saya salut dan saya mesti banyak belajar melalui artikel-artikel yang pak asep tuliskan di setiap postingnya..

    ReplyDelete
  18. Waa .... itu bukan teguran, tapi ungkapan rasa kangen dikomentariiinnnn :D

    Hehehehehe .....
    But anyway, blogwalking memang kegiatan yang sangat dan paling dirindukan :)

    Maaf baru baca posting ini sekarang ..... :'(

    ReplyDelete
  19. Blogwalking memang menyenangkan, karena masih banyak sekali blogger yang memberikan ilmu, tips dan saran yang bisa kita pelajari. disamping itu itu akan menambah silahturahmi sesama blogger. dan bagi mereka yang ingin menambah traffik blog nya ini juga sangat berpengaruh besar untuk menambah visitor. tapi memang harus dilakukan dengan cara yang sopan dan tidak SARA. karena banyak hal yang bermanfaat yang bisa kita bagikan sewaktu melakukan blogwalking. oh ya artikelnya super lengkap ya, jadi inspirasi buat saya untuk menambah kualitas artikel di blog saya..

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog