Jual Milagros disini
Loading...

Behind The Scene Website Pontianak October Festival

Catatan Asep Haryono

Ini masih berkaitan dengan postingan saya kemari yang berisi dan berjudul “Pontianak Octobe Festival” yang saya posting pada hari Ahad (Saya senang menyebutnya dengan Ahad daripada Minggu-red) tanggal 16 September 2012.

Nah secara kebetulan saja saya diminta oleh Panitia Pontianak October Festival 2012 (POF) untuk “Bantu Bantu” mereka dalam bidang pembuatan website yang sudah dirasa sangat mendesak untuk segera diwujudkan. Saya jadi kaget juga “ditodong” seperti itu, namun mengingat timing penyelenggarannya sudah di depan mata saya menyatakan Insya Allah siap.

Tidak berapa lama kemudian, ketua pelaksana (organizing committee) gelaran Pontianak October Festival 2012 ini mengundang rapat teknis dan juga membahas program kegiatan bersama sama dengan Pihak Pemerintah Kota Pontianak, organisasi atau komunitas Fotografi Pontianak, beberapa anggota Beleter (Komunitas Blogger dan Netter Pontianak) dan beberapa undangan lainnya. Rapatnya sendiri sekitar tanggal 10 September 2012 lalu di ruangan Oval lantai 5 Gedung Graha Pena Pontianak Post.

Dalam rapat tersebut akhirnya disepakati berbagai keputusan bersama antara lain adalah pematangan kembali rule of competition alias peraturan dan ketentuan lomba yang lebih spesifik lagi untuk lomba Blog dan lomba Fotografi.

Hadiah tetap digadang gadang totalnya adalah Rp.15.000.000,- (Lima Belas Juta Rupiah) untuk kedua lomba tersebut. Nah bayangkan lah kalaw duit segitu dibeliin cendol wuah pasti kelelep tuh gedung Graha Pena hehehehe. Agenda lainnya yang sudah di setujui adalah pembangunan website Pontianak October Festival 2012 (POF) yang (lagi) aja kebetulan saya ditunjuk pelaksananya. Wah jadi pimpinan proyek donk. Huaaaaa

BAB I. Mudah Dan Praktis
Bab pertama adalah tentang model , bentuk, dan teknologi yang seperti apa maunya panitia Pontianak October Festival inginkan untuk pembangunan websitenya. Saya kan jadi bertanya Tanya, tapi sepertinya pihak penyelenggara menyerahkan sepenuhnya kepada saya. Ya sudah kalw begitu saya coba yang mudah dan praktis aja model websitenya yakni dengan menggunakan Template yang sudah ada dan banyak tersedia di Internet. Sedangkan Hosting dan Domainnya saya pesan dari Rumahweb yang berbasis di Jogjakarta. Hayuuuu kawan kawan ada yang tau nda tuh Rumahweb?

Gambar dari internet
Mengingat waktu pelaksanaan yang sangat mepet (Bayangkan pelaksanaan gawe POF tanggal 21 September s/d 23 Oktober 2012-red) maka saya memutuskan untuk memakai template yang sudah jadi jadi alias ready-mate template.

Selain mudah dan praktis saya sendiri juga nda pinter pinter amat dalam knowledge dibidang pemograman dan desain situs web. Maklum level saya masih bau kencur alias kemarin sore, jadi masih belajar sana sini gitu deh. Hiheiheiheiehiheieie

Sebenarnya saya punya CD Collection Template yang saya beli secara online dari sebuah toko computer beberapa bulan yang lalu. Kumpulan CD Joomla Template yang saya punya itu berisi ratusan model template Premium yang keren keren bangeds. Juga ada banyak model dan template yang bagus bagus buat template. Saya sudah liat konten CD tersebut namun malah saya sampai bingung sendiri mau milih yang mana. Mau diliat satu persatu isi CD Joomla Template jelas makan waktu yang lama. Ya udah pake Template Joomla merek Themza aja yang kena dihati saya hehehe.

Bab II. Volunteer atau Sukarela
Sebenarnya Situs web Joomla Template buanyak banged di Internet loh tinggal search aja pasti ketemu. Banyak yang bagus bagus, termasuk model Joomla Template yang berbasis di Joomla Template Siteground juga banyak yang keren keren. Nah saya termasuk jadul dalam memakai model Joomla maka saya pilih model template Joomla versi 1.5 xx saja yang sudah saya pelajari control panel administrator nya selama 2 (dua) tahun belakangan ini, jadi cukuplah mengerti gitu deh

Nah ini bab II ini adalah yang berurusan dengan namanya duit hehehehe. Saya sendiri memang punya tariff dalam bisnis membangun atau mendesain website buat klien, professional sajalah. Teman ya teman , tapi bisnis tetaplah bisnis. Menurut pendapat saya pribadi kedua domain ini (bisnis dan pertemanan) tidak bisa dicampur adukkan. Misalnya "you punya hutang sama sayah ya harus dibayar donk, tapi you tetap sahabat dan kawan saya" hehehehe. Nah kira kira gitu deh analoginya. Ehm uhukk…uhukkk

THEMZA :  Situs ini menyajikan banyak template Joomla yang mudah , praktis dan murah meriah. Salah satu andalan saya dalam memilih model website. Mau coba? Silahkan

Urusan duit memang sangat sensitive. Orang bisa berkelahi hanya gara gara duit. Persahabatan bisa hancur juga bisa disebabkan karena duit , uang, fulus, arto (bahasa Jawa), dan money dalam bahasa Inggris. Nah khusus dalam kepanitiaan Pontianak October Festival (POF) ini saya memposisikan diri sebagai pekerja sukarelawan atau Volunteer saja. Tidak minta bayaran, tapi kalaw dikasih ya saya terima donk. Pantangan bagi saya mengajukan tarif atau minta dibayar. Saya tidak serendah itu.  Bukannya saya sok alim nda butuh duit, tapi kan liat liat konteksnya dulu dok Sobs. Saya memang butuh duit tapi saya bukan mata duitan.

Bab III. Penutup Dan Kesimpulan
Ada kenikmatan tersendiri bisa membuat “sesuatu” (minjem Syahrini-red) yang bisa go online dengan mudahnya. Ah ini biasa aja sih sebenarnya. Kata orang Internet kan nda Cuma ceting, email dan pesbukan aja bukan. Tapi eits saya harus hati hati berkomentar untuk yang satu ini karena pemanfaatan internet sebenarnya terpulang kepada masing masing pribadi setiap user atau individu yang menggunakannya. Buat sarana hiburan dan informasi ya silahkan. Mau dibuat cari gebetan dan pacar baru ya silahkan.

Ada keasyikan tersendiri saya bisa terlibat dalam kepanitiaan seperti Pontianak October Festifal 2012 , dan yang lebih menyenangkan sekali adalah saya bisa “Bantu Bantu” sesuai dengan aplikasi, dan kemampuan yang saya punya. Saya senang bisa in action bersama sama dengan team Pontianak October Festival 2012 walau tidak turun ke lapangan. Ya betul saya cukup dibelakang layar saja sebagai administrator atau pengelola situs web Pontianak October Festival saja. Duduk di depan PC saja, dan mengatur semua lalu lintas informasi kegiatan di lapangan untuk dipublikasikan dalam website. Bagi saya pribadi hal seperti ini sangat menyenangkan.

Selain itu juga ada kesenangan tersendiri dan merupakan sebuah kenikmatan bisa melatih orang lain yang juga ditunjuk sebagai administrator situs web yang saya edit ini, dan saya sih seru seru saja melatih mereka. Dengan kata lain orang yang ditunjuk itulah yang diproyeksikan sebagai pengedit utama website Pontianak October Festival ini, sedangkan urusan yang menyangkut fitur website dan teknologi yang digunakan dalam portal ini menjadi tanggung jawab saya. It was my solely responsibility.

Kenikmatan lainnya adalah mereka sendiri yang “menemukan” saya. Maksud kalimat ini adalah pihak Pontianak October Festival sendiri yang “meminta” saya untuk bergabung dalam tim kepanitiaan Pontianak October Festival tahun 2012 ini.

Saya tidak minta atau nekad menyelonong begitu saja. Saya tidak tau mengapa pihak panitia Pontianak October Festival “mengajak” saya gabung dalam tim “mengurus” websitenya. Padahal di luar sana banyak sekali web developer, web master, dan web designer yang lebih moncer daripada saya yang masih setingkat user ini. I don’t know. You tell me.

Jadi tidak perlulah berharap banyak bahwa website Pontianak October Festival ini akan secanggih yang dibayangkan orang. Saya belum sepintar atau secanggih ilmunya para web master. Apa yang ada saja ya dan inilah batas kemampuan saya. Ini bukan alasan atau excuse yang dibuat buat sebagai jawaban standar menutupi kekurangan saya di dalam bidang Teknologi Informasi. Kalaw saya tidak tau, ya saya bilang tidak tau. Justru kalaw kawan kawan tau, tolonglah saya diberi tahu agar juga jadi tau. Mari kita sama sama belajar. (Asep Haryono)

30 comments:

  1. wah wah. . . Banyak banget bang hadiahnya,buat beli cendol sama bakso aja bANG buat sekampung. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @annash mobilepc : Selamat hari Senin. Selamat memulia eh salah memulai aktifitas hari ini ya. Semoga sukses selalu menyertai kita semuanya. Amin Ya Robbal Alamin. Wah wah kalw dibeliin beneran Cendols ama Bakso wah bisa bikin pesta seharian tuh ngundang banyak orang. Pesta besar donk ye. Hehehehehehehhee

      Delete
  2. Wah desain websitenya bagus hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Elfrida Chania : Ah ya kah bagus. Alhamdulillah terima kasih. Padahal seperti yang saya sudah tulis di atas itu bukan desain saya. Saya cuma pake template yang sudah jadi alias tinggal pake aja. Jadi penafsiran saya karena munkin template yang sudah jadi dan yang sudah saya pake tersebut bagus. Soale kalaw nda dijelasin gini bisa kena jewer orang sayah hehehehhehehee

      Delete
  3. dilibatkan, itu artinya kang asyep "master" di bidang ini.

    kadang istilah syahdini yang dipake, kali ini syahrini. mereka menginspirasi kang Asep sepertinya. bikin dong postingan tentang mereka berdua..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @zachlazz : hahahaha sebenere nda begitu suka juga dengan Artis, tapi kalaw itu mengandung hal yang unik menurut kriteria saya ya saya cantumkan seperti penyebutan istilah "sesuatu" nya Syahrini.

      Sama seperti sebutan "super sekali" nya mas Mario Teguh The Golden Ways. Cewek atau cowok si tokoh atau public figure bukan masalah bagi saya hehehehehee. Mosting tentang mereka (duo "SYah" itu). Hmmm I have no idea :)))))

      Delete
  4. morning ! :)

    makasih udah di follow blogku yang "Hitam Putih Duniaku"
    tapi aku jarang ngisi di sana...hehehe..

    silahkan mampir ke sini :
    http://lintasanpelangi.blogspot.com/
    aku aktifnya di situ.. :)

    blog kang Asep yang ini aku follow ya?
    makasih atas pertemanannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Ay Sagira : Iya makasih juga sudah mampir balik ke sini, oh ya ya saya sudah mampir di blognya yang dipastekan alamatnya di sini.

      Salam kenal kembali, dan salam kami juga sekeluarga di Pontianak, Kalimantan Barat

      Delete
  5. terkadang web gak perlu juga canggih2 bgt, yg penting isinya informatif.. gak ngebingungin org :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ke2nai : Yah benar sekali. Saya sependapat dan setuju sekali dengan pendapat mu. Model dan template tidak perlu canggih amat, dan menampilkan terlalu banyak "atraksi" animasi.

      Web bagus lay outnya tapi "kayak rumah hantu" alias jarang diupdate malah membuat jenuh para pengunjungnnya. Yang menjadi raja tentulah konten dan isi. Terima kasih sudah memberikan wawasan kepada saya. Salam dari Pontianak

      Delete
  6. Postinga yg sangat bagus, kabar gembira yg menyenangkan, sepertinya lombanya sangat mantap pak haryanto adiahnya juga lumayan besar apalagi kalau dibelikan cendol..hehe..

    kalau lihat template desainnya sudah bahus, oke banget
    salam sukses utk pak haryanto.
    terima kasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Penyuluh Perikanan : Heheehe nama lengkap saya Asep Haryono pak. hiheiheiheiheie. Terima Kasih sudah mampir di blog saya yang sederhana ini. Insya Allah saya usahakan update setiap hari biar sip dan maknyus kata mas Bondan kuliner itu.

      Delete
    2. wakakakak..... Pasti ini ketuker-tuker sama Pak Haryanto yg dari Angin Mamiri !! hihi...
      Kang Haryanto..Kang Haryanto...

      Delete
  7. semoga sukses ya acaranya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Bunda Kanaya : Terima Kasih atas kunjungannya ya Bunda Kanaya. Salam dari kami sekeluarga di Pontianak.

      Delete
  8. Aku pernah mengoperasikan Joomla ..
    Tapi itu udah lamaaaaa ..... dan pengunaannya cukup mudah menurutku ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @A.Y.Indrayana : Oh ya kah? Joomla memang mudah dan murah meriah, dan ekstensi dan filenya juga banyak tersedia di Internet yang bisa diunduh. Saya punya yang CD koleksi premiumnya, dan baru dipakei beberapa saja. Bingung sendiri akhirnya saking begitu banyaknya template

      Delete
  9. yang benera aja Kang, masa dapet uang segitu buat beli cendol? Eh..kecuali kalo cendolnya buat dijual lagi dengan harga lebih tinggi ya? hehehe...
    Kang Asep udah ahli bikin web ya? sy pengen bisa euy..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Popi : hehehehe ya kan bisa aja sekalian mecahkan rekor MURI sebagai pembeli Cendol terbesar se Indonesia. Ide gila memang, tapi kadang kadang justru yang nyeleneh seperti ini bisa membuat kondang. Tapi siapa juga yang mau makan ya kalaw cendolnya sebanyak itu wiiihhh,, ck ck ck ck

      Ah saya soal bikin web mah cuma make script dan templte yang sudah jadi aja. Tinggal download, dan install terus jalan deh. Tinggal edit sana sini beres gitu hiheiheiheiheiiee. Terima Kasih mba Popi :)))

      Delete
    2. kalo mau kondang mendadak memang sekarang kudu pake ide-ide 'gila' dan orang2 langsung bilang "WOW" !

      Delete
  10. Wah ternyata agan Hariyono seorang master desain web ya... Hebat...2x lanjutkan terus gan semoga tambah sukses itu acara

    ReplyDelete
    Replies
    1. @cik awi : Hehehe ah biasa aja kok. Saya masih user lias tinggal pake sekrip yang sudah ada dan dijalankan siapas aja bisa kok. Hehehehe. Terima Kasih ya mas Cik Awi. Salam dari Pontianak

      Delete
  11. gue perlu belajar nih ngedesain web. mantap banget kang! hadiahnya banyak banget. bikin seru

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Penho : Hehehe Alhamdulillah. Terima Kasih. Selamat menyimak dan mengikuti Pontianak october Festival secara virtual ya. Acaranya wokehhhhhhhhhhhh

      Delete
  12. salam kenal dari saya blogger gagal bung Hariyono,mantap artikelnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Anrus Daha : Hahahaha masa sih namaya Blogger Gagal. Emang gitu kah namanya mas? Terima Kasih atas kunjungannya di blog ini. Salam kami sekeluarga di Pontianak. Kalimantan Barat

      Delete
  13. moga aja acaranya sukses dan kang Asep "kecipratan" rizkinya tambah buanyak wae....

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Nedi Arwandi : Amin Ya Robbal Alamin. Alhamdulillah. Terima Kasih mas Nedi Arwandi.

      Delete
  14. semoga acaranya lancar kang!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. @artiirhamna : Iya terima Kash. Ehh sudah daftar lomba Blog, vuruan daftar ya. Hihihihihihihihi

      Delete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog