Jual Milagros disini
Loading...

Moderasi Komen Blog Saya Non Aktifkan

Sering Merepotkan Dan Membuat Susah Orang
Catatan Asep Haryono


Sudah lebih dari beberapa komen dari kawan kawan blogger yang mengeluhkan sering mengalami kesulitan dalam memberikan komentar atau tanggapan atas postingan saya di blog dan saya merasa "bersalah" juga karena sudah banyak menyusahkan kawan kawan semua. Untuk itu sekali lagi saya menyampaikan penyesalan dan bukan bermaksud untuk mempersulit kawan kawan dalam memberikan komentar di postingan.

Karena masih dalam suasana lebaran (masih di bulan Syawal juga khan-red) saya menyampaikan Selamat Iedul Fitrie 1 Syawal 1433 Hijriah, Minal Aidzin Walfaidzin Mohon Maaf lahir dan Bathin. Insya Allah saya akan mampir ke "rumah" kawan kawan semuanya satu persatu untuk bersilaturahmi atau istilah kerennya Blogwalking. Sebenarnya maksud awal dari settingan moderasi dilengkapi dengan Capthca di sini adalah untuk menghindari SPAM atau komentar yang tidak santun baik dalam pemakaian kosa kata maupun kata kata yang berisi konten yang mengandung SARA.

Tau sendiri kan satu kata terakhir itu (SARA-red) sedang lagi Booming, dan sudah banyak contohnya mulai dari kasus Bang Haji Rhoma Irama, sampai pada isu isu di Pilgada Ibukota Jakarta dan beberapa tempat lainnya di Indonesia. Tadinya tujuan awal dan "mulia" itulah yang menjadi dasar pokok settingan moderasi dengan Captcha tersebut. Namun dalam beberapa hari terakhir ini justru menjadi bumerang bagi saya sendiri. Dan ini sudah terbukti beberapa kawan kawan merasa "terbebani" dan juga kesulitan dalam memberikan komentar.

Sementara Di Hapuskan
Kadang saya sendiri mengalami hal serupa yang dialami oleh rekan Popi yang mengalami kesulitan dalam memberikan komentar pada postingan artikel saya kemarin yang berisi dan berjudul tentang "jarang menang undian atau kuis berhadiah", dan saya anggap ini sudah menjadi puncak kekesalan kawan kawan terhadap saya hihihihihihi. Sungguh saya merasa sangat tidak nyaman karena sudah membuat susah kawan kawan. Hiks hiks. I am so sorry my friends.

Begitupula dengan SPAM, karena ada beberapa blogger yang sudah mengisi komentar namun saya cek tidak ada dalam daftar komentar yang akan disetujui namun "nyelonong" masuk ke dalam folder SPAM. Saya merasa itu komentar yang aseli ditulis oleh human alias manusia, namun mengapa bisa masuk ke folder SPAM ya. Ini juga sering dialami oleh blogger The Kupu Dini Haiti Zulfany di Pontianak. Begitu saya tau ada komentar yang masuk ke dalam folder SPAM saya langsung mencontrengnya atau menandainya bahwa itu komenta aseli manusia dan bukan SPAM (Not Spam).

Shout Box
Alasan lain moderasi dan Captcha ini untuk sementara di non aktifkan karena saya ingin komentar kawan kawan blogger yang saya cintai bisa langsung tayang, dan tanpa harus direpotkan dengan menuli ulang kode verifikasi tanda human (manusia) karena saya sudah yakin yang mengisi adalah human alias manusia.

Mungkin yang paling agak mengganggu bagi saya saat ini adalah kolom shout out atau shout box yang isinya banyak yang "aneh aneh" dan banyak yang menggunakan bahasa Inggris. Setelah saya meluncur ke TKP alamat website atau bloh yang ditinggalkan para pengisi shoutbox sering mengarah ke website "lucu lucu" atau kadang website orang jualan atau dagangan. Weleh weleh weleh.  Kadang setelah saya clear (hapus-red) semua komentar di Shout Box eh besok muncul lagi dan selalu "rame".  Puyeng dah

Padahal tujuan "mulia" saya mencantumkan kolom Shout Box ini adalah sebagai kolom komentar instant dan praktis tanpa harus membuka email untuk berkirim komentar atau mengisi kolom postingan yang terletak di bawah artikel. Walaupun pesan yang disampaikan dalam kolom Shout Box ini terbatas karakter hurufnya dan tidak sepanjang jika mengisi komentar di kolom form komentar di bawah postingan.

Mengisi kolom komentar di Shout Box sangat mudah dan praktis, dan sudah pasti langsung tayang dan bisa dibaca oleh setiap orang. Bahkan si admin atau pemilik blog juga dengan mudah bisa menjawab langsung komentar yang masuk di halaman shout box ini.

Namun peluang terjadinya abuse (penyalah gunaan-red) tetap sangat terbuka. Bisa saja pengisi kolom shout box ini mengaku ngaku sebagai pemilik blog dan atau mengatas namakan pemilik blog mengisi komentar. Nah untuk mengatasinya tinggal kita delet saja di file manager Shout Box kita masing masing. Namun sejauh ini tidak ada yang neka neko dalam komentar di shoutbox ini.

Penonaktifan Moderasi Komen dan Captcha ini bukannya tanpa resiko. Malah sangat beresiko seperti yang sering dialami oleh rekan blogger Ciga Golb yang sering kebanjiran posting postinga yang berisi konten iklan orang jualan serta iklan iklan yang sering menganggunya bisa juga terjadi pada saya.   Namun demikian saya selalu berprasangka Positif dan pikiran yang positif (Positive Thinking).  Jika hal itu terjadi (SPAM, SARA, Jualan Iklan beserta keluarga dan sodaranya) sudah pasti terpaksa akan saya hapus.  Sesederhana itu. Simple

Itulah yang dapat saya bagikan kepada kawan kawan di hari ini, dan semoga bermanfaat untuk kebaikan kita bersama. Sekali lagi saya. Salam dari Bumi Lintasan Khatulistiwa Pontianak. Kalimantan Barat (Asep Haryono)

40 comments:

  1. Ya benar sekali. Saya memang sering mengalami banyak kesulitan dalam memberikan komentar postingan di blog kawan kawan karena terkendala sama Captcha itu.

    Malah sering berkali kali saya salah mengisikan kode Huruf atau Angka di Captcha sehingga eror terus. Masih mendingan. Malah sering saya komentar banyak namun terkendala penulisan Captcha yang salah eh begitu di klik "back" komentar panjang yang saya isikan tadi malah hilang semua. Huaaaaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Syahrir Badulu : Terima Kasih atas kunjungannya. Apa kabar Makasar nih? Pengen juga mampir ke Makasar nih tapi kapan ya. Nunggu ditraktir aja kali ya hehehehe. Ngarep Dot Kom.

      Delete
    2. DOWNLOAD GTA SANANDREAS FULL VERSION WITH SOUND COMPRESSED MEDIAFIRE DOWNLOAD FROM HERE-->> www.buzzergames.blogspot.com

      DOWNLOAD IDM LATEST VERSION 6.16 WITH 1 YEAR SERIAL KEY 50% INCREASE IN DOWNLOADING SPEED
      DOWNLOAD FREE FROM HERE-->>> www.gamesaccess.blogspot.com

      DOWLOAD WIN 7 AND WIN 8 ACTIVATED SETUPS FULL VERSIONS DOWNLOAD FREE FROM HERE-->>> www.icoregames.blogspot.com

      Delete
  2. walah, kalo saya sih asik aja Kang Asep. disuruh apa aja, sepanjang itu sudah masuk wilayah otoritas sang admins, pasti saya taati. enjoy aja. respek deh.
    cuma kalo disuruh milih, ya saya pasti milih yang simpel. nggak usah dipikirin yang kayak gitu Kang, cepet tua lho entar, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. Jangan nyaingi Pak Zach ya? hehe..

      Delete
    2. @zachflazz : hahahaha Ya nda dunk. Paling enak juga jadi diri sendiri, dan sangat senang bisa mendapatkan banyak masukan dan saran yang konstruktif. Sebenarnya niat ini sudah lama sudah saya pertimbangkan, dan saya rasa sejauh ini tidak ada yang aneh aneh komentarnya jadi seru seru aja sih hihiehiehiehiee. Makasih Bang

      Delete
  3. iyaaa..bener banget, kode-nya rewel banget. MInimal dua kaliii itu paling bagus bisa submit comment. Bahkan ada yg sampai lima kali, saking njlimetnya tuh kode..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Ririe Khayan : Sebenarnya tiap Blogger punya style tersendiri dalam memberikan keluasaan bagi para pengunjungnya untuk berinteraksi dengan admin. Saya sendiri juga mengalami hal serupa juga seperti yang dialami kawan kawan.

      Tapi semua itu adalah pilihan dan pilihan apapun yng kawan kawan punya adalah sesuatu yang harus saya hargai dan hormati dengan segala seksama. Huaaaa nda nyambung sayah :P

      Delete
    2. Iyap, demi happy blogging ya semuanya kembali pada owner blog. wong meski 5 kali submit karena salah masukin kode-nya, saya tetap coba nulis comment kok..

      #udah nyambung kan?

      Delete
  4. aku juga suka sebel tuh kalo ada CapPret eh Capcha nya,, kadang suka riweeehhh...
    kalo shout box itu emg jarang sepi kang. diapus pasti muncul deui :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @vaNila : Bener juga sih tapi kadang juga ada alasannya memasang Capcai (minjem dari Mba Popi-red) sebab dengan demikian SPAM bisa dihindari. Tapi yang namanya kalaw sudah iseng ya sudah terjadi ya terjadilah.

      Soal Shout Box memang selalu ramei, ntah yang ngisi juga macem macem dan rata rata yang ngisi pake Bahasa Inggris. Saya tidak ada masalah dengan bahasa tersebut hanya saja yang ngisi Shout Box itu rata rata minta kunjungan balik. To the Point gitu, nda mau "repot" baca artikel. Sorry le yeawwww

      Delete
  5. kalau saya tidak pakai capctha namun tetap memakai moderasi saja om heheh

    untuk yang widget recent post, sepertinya om asep hanya mengambil gambar dari Google, coba om asep upload sendiri gambarnya, nanti gambarnya akan muncul :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Hzndi : Sudah saya coba upload gambar dari postingan memang nda muncul muncul gambarnya. Kata kawan kawan sih ada memang Template Blog yang tidak kompatibel dengan script terentu.

      Template saya yang termasuk tidak "maknyus" terhadap script tertentu, bahkan sampai sekarang pun saya mengalami kesulitan memasang Box Twitter. Template saya ini kurang oke sepertinya tapi saya senang senang aja. Belum ada niat ganti template. May be next time, not now

      Delete
  6. kalau capcay di blog saya sengaja di aktifin mas,soalnya setiap ada hari ada mulu spamming MLM bikin kesel makanya hal itu dipilih biar blog kita juga tdk dijadikan sampah hal tsb

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Andy : Hahahah ada lagi istilah yang unik dan lucu lucu ya hehehehe. Sampai urusan Capcai segala, Walah kalaw capcai beneran saya juga mau. Soale enak sih, CapCai Seafood apalagi paling saya demenin juga hehehehe. Sejak kapan sih saya nolak sama yang namanya Makanan? Huaaa kok jadi lari ke soal Makanan ya

      Delete
  7. mumpung masih lebaran... saya maafkan Kang Asep yg udah pasang CapCay kemaren2! hihi...
    kalo saya sih dari dulu ga pake CapCay atau moderasi komen. Nambah2 kerjaan kita aja! Perkara entar ada yg komen SARA atau Nyampah, kan entar bisa kita delete di dashboard blog! Dan Alhamdulilah, sampe skrg ga ada yg komen SARA atau SARU. Tp kalo yg nyampah atau pasang iklan sih kadang suka. Tinggal delete comment. Beres!

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo yang SARA dan SARU itu malah postinganmu sendiri,lalu kita yang baca pengin delete, tapi nggak bisa. gimana caranya, coba. nggak beres-beres namanya kan.

      Delete
    2. @Popi : Hahahah Super sekali saran Mba Popi nih. Memang bener juga ya merepotin dan nambah kerjaan saja. Kalaw ada koment yang nyeleneh asal positif sih masih oke oke saja. Tapi kalaw sudah komen menjatuhkan biasanya sih dikoment Wall facebook, ya tinggal delete aja ya. Bener juga nih. Mantap idenya mba Popi. Terima Kasih

      Delete
    3. hoiii..yg lagi mudik!! jangan kelamaan! disposisi seabrek neeh!
      btw..aku pesen strawberry sekarung, bawa kan?
      @Asep: iya Kang! hidup ini dibikin Enjoy aja! kyk iklan rokok :D

      Delete
  8. masih dalam suasana lebaran
    maka aku singgahkan senyuman
    yang beraroma mohon kemaafan
    atas segala kekeliruan
    yang mungkin banyak kulakukan

    minal aidin walfa-izin
    mohon maaf lahir dan batin

    dan saya sekarang ga berani buka anonim
    karena bayak komen yang tak sopan ,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. @anisayu : Wah keren keren mba. Pusinya memang bisa bikin sejuk di hati ini. Jadi rasanya damai gitu deh. Sama sama Met Lebaran Juga. Minal Aidzin Wal Faidzin Maaf Lahir dan Bathin juga ya.

      Soal komen yang tidak sopan atau tidak santun, memang sebaiknya di "kick" aja alias didelet. Kalaw ada sistem yang canggih sekalian aja ban IP biar nda bisa posting posting komen lagi. Hhiehieiehiehie. Makasih kunjungannya ya mba

      Delete
  9. makin semangatt neh comennya,hehe

    dan menurut ane postingan ini agak mengundang tawa,hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @annash mobilepc : Hahahaha ya ya tidak apa. Malah saya senang ada yang mampir ke sini, dan sangat diharapkan juga masukan, komentar, saran dan bahkan kritik yang konstruktif dan membangun guna perbaikan dan penyempurnaannya kelak di kemudian hari. Salam kami sekeluarga di Pontianak

      Delete
  10. mmm... saya sendiri tidak tahu apakah yang pernah komen di blog saya harus lewat hadangan captcha atau tidak.. hehe

    Kendati dari itu, saya sebagai pemegang saham terbesar dan paling besar dari blog saya pribadi (welehweleh), saya juga agak terganggu dengan munculnya captcha di beberapa blog. Pengennya langsung approved gitu. Hehehe ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @A.Y.Indrayana : Benar juga. Saya sepakat dengan Mas Abraham Y Indrayana. Saya pun ingin menyaksikan sendiri komentar dan postingan komentar saya di blog kawan kawan bisa langsung tayang. Praktis dan langsung ketauam hasilnya.

      Saya yakin Insya Allah semua komentar tidak akan ada yang saling menjatuhkan, menghina, menyindir, berisi Konten SARA dan juga promosi iklan

      Delete
  11. Pertama saya ucapkan Terima Kasih atau kunjungannya,yang kedua Minal Aidzin Walfaidzin,mohon maaf lahir dan bathin.
    Yang ketiga,untung kawan ngasih komentar di blogku,klo tidak saya bakalan susah melacaknya dari widget followers karena tak tercantum link kesini,hehe.

    Oh ya Gan,ada beberapa alasan kenapa Moderasi Komentar diaktifkan,pada blog pertama saya setelah saya nonaktifkan moderasinya,ternyata banyak komen iklan masuk,setelah masuk lalu kita hapus,itu sangat mengerjakan kita karena kita harus lari lagi ke Webmaster Tools untuk menghapus komentar iklan tsb.Nach ini alasan kenapa Moderasi Komenku Aktif.

    Yup sya setuju,alangkah indahnya bila berkomentar tanpa hambatan,lagian kita berkomentar ingin melihat apa yang kita ketik tidak ada yang kurang.
    Waduh.., jadi kepanjang nieh,maaf ye,salam hangat, salam erat kebersamaan.
    Nice share,makasih,happy blogging.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Ciga Golb : Terima Kasih atas kunjungan Baliknya dan saya senang sekali. Seperti yang sudah saya tambahkan di postingan tentu saja penonaktifan moderasi ini sangat beresiko.

      Tapi saya positive thingking aja, dan tentu saja berharap semuanya baik baiks aja dan tidak ada masalah kelak dikemudian hari. Semoga saja begitu. I hope so and I know so

      Delete
  12. kalau tidak ada moderasinya kan lebih mudah, ya kita berfikir baik saja pak saya kira ngga apa-apa

    ReplyDelete
  13. kunjungan perdana. salam kenal ya :)

    ReplyDelete
  14. pengalaman yang bermanfaat kang asep.
    aku setuju dengan Penonaktifan Moderasi Komen dan Captcha ini.

    terima kasih kang udah berbagi.. :)

    ReplyDelete
  15. Nah, akhirnya gue lebih mudah dalam memberikan respon atas artikel akang heheheee..!

    ReplyDelete
  16. lebih baik mang langsung muncul gan,, spaya enak gitu.. hehehe..

    ReplyDelete
  17. Asik udah free capcay.. (maaf saya ga apal2 susunan huruf untuk istilah itu). Sejauh ini filter saya juga seperti mas, kalau ada komen nyeleneh tinggal dihapus saja hehe

    ReplyDelete
  18. hahaha capcay memang suka bikin emosi... ngeyel..!! wkwkwkwk...
    moderasi sih sebenarnya msih aman2 saja... :D

    ReplyDelete
  19. . . alhamdulillah,, blog aq bebas dari capjay. he..86x . .

    ReplyDelete
  20. Kalau aku pribadi sih, merasa enggak terganggu hehe :D

    ReplyDelete
  21. Semua itu boasanya punya khas dan tujuannya masing^ sobat, terutama masalah Capchai, tapi Punya pak Haryanto itu merupakan ide yg bagus...
    terima kasih

    ReplyDelete
  22. moderasi bagai pisau bermata dua, disisi lain kadang berguna bagi kita untuk memblokir komentar2 spam, disisi lain cukup mengganggu para pengunjung blog yang ingin komentar...

    ReplyDelete
  23. Saya Paling nggak suka tuhh yang ngisi captcha
    Adhit Megazine|Blogging Sehat

    ReplyDelete
    Replies
    1. FREE DOWNLOAD SEDUCE ME AND OTHER SEX GAMES ADULT 18+ FOR PC FULL VERSION LATEST VERSION COMPRESSED 18+ DOWNLOAD FROM HERE-->>>> www.argames786.blogspot.com

      Delete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog