Jual Milagros disini
Loading...

Berhati Hatilah di Jalan. Keluarga Menanti Dirumah

Catatan Asep Haryono

Ketika saya berangkat dari rumah menuju Graha Pena kantor saya di bilangan jalan Gajah Mada Pontianak tadi siang, saya dikejutkan dengan kecelakaan lalu lintas antar Bis dengan seorang pengendara motor. Saya tidak tau persis kejadiannya karena saat karena posisi motor saya (saya pake MIO tadi siang, honda digrounded dulu-red) dengan mereka cukup jauh.

Dan saat saya melewati mereka tampak jelas motor pria itu sudah masuk ke kolong BIS yang terhenti, saya sempat melihat kondisi pria malang itu. Berdiri tertatih tatih dan saya melihat tidak ada ceceran darah. Semoga pria malang itu tidak mengalami luka luka serius, dan dalam beberapa menit saja sudah banyak orang mengerumuni lokasi kecelakaan tersebut.

Saya pun berlalu sambil melihat kerumunan orang orang di lokasi kecelakaan tersebut melalui kaca spion mini MIO saya itu. Dalam hati saya membatin ada apa sebenarnya dengan kejadian itu apakah pengendara motor itu kurang hati hati, atau gimana. Tidak ada jawaban yang jelas atas pertanyaan saya di dalam hati ini. Duile bahasanya.  

Musibah Bisa Datang Kapan Saja
Ini memang unik diluar kemampuan kita sebagai manusia. Yang namanya musibah tidak selalu menjadi monopoli armada angkutan udara (pesawat terbang maksud saya-red). "Jangan sering naek pesawat loh nanti jatuh" kata orang. "Jangan naik kapal laut loh nanti tenggelam" katanya lagi.  Lah kala pertanyaan pertanyaan konyol seperti ini terus haunted (menghantui-red) diri kita bisa jadi nda berangkat berangkat kita.  Semua itu selalu menjadi rahasia Allah SWT dan kita tidak pernah tau.

Pernahkah kawan kan membayangkan lagi asyik asyik nonton televisi di rumah bersama keluarga, tetapi tiba tiba ada pesawat nyasar jatuh di rumah? Ini memang benar benar terjadi beberapa waktu lalu di pemberitaan nasional di tanah air.   Nah keselamatan kita di jalan raya memang sepenuhnya menjadi tanggung jawab kita sendiri seperti mempersiapkan kendaraan dengan baik seperti mencek rem, angin di ban, dan lain sebagainya. Namun semua itu hanyalah rencana dan rancangan manusia, karena kapan dan dimana musibah itu datang tidak ada yang tau.

Ini juga pernah saya dan istri alami beberapa waktu yang lalu,  Padahal motor yang kami kendarai sudah dibawah kecepatan 20 KM karena segera akan mendekati lampu merah di persimpangan Mapolda Kalimantan Barat (Yang dari kota Pontianak pasti tau dehh-red).  Nah padahal saat itu kendaraan yang kami bawa sudah berhenti wis plek, tiba tiba dari arah belakang seorang pengendara yang membawa banyak kaleng kaleng kecil berisi kerupuk menabrak kami dari belakang. "brakkk" sampai motor saya bergerak ke depan, namun anehnya yang terjatuh malah si penabrak.

Jadi kalaw sudah begini pilihannya ada 2 (dua) kalaw nda kita yang menabrak ya ditabrak orang. Walaupun kita sudah super hati hati misalnya, kata orang kalaw sudah waktu nya, atau kalaw lagi kurang beruntungnya musibah bisa datang menghampiri.    Musibah memang tidak pernah kita ketahui datangnya, dan musibah datang pun tidak pernah memberi tahu oleh karena itu saya selalu berdoa kepada Allah SWT agar diberikan keselamatan dalam bepergian hingga selamat sampai di jalan.   Berhati hatilah di jalan. karena keluarga menanti di rumah dengan selamat. (Asep Haryono)

11 comments:

  1. Memang bener kang asep, dalam berkendara, kita mesti waspada, hati2 saja tidak cukup, tetapi kalau memang sudah ditakdirkan mendapat musibah, tetap saja tidak bisa menolak :D

    selamat menyiapkan buka puasa kang asep :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Boll : Benar banged. Walaupun sudah super hati hati sekali kalaw memang sudah "waktu" nya nabrak atau ditabrak tidak dapat dihindari.

      Namun demikian tetaplah berdoa sebelum pergi berkendaraan Insya Allah akan damai di hati dan tenang dalam perjalanan sehingga selamat sampai tujuan Insya Allah. Terima Kasih kunjungannya ya

      Delete
  2. Aduuh aku kalo udah liat kecelakaan gitu udah lemas aja, untung si pengendara itu gk kenapa2. Kita sebagai manusia hanya bisa lebih berhati2, lebih waspada dan banyak2 berdoa.. Tapi tetap Allah punya ketentuan lain, dan itu diluar kemampuan kita untuk mencegahnya..
    Dan menjelang lebaran gini angka kecelakaan lalin makin meningkat.

    Salam kenal mas bro :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @zasachi : Ya benar. Bahkan tadi terjadi lagi sampai 2 kecelakan. Satu kecelakaan motor dengan motor, yang kedua lagi lagi motor juga dengan motor di bilangan Jalan Ahmad Yani Pontianak.

      Saya lihat tidak ada yang serius, namun para pelajar SMA itu (Cewek) meringis ringis sambil memegang tangannya. Motornya terjatuh berderai. Prihatin juga ya. Terima kasih atas kunjungannya

      Delete
  3. senengnya yang bisa mudik
    walau resikonya juga besar

    lebaran kali ini aku ga bisa pulang
    terpaksa lebaran di hutan jauh dari keluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Rawins : Sama donk. Tahun 2012 ini Insya Allah kami sekeluarga juga belum bisa pulang. Yang "pulang" uang THR nya dulu buat kedua orang tua di kampung. Hiihii. Maunya sih pulang namun belum memungkinkan semuanya. Salam kami sekeluarga ya

      Delete
  4. betul kang asep ... bahkan pengendara motor paling pelan sekalipun bisa terkena tabrakan.
    Musibah bisa datang kapan saja ...

    Kunjungan BW hari terakhir ...
    Semoga kita bisa bertemu lagi dilain kesempatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. @A.Y.Indrayana : Iya Insya Allah bisa ketemu lagi di lain kesempatan. Kalaw mudik jangan lupa oleh olehnya dikirim via PT POS Indonesia ya. Hiiehiheiheieeee. NgarEp Dot Kom

      Delete
  5. ya, pada saat kita berhati-hati pun, belum tentu orang lain berhati-hati. maka selain kita berhati-hati, tentunya berdoa, agar semua orang berhati-hati dan tidak alpa saat berkendara. dan selamat semua menjadi tujuan bersama.
    makasih Kang, mengingatkan saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @zachflazz : Ya benar bangeds. Jika kita tidak hati hati, malah orang lain yang kurang hati hati. Dimensi Musibah memang misteri Illahi, dan kita tidak akan pernah tahu.

      Berdoa setiap memulai aktifitas Insya Allah akan membawa hasil yang positif dan ketenangan di dalam hati. Segala sesuatu yang dimulai dengan ketenangan hati Insya Allah hasilnya akan baik

      Delete
  6. betul kang asep.. sekiranya kita memang sdh berusaha utk waspada n berhati2 n berdoa bismillah... kita pasrah kan semua ke pada Nya..semoga dpt dg selamat ke tp tujuan :)

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog