Jual Milagros disini
Loading...

Radio Kita Pontianak Bergabung Dengan Kang Guru Indonesia

Logi AusAID. Gbr dari Internet
Catatan Asep Haryono

Saya dapat SMS dari Ogi Yutarini tadi pagi "Morning Asep,ya its good news. Radio Kita agrees to play KGI radio program and I've ent the radio package to them. Thanks" dan ini menjadi akhir yang manis dan hasil yang positif yang sudah dijalani selama kurang lebih beberapa minggu terakhir ini. 

Kerja sama penyiaran program Kang Guru Indonesia di Radio Kita FM Pontianak ini tidak terlepas dari bantuan rekan saya, saudari Dwi Sasta Kanaya atau yang lebih akrab disebut DwiRaEmon ini.  Berkat beliau jugalah akhirnya membuka jalan bagi saya untuk mengajukan tawaran tersebut kepada pimpinan Radio Kita FM Pontianak dan akhirnya kedua belah pihak baik Kang Guru Indonesia dan Radio FM Pontianak mencapai kesepakatan.

Namun bagi kawan kawan yang belum tau dari awal kerja sama penyiaran bagaimana yang saya maksud, apa itu Kang Guru Indonesia dan lain sebagainya akan saya coba singgung sedikit di sini biar nyambung. Ibarat menonton acara film Box Office di televisi, maka lebih asyik lagi dan akan semakin menikmati acara pemutaran filmnya jika "menonton" filmnya dari awal. Tapi ini kan bukan cerita film hehehe.

Apa itu Kang Guru Indonesia
Kang Guru Indonesia atau disingkat dengan KGI dahulu bernama Kang Guru Radio English (KGRE), namun melalui berbagai pertimbangan nama KGRE dirubah menjadi Kang Guru Indonesia (KGI) seperti yang disampaikan oleh project manager (PM) Kang Guru Indonesia, Kevin Dalton yang aseli orang Melbourne, Australia itu "Kang Guru Indonesia is not just about the radio while the program of ours will be more vary including teaching, workshop, magazine, website and others" .

MAJALAH : Ini adalah salah satu edisi Kang Guru Indonesia bulan Juni 2009. Majalah ini dulu diberikan gratis ke seluruh Indonesia dan kini sudah tidak ada lagi dan digantikan dengan Bulletin.  Gambar dari cibuk Aladin Blogspot
Jadi beliau menyebut maksud perubahan nama itu adalah perluasan dan cakupan Kang Guru Indonesia tidak terbatas pada program siaran Kang Guru saja. Nah  Kang Guru Indonesia sendiri adalah project board yang didanai langsung oleh Pemerintah Australia melalui program Kemitraan Indonesia Australia (Indonesia Australia Partnership). Dana yang digelontorkan tersebut dikelola oleh Indonesia Australia Language Foundation (I/A/L/F) yang pada akhirnya "turun" kepada Kang Guru Indonesia. 

Sejauh ini Kang Guru Indonesia telah bekerja sama dengan lebih dari 190 RRI di seluruh Indonesia, dan juga radio radio swasta, radio komunitas lainnya.   Pada prinsipnya siaran Kang Guru Indonesia ini berdurasi antara 30 (tiga puluh) menit hingga 1 jam, nah setiap program direkomendasikan memiliki Host atau kami menyebutnya dengan Interactive Radio English Presenter yang juga sudah dibentuk komunitasnya oleh pihak Kang Guru Indonesia sendiri.

Majalah Kang Guru Indonesia yang diterbitkan 4 kali selama setahun itu kini sudah tidak diterbitkan lagi, dan sudah diganti dengan hadirnya Bulletin Kang Guru Indonesia yang direncanakan terbit setiap bulan itu.  Edisi terakhir dari Bulletin Kang Guru Indonesia ini diluncurkan (roket kali -red) pada bulan Maret 2012.

Konten atau isi dari Bulletin Kang Guru Indonesia tentu saja tidak akan sama dengan edisi Majalah Kang Guru Indonesia yang lebih tebal itu, dan konten dalam Bulletin Kang Guru Indonesia ini jauh lebih ringkas dan tentu saja tipis. Beberapa bagian dalam bulletin Kang Guru Indonesia juga merupakan "warisan" dari versi majalahnya misalnya program kerja AusAID.  Ya iyalah mereka yang mbayarin kita hehehehe.

Nah setelah kiprahnya selama 20 (dua puluh) tahun di Indonesia,  kegiatan kegiatan Kang Guru Indonesia kini lebih di "rampingkan" dengan meniadakan program unggulannya seperti penerbitan Majalah Kang Guru Indonesia yang selama ini FREE alias gratis terbit 4 (empat) kali setahun sudah dihapus. Sebagai gantinya diterbitkan Bulletin Kang Guru Indonesia.  Program unggulan lainnya yang ditiadakan adalah komunitas Radio Presenter.   Beberapa program lainnya yang di"pertahan"kan adalah Website Kang Guru Indonesia,  Pelatihan, training dan workshop.

Disambut Baik
Bergabungnya Radio Kita FM Pontianak yang mempunyai frekuensi gelombang 87,6 FM yang berlokasi di Jalan Abdurahman (BLKI) Pontianak.  Saya sudah menyambangi studio mereka tersebut yang mempunyai kafe mini dibawahnya, yang ternyata mempunyai manajemen yang berbeda.  Lokasi studionya asyik juga, karena para pengunjung bisa bersantai di bawahnya menikmati kuliner di kafe yang terletak persis di bagian bawahnya itu.  Sayang sekali saya tidak punya foto Radio Kita FM Pontianak tersebut.

Saya kira Kafe yang terletak di lantai bawah itu juga milik manajemen Radio Kita FM ternyata bukan. Hahah salah niye.  Ternyata letak studio radio anak muda gaul ini di bagian atasnya. Buat kawan kawan semua untuk mengetahui lebih jelas apa, siapa, dan bagaimana Radio Kita FM Pontianak bisa langsung mengunjungi website resmi Radio Kita 87,6 FM nya yang beralamat di  www.radiokitapontianak.com  itu setiap saat. Silahkan langsung ke TKP aja Gan.  Banyak informasi di sana, banyak foto foto juga.   :)))))))))))

Orang yang amat berjasa yang memberi jalan bagi Kang Guru Indonesia untuk bisa masuk dalam proposal kerja sama dengan pihak RK (Sebutan singkat untuk Radio Kita-red) adalah Dwi Sasta Kanaya yang juga lecturer,  guru bahasa Inggris, dan blogger.  Pertemuan saya yang terakhir berjumpa dengan fans DoraEmon ini saat berlangsungnya Workshop Global Journalism di American Corner (AMCOR) di Kampus Universitas Tanjungpura Pontianak tanggal 10 Juli 2012 yang lalu. 

IN ACTION :  Inilah Dwi Sasta Kanaya saat beraksi membantu Kang Guru Indonesia dalam sebuah presentasi di Aula Perpustakaan yang dihadiri oleh ratusan pelajar SMA.  Foto dokumen Asep Haryono

Perin eh salah peran Dwi "doraemon" Sasta Kanaya ini bukan sekali saja, sudah ada even Kang Guru Indonesia di Pontianak juga mendapat besutan dan bantuan dari beliau.  Misalnya saja saat Kang Guru Indonesia diberi kesempatan melakukan presentasi di Aula Perpustakaan bekerja sama dengan salah satu lembaga Kursus Bahasa Inggris di Pontianak pada tanggal 25 September 2010 lalu juga kami dibantu oleh Dwi Sasta Kanaya ini

Contoh Merchandise Kang Guru
Saya merasa tidak nyaman juga karena salah satu request dari Dwi adalah paket program Pembelajaran untuk pelajar SMP (SMP Package) yang pernah diajukan kepada saya belum dapat dipenuhi, dan jika Dwi masih memerlukan package tersebut akan segera saya sampaikan kepada manajemen Kang Guru Indonesia di Bali untuk dapat ditindaklanjuti.  

Sedangkan untuk Radio yang sudah siap menyiarkan program Kang Guru  Indonesia (KG) akan dikirimkan Kang Guru Indonesia promotional item atau KG Merchandise yang gambarnya ada saya cantumkan di sini, dan hadiah hadiah ini hanya sampel aja  

Dan (hadiah) ini bisa digunakan untuk menjadi daya tarik atau Door Prize untuk acara on air di radio buat para callers yang beruntung. Jenis hadiah dan jumlahnya disesuaikan dengan kebutuhan dan selama persediaan masih ada

Ini melengkapi beberapa radio lainnya di kota Pontianak yang sudah lebih dahulu bekerja sama dengan Kang Guru Indonesia yakni Radio Pro 2 FM RRI Pontianak dan Radio Volare FM   yang saya terima dari Kang Guru Indonesia bahwa Kang Guru Indonesia masih memberikan kesempatan bagi Radio Swasta lainnya di luar kota Pontianak, atau Radio sekolah untuk mengajukan proposal kerja sama kepada kami. Are you interested?   (Asep Haryono)

15 comments:

  1. kunjungan balik :)
    wah keren sekali kang guru indonesia ini
    semoga sukses ya pak asep haryono

    ReplyDelete
    Replies
    1. @aditya wulandari : Terima Kasih atas kunjungan baliknya ya. Selamat menjalankan Ibadah Puasa. Salam dari kami sekeluarga di Pontianak

      Delete
  2. wah ada juga program seperti ini, sangat bermanfaat untuk membuka wawasan kita tentang dunia fauna di australia terutama hewan kanguru, mantab tenan radio pontianak ini, siip om

    ReplyDelete
    Replies
    1. @msdani : Terima Kasih atas Kunjungannya hari ini.

      Delete
  3. informasi yang sangat menarik.. kalau saya ada waktu jadi pengen main ke Radio Kita..
    Radionye Kite-kite.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Andy Borneo : Iya bener radio kite gak ne. Mantaf RK

      Delete
  4. selamat menunaikan ibadah puasa om :)

    ReplyDelete
  5. Terima kasih sudah mampir di blog Dija ya Om Asep...
    semoga radionya makin luas jangkauannya

    suatu saat Dija mau ketemu Kanguru beneran deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Baby Dija : Iya sama sama. Tetap semangat buat Dija. salam dari Om dan Tante di Kalimantan Barat. Doa kami sekeluarga selalu menyertai Dija. Tetap Semangads.

      Delete
  6. ini sebuah program yang bagus, perlu penanganan yang berkelanjutan biar tidak macet si tengah jalan. sukses selalu ya om :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Berita Handphone. Saat ini Kang Guru Indonesia sedang mengalami fase transisi (transiition gap), dan Insya Allah akan ada program baru yang diberinama EPOS. Detailnya menyusul Insya Allah

      Delete
  7. heheh.. baru tau ada program yang namanya Kang Guru hari ini.

    ReplyDelete
  8. Wah sangat mengejutkan mas :)

    ReplyDelete
  9. keren ya
    kop
    kangen juga balik ke pontianaK

    hahaha
    kapan2 kalo aku pulasng boleh mampir ke tempat ente kop

    :D

    ReplyDelete
  10. keren ya namanya Kang Guru, hehehe, seperti nama-nama para krastria ya :D
    semoga semakin sukses ya sob acaranya :D

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog