Jual Milagros disini
Loading...

Mengunjungi American Corner di Kampus Universitas Tanjungpura

AMCOR. Foto Asep Haryono
Catatan Asep Haryono

Assalamualaikum Wr Wb Semuanya. Pa kabar sampai hari ini. Bagaimana kesehata kalian semua dan saya harapkan sampai sejauh ini, dan semoga kita semua tetap fit dan oke dokeh (Minjem dari Syahdini) mengerjakan aktifitas seperti biasanya.

Dan seperti yang sudah pernah saya sebutkan pada tulisan sebelumnya (mungkin udah janji kali ya) mau cerita dikit aja soal American Corner (AMCOR) yang bertempat di kampus Universitas Tanjungpura (UNTAN) Pontianak.

Di sela sela saya mengikuti Workshop yang berisi dan berjudul "Global Journalism and Professional Use of Twitter" yang dibawakan oleh Prof Mindy Mcadams (konon nama aselinya Melinda kata Detik com yang mendapat informasinya langsung dari Kedubes Amerika Jakarta. Menurut Detik COM dalam surat emailnya disebutkan nama Mindy adalah nama akrabya. Yang mana yang benar eh). Nah disela sela Workshop itulah saya menyempatkan diri mengamati, dan juga merekam aktifitas ringan di American Corner (AMCOR) tersebut.

Tenang Dan Cukup Lengkap
Mungkin bagi kawan kawan yang sudah sering mendengar atau mungkin sudah lebih dahulu mengetahui tentang American Corner (AMCOR) mohon dikoreksi jika ada yang keleru eh salah keliru, nah American Corner atau sering disebut atau disingkat dengan Amcor ini adalah program kemitraan antara Pemerintah Amerika Serikat yang diwakili oleh pihak Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta dengan Pemerintah Indonesia dalam hal ini diwakili oleh kampus kampus terkemuka di Indonesia. 

Tidak semua kampus di Indonesia memenuhi syarat dan ketentuan yang dipersyaratkan untuk merealisasikan pendirian AMCOR ini, dan kampus negeri Universitas Tanjungpura Ponianak atau yang lazim disebut UNTAN memenuhi syarat dan ketentuan tersebut sehingga berhasil direalisasikan. Terbukti dengan peresmian dan pendirian secara resmi AMCOR yang menempati lantai 2 gedung Perpustakaan UNTAN pada tanggal  16 Pebruari 2012 oleh Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Scot Marciel. 

Foto Asep Haryono
Dalam catatan sampai saat ini, khususnya di Indonesia, terdapat 11 (Sebelas) universitas yang menjadi mitra dalam rangka pendirian American Corner (AMCOR) ini.  Saya salut dengan Rektor Untan, Prof. Dr. Thamrin Usman, DEA atas preastasi dan pencapaian ini yang menurut saya luar biasa, outstanding.   Keep up the good work ya

Sedangkan keberhasilan kampus Universitas Tanjungpura dalam mendirikan AMCOR tersebut merupakan kerja besar dan suatu kebanggaan yang patut disyukuri dan selayaknya prestasi ini tetap ditingkatkan lagi di masa masa yang akan datang.  Two Thumbs buat departemen atau bidang yang mengurus pendirian AMCOR ini (Konon dari International Desk nya UNTAN ah yang mana pula itu ya).

Hadirnya workshop Global Journalism yang diselenggarakan di AMCOR beberapa waktu yang lalu merupakan salah satu program kerja daripada American Corner (AMCOR) yakni memberikan pencerahan, seminar, workshop dengan menghadirkan atau mendatangkan secara langsung para pakar pendidikan, atau pakar yang relevan secara langsung dari negera asalnya.  

Saya sempat bertemu dengan rekan saya satu kampus, Surmiyati (atau Mrs Surmiyati) yang menjadi salah satu staf di AMCOR UNTAN, dan beliau baru saja menyelesaikan S2 nya di Unversity of Hawaii, wah keren keren.  Saya pun terlibat little chat dengan beliau dan tentu saja dalam bahasa Inggris yang diselang selingi dengan bahasa Indonesia bin alias bahasa campur atau gado gado.  Suka Gado gado? Eiits puasa ya. Saya sempat menjajal beberapa fasilitas yang ada di AMCOR termasuk melihat lihat koleksi yang ada saat itu, Internet dan lain sebagainya. 

Ruangan yang sejuk dengan berpendingin standar (tidak terlalu dingin menurut saya) dan lantai yang dilapisi dengan karpet terasa membuat diri ini ingin berlama lama membaca baca buku buku, dan beberapa koleksi lainnya yang diatur dalam rak rak khusus dengan icon nama nama negara bagian di Amerika Serikat misalnya New York, San Fransisco dan lain sebagainya.  Selain itu di tiap sudut dinding tertentu terpasang banyak sekali gambar atau mungkin juga foto foto pemandangan di Amerika Serikat, White House , dan lain sebagainya menjadikan suasana seperti YU ES E bangeds 


REGISTRASI : Informasi bisa diperoleh di desk ini, dan siap menyambut pengunjung yang datang di AMCOR UNTAN. Mendaftar jadi member juga bisa di sini.  Foto hak cipta Asep Haryono

NEGARA BAGIAN : Tiap rak buku diwakili oleh nama nama negara Bagian Amerika Serikat, ada cukup judul judul menarik di sini terutama bagi mereka yang menyukai negara Amerika Serikat.  Foto hak cipta Asep Haryono

INTERACTIVE :  Ini bisa digunakan oleh para pengunjung yang datang, dan akses internet di sini cukup lancar kecepatannya.  Library dan Internet paduan yang serasi untuk mencari informasi.  Foto hak cipta Asep Haryono

CUMA GAYA :  No comment la untuk "oknum" yang banyak gaya di sini.  Biar dibilang pinter pegang buku tebel tebel. Foto Istimewa

Program Kemitraan Amerika Serikat dan Indonesia dalam realisasi pendirian American Corner (AMCOR) ini agak mirip walau tidak mirip benar dengan program kemitraan Australia dan Indonesia (Indonesia Australia Partnership) terutama dalam penyelenggaraan informasi pendidikan, pelatihan, kerja sama dan juga kemitraan.

Maklum aja 5 (lima) tahun "karir" sebagai Kang Guru Champion perwakilan Australia di Indonesia khususnya di Kalbar menjadikans saya sedikit paham dengan pola Kemitraan USA-RI.  Pola Kemitraan Kang Guru Indonesia agak mirip dengan pola kemitraan AMCOR karena kedua belah pihak saling mendukung dan disupport oleh pemerintah negara masing masing. Excellent. 

Sama dengan Kang Guru Indonesia, nah di AMCOR ini juga bisa menjadi referensi yang mancaaps buat dosen, mahasiswa bahkan Umum yang akan melanjutkan studi di negaranya yang sering disebut dengan Paman Sam ini,  Saya pun sempat mengambil beberapa foto foto di dalam American Corner (AMCOR) tersebut, dan sempat mendaftar untuk menjadi anggotanya untuk 1 semester.  Syaratnya cukup mudah dan hanya mengisi formulir yang sudah disediakan , pas foto 2 lembar, dan biaya Adminitrasinya Rp.20.000,- (Dua Puluh Ribu Rupiah).

Banyak fasilitas dan manfaat yang bisa didapatkan jika sudah menjadi anggotanya, dan Insya Allah akan saya ceritakan pada kesempatan yang akan datang, tentu saja dengan catatan tidak janji. Oke selamat datang di American Corner (AMCOR) UNTAN Pontianak. Together We Can Do More   Thanks for reading (Asep Haryono)

8 comments:

  1. Replies
    1. @Goig : hehehehe jelas. Makasih mas sudah mampir di blog saya yang kumuh ini

      Delete
  2. alhamdulillah, kampoeng halaman saye dah tersedia American Corner. Wah selama hijrah 5 tahun, ternyate banyak berubah di pontianak. Semoga jauh lebih baik....

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Kharis Alimoerdhoni Arief : Wah seru bangeds nih, tentu semakin semarak aja kote kite tercinte. Maen maen la ke sinek, ngupi kite

      Delete
  3. Dija juga pingin bisa kuliah di amerika
    doain ya Om....

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Baby Dija : Iya om juga mau bertarung studi ke Amerika lewat Community College Program- FULLBRIGHT. Tahun lalu om nda lulus.

      Delete
  4. Sepengetahuan saya direktur (sebutannya direktur, bukan?) American Corner ini adalah Mbak Stella, angkatan 2008, yang suaminya Mas Eko dan menantunya Pak H. Mulyadi di blok D Du-Ban itu (obrolan komplek banget ini, hihihi).

    Umum juga boleh ya berarti ke AMCOR? And btw, AMCOR ini beda kan ya, sama UPT Bahasa Untan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Diar Adhihafsari : Wah kemarin malam saat Sholat Tarawih di masjid Babussalam, saya lihat ada Bang Dhana di sana. Makin jangkung aja dia, atau saya aja yang pendek hehehehe.

      Ya betul nama lengkapnya Stella Fransisca SPd Mpd, iya makin ngetop nanti komplek DUBAN heheeh. Sering dibahas hehehehehe. Saya tidak tau apa sama atau beda dengan UPT Bahasa, tapi saya lihat dari kontennya sih kebanyakan soal melulu tentang Amerika. Kalau UPT Bahasa penyelenggaran tes tes bahasa dan pelatihan Bahasa kalaw nda salah sih

      Delete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog