Jual Milagros disini
Loading...

Ikan Bakar Yang Sedap

Kemarin sepulang dari suatu kegiatan, saya menyempatkan diri untuk membeli lauk pauk untuk pelengkap makan siang di rumah, dan saat melintas di depan kampus Universitas Tanjungpura Pontianak (UNTAN) yang terletak di jalan Adi Sucipto, mata saya tertumbuk pada sebuah rumah makan yang sederhana. Rumah makan ini sudah lama saya kenal dan sering saya hampiri saat masih kuliah dahulu di Era taon 1990 an gitu deh. Saya lupa nama Rumah Makannya, dan kebetulan pemiliknya saya kenal cukup baik Yakni H. Mas Nasono.

Banyak sajian khas istimewa di rumah makan yang sederhana tersebut, namun mata saya tertumbuk pada orang yang sedang membakar ikan di depan rumah makan tersebut. Ya rupanya salah satu karyawannya tampak sedang membakar Ikan, aromanya yang sedap dan membuat perut saya lapar membuat saya langsung tergerak mengambil kamera digital Poket Nikon Coolpix saya dan mengabadikan moment itu.

Rasa Yang Seanggun Penampilan
Saya perhatikan cara orang ini dalam menyajikan ikan bakar di rumah makan tersebut, mulai dari memilah milih ikan yang akan dibakar, menata arangnya untuk pembakaran (Saya lihat memang pembakaran yang biasa digunakan untuk membakar Sate), dan juga mengaduk ngaduknya dalam adonan kari yang berwarna merah dan memanggangnya di atas pembakaran. 

Untuk mengipas sang ikan yang sudah tergolek tidak berdaya di atas bara api itu, dia menggunakan kipas manual yang dilakukannya berulang ulang sambil membolak balikkan sang ikan agar matangnya rata mulai dari bagian kepala ikan sampai kepada ekornya.  Di balik balik dengan hati hati agar badan ikan bakar tidak hancur karena gerakan sendok atau sapuan tangannya.


Foto hak cipta Asep Haryono
Foto hak cipta Asep Haryono

Foto hak cipta Asep Haryono


Entah jenis ikan apa yang dibakarnya, karena walaupun saya pecinta kuliner terutama SeaFood saya kadang tidak tau jenis ikan apa yang sedang saya makan, namun ada beberapa merek (halah merek kaya nama barang aja) jenis Ikan Kembung, Ikan Bandeng dan Ikan Pari saya hafal luar kepala rasanya.  Nah untuk jenis ikan Bawal, Ikan Toman, Ikan Mas, dan Ikan Patin saya agak kurang hafal hehehe. Aneh ya, tapi ya begitulah kadang saya taunya cuma mbayar dan makan gitu. Apalagi sampai dibayarin alias Gratis wuaa saya lebih senang lagi hehehehhehehee.




Saya sempat menanyakan resep membuat adonan bumbu yang digunakannya saat membakar ikan dan mencatatnya di Handphone jadul saya, dan beberapa lainnya ya dihafal saja di dalam kepala (Tidak diluar seperti tadi), dan lumayan juga mas nya baik hati mau membuka "kotak pandhora" resep membakar ikannya.

Padahal kan di internet juga banyak tersaji resep resep ya, tapi kan mumpung ada orangnya yang sudah di depan mata sedang membakar ikan ya sekalians aja saya tanyakan resepnya.

Sebenarnya ada jenis Ikan Bakar yang yang kalaw dicolek sama sambel kecap (biasanya terdiri dari bawang merah, cabe rawit, dan kecap) sangat ideal memang dicolek colek dengan Ikan Bakar yang tanpa adonan bumbu kemerahan seperti dalam foto tadi. Karena menurut hemat saya ikan Bakar yang sudah dibumbu tadi memang sudah terasa nikmat bahkan belum dicolekin pake sambel Kecap.  Ini memang selera, dan Selera setiap orang sangat beragam dan berbeda beda dalam memperlakukan sang Ikan bakar. Hehehehe. Hehehehe Asyeeekk.(Asep Haryono).

32 comments:

  1. adoohhh mana perut lgi kroncongan,,, dapat postingan tetang ikan bakar... lezat pula keliatannya...

    bagilah bangg... uda 10 hari gk makan di restoran.... #gubrak

    hahahaah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Chumbienk : Iya nih siang ini saya langsung meluncur ke Rumah Makan Padang dekat kantor mau menyantap Ikan Bakar. Jadi laper sendiri saya

      Delete
  2. Wah... barusan buka blog langsung ketemu ikan bakar....cocok utk rehat siang nich!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Yunims : Oaaaaaa saya jadi lapar gara gara nulis ini hiks hiks langsung meluncur ke Rumah Makan depan kantor. Makan siang sama Ikan Bakar. Horeeee

      Delete
  3. waduuh.. jadi lapar nih lihat ikan bakar.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Jelajah Dunia Informasi : wahhehehee iya nih sama jadi laper juga sayah

      Delete
  4. weiss cakep banget tu ikan. btw kalo makan siang bisa di rumah ya Kang?

    kalo saya Kang, suka ikan yang nggak ada bumbunya saat dibakar. narural banget. baru setelah makan, dicocolin ke sambal apa aja, rasanya menggila. kayak di sorga dah, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @zachflazz : kadang kadang saya makan di rumah makan Padang "Simpang Ampek" yang jaraknya cukup dekat dari kantor saya. Kadang juga pulang ke rumah, atau kadang juga bawa kotak meals dari rumah untuk disantap makan siang di kantor.

      Delete
  5. Lempar ke sini lah Gan. Siapa tahu Page Rank bisa naik. Ha ha. Andi Kata say hello.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Andi Kata : hahahaha page rank ternyata doyan sama Ikan Bakar ya. Hello juga dari Pontianak :))

      Delete
  6. postingan yang menggugah selera..heheeehee..., wah jadi ngiler nih !

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Djangkaru Bumi : Hiheieiieehieieehieiheihee

      Delete
  7. Kok di bakar Kang.. Pasti si ikannya teriak teriak kesakitan... Kasihan dia..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Konten Blog Terbaru 2012 : iya hiheiheiiehieiheiehiehiehiehiehiee

      Delete
  8. ummm yummyyyy! ane biasanya gak peduli ikan apa yang dibakar. langsung aja santap. wohhohohohooh

    ReplyDelete
    Replies
    1. @JadiGitu : Hahahaha iya iya bener bener. Terima Kasih sudah mampirssss

      Delete
  9. Wua.. Lihat ikan bakarnya jadi lapar ni9 om. Kapan-kapan minta di buatin ya. he

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Madjongke : Insya Allah ihihihihihi. Terima Kasih sudah mampirssss

      Delete
  10. Nyamm nyaaam.. walopun saya pengidap ichthyophobia, tapi kalo disuruh makan ikan bakar sih demen. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Miss Syahdini : Wah Ikan Bakar fave saya sejak dulu, dan hampir semua jenis ikan saya sudah cobain.

      Delete
  11. kalau ikan bakar aku paling suka bagian kepala, kenapa? krn banyak tulangnya,, lho??? (^_^)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Sun : iya hhehiehiehieieie bingung juga saya hiheiheiheiheieie. Makasih sudah mampirssss

      Delete
  12. resep ikan bakarnya kok nggak di tulis disini pak....?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mami Zidane : Wah resep ikan Bakar banyak di Internet, Tapi Insya Allah saya postingkan di edisi mendatang Insya Allah. Terima kasih sudah mampir ya Mami Zidane

      Delete
  13. kang asep, ditambah dengan sepiring sambel menemani ikan bakar membuat perut saya lapar membayangkannya,hehe

    #blogwalking malam

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Komunitas BPI : Iya sambel Ijo khas Padang, atau sambel kecap pake bawang merah beuuhh mantap. Mertua lewat cuekin aja hihiehiehiehiehiee. Terima Masih sudah mampir

      Delete
  14. Asik kalo buat buka nanti tuh kang hehee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @coretanku : Ih tau aja kalaw Ikan Bakar jadi salah satu menu fave keluarga, hihihihi. Makasih sudah mampirsssss

      Delete
  15. hmmmm ... bener bener bisa bikin ngiler nih postingan, wew :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. @stupid Monkey : Hihiaehiheiheie iya nih postingan bertema makanan malah membuat saya sendiri jadi laper

      Delete
  16. perut saya jdi kriuk2 plus iler saya netes2 mas liat ikan bakarnya..hehe #Lebay

    klo yg dibakar itu ikan piranha gmn mas??hihi

    ReplyDelete
  17. bener tuh mas.. secolekannya aja pasti mantap banget rasanya :) ckckckck..

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog