Jual Milagros disini
Loading...

Sensasi Ala Ranch Di Restoran Rindang Alam

Tulisan ini Memenangkan Lomba Menulis Artikel Tahun 2012 Yang Diselenggarakan Oleh StreetDirectory
Oleh : Asep Haryono

Bersantap makan siang atau makan malam di restoran adalah hal yang biasa, namun bagaimana kalaw anda makan siang dalam suasana konsep seperti ala ranch seperti yang ada di luar negeri sungguh hal yang unik dan patut anda coba. Pengalaman unik dan suasana yang serba back to nature itulah yang saya rasakan saat pertama kali berkunjung ke Restoran Rindang Alam yang terletak di kawasan Pal Lima Pontianak, ibukota Kalimantan Barat.


Resto Rindang Alam memang secara resmi baru dibuka pada tanggal 18 Oktober 2008 yang lalu dan merupakan salah satu wisata kulner andalan Kalimantan Barat padaq umumnya, dan kebanggaan warga Pontianak pada khususnya.

Bahkan Benu Boloe pernah syuting d sini dan menampilkan menu kepiting asam pedas yang amat kondang kelezatannya itu. Wartawan senior Pontianak Post, Efrizan , bahkan sudah menulis tentang resto Rindang Alam ini pada blognya. Nah jika kamu ingin menikmati hidangan seafood yang enak, asyik dan suasana santai di kota Pontianak, Resto Rindang Alam bisa menjadi pilihan anda sekeluarga.". 

Benar Benar Rindang
Seperti memang begitu sesuai dengan nama restorannya sendiri yakni Ranch and Resto Rindang Alam yang benar benar mengusung tema ala ranch sungguh mempesona dan membuat mata sedap untuk memandangnya dengan aliran angin sepoi dan segar terasa menyejukkan.  Angin semilir yang berhembus hampir dari setiap sudut itu karena memang restorannya nyaris tidak mempunyai dinding, terasa seperti perpaduan antara konsep restoran indoor dan outdoor.

Bagi warga kota Pontianak sendiri yang pernah berkunjung ke restoran ala ranch di Rindang Alam ini mungkin merasakan sensasi yang agak beda karena konsep penataan rumah makannya dipadu dengan konsep penataan kawasan buah buahan dan perkebunan yang suejuk suejuk.

Restoran yang terletak
di Jalan Ampera dekat Polsek Kota Pontianak konon berdiri di atas lahan seluas 1,6 Ha.  Ada banyak buah buahan yang sengaja ditanam dan dipelihara oleh pemiliknya tidak saja untuk menarik minat para pengunjung untuk datang ke restoran Rindang Alam ini tetapi juga untuk membuat suasana bersantap menjadi real rindang alam.


RINDANG ALAM : Sesuai dengan namanya Resto dan Cafe Rindang Alam, suasana resto ini memang seperti berada di alam terbuka terasa menyejukkan. Foto Efrizan/Pontianak Post


 TEDUH : Bagaimana anda tidak betah berlama lama di resto Rindang Alam ala ranch ini.  Suasana sejuk menyejukkan dikelilingi pepohonan.  Udara yang segar semilir angin seperti dalam AC terasa di koridor ini,  Foto Shando Safela

"Enak banged bersantap di resto Rindang Alam ini bersama keluarga dan lokasinya memang sangat menyejukkan sekali dan banyak pohon pohon ya di sini, selain itu juga tempat parkirnya cukup luas dan dijaga oleh keamanan membuat kami nyaman di sini"  kata salah Kekes kepada saya.

  Menurut pria yang bekerja sehari harinya berprofesi sebagai illustrator di sebuah media cetak ini menyebut menu Kepiting yang menjadi andalannya.  "Selain itu di resto Rindang Alam ini juga ada tempat untuk bermain anak anak, bahkan kolam renang pun ada juga wah luar biasa" kata menambahkan. Saya melihat memang ada kolam renang yang stand by dan juga berbagai sudut disediakan kolam pemancingan yang amat disukai oleh para pengunjung restoran Rindang Alam ini,



Rasa Yang Seanggun Penampilan
Begitu anda memasuki Ranch Resto and Cafe Rindang Alam ini anda sudah disambut oleh staf dan karyawan Resto yang ramah dan bersahabat, dan anda akan dipersilahkan untuk memasuki koridor menuju bagian dalam resto yang di kanan kirinya penuh dengan aneka tanaman buah buahan dan juga bunga bunga. "Wah sejuknya dan terasa tenang sekali bersantap di sini, begitu tenangnya sampai jarum jatuh pun bisa terdengar nyaring di sini" seloroh Kekes

MENUNGGU : Ini teman teman saya pada setia menunggu
pesanan datang.  Udah Lapar ya mas?. Sama donk
Foto Hak Cipta Asep
"Silahkan pak mau pesan apa, daftar menunya sudah ada di depan bapak"  sapa karyawan restorannya sambil menunjuk lembaran lembaran daftar menu yang diprint warna warni dan dilapisi oleh pelindung plastik tahan air semacam laminating atau pres.

Sambil mengeluarkan pensil dan notes kecil, karyawan itu tetap berdiri siap mencatat menunggu pesanan dari saya.  Saya dengar Menu Kepiting Saos Naga sangat kondang sangat kondang di resto and cafe Rindang Alam ini. "Ah jadi penasaran nih mau coba" gumam saya dalam hati

Saya pun dengan cekatan menyambar lembaran demi lembaran daftar menu tersebut dan memperhatikan beberapa detil menu seafood yang menjadi idola di Ranch Resto and Care Rindang Alam ini.  "Saya pesan Kepititing Saos Naga, dan air Jeruk satu gelas ya".  Beberapa kawan kawan saya pun semuanya memesan menu kesukaannya masing masing namanya juga selera memang tidak dapat diperdebatkan.  "Seperti apa sih menu Kepiting Saos Naga itu" tanya saya kepada karyawan yang mencatat pesanan saya.

"Kepiting Saos Naga disajikan dengan lumeran saos buah naga yang berasa asam manis, dan dagingnya yang lembut semakin oke jika dicocol dengan saos buah naga, dan ini menu andalam kami pak,  ini memang tiada duanya deh"  rayu petugasnya. 

"Menu baru lainnya adalah Sayur keladi Cah Tengkuyung. Rempah-rempah spesial berpadu dengan empuknya daging keladi. Wah kalau Semakin menjadi-jadi deh ketika kepiting saos naga dan dan sayur keladi cah tengkuyung tadi bertemu dengan nasi bakar ala Rindang Alam" kata Karyawan tadi sambil menutup catatannya.." Oke dokehh  sajikan ya" kata saya.

Tak berapa lama kemudian, datangnya pesanan pesanan kami dan kami pun sudah tidak sabar lagi untuk segera mencicipi aneka hidangan dan menu yang sudah kami pesan terutama saya yang memesan Kepiting Saos Naga dan Sayur Keladi Cah Tengkuyung.    Penasaran ya kaya apa?  Nah selamat menikmati foto yang saya sajikan di bawah ini.


Sayur Keladi Cah Tengkyung.   Foto Shando Safela

Kepiting   Foto Shando Safela

Wah ternyata saya baru paham yang namanya Kepiting Saos Naga ya karena Kepitingnya harus dilumeri dahulu dengan Saos Buah Naga yang disebut oleh karyawan resto tadi.  Begitu juga dengan Sayur Keladi Cah Tengkuyung yang berwarna amat menggoda.  Dan dalam sekejam suap demi suap nasi dan menu maknyus tersebut sudah kami santap bersama kawan kawan.  Sensasi bersantap makan siang hari itu bertambah syahdu dengan semilir angin sepoi sepoi dan memandang ala ranch di sekelilingnya. Luar biasa sensasinya

Ada juga menu yang saya lihat bentuknya yang menawan, mencerminkan cita rasanya yang seanggun penampilannya seperti Ikan Gurami Saos dan Sayur, juga Cumi Bakar Isi Keju yang fotonya juga saya sampaikan di sini.  "Wah ini luar biasa baru kali ini saya merasakan Cumi bakar berisi parutan keju yang menggoda dan enak banged" kata saya.  


Ikan Gurami Saos.  Foto Shando Safela

Cumi Isi Keju.  Foto Efrizan


 MAKAN BERSAMA :  Inilah rekan rekan saya yang asyik menikmati makan siang Di Ranch Resto and Cafe Rindang Alam.  Suasana ala ranch tenang dan udara yang segar menambah sensasi luar biasa bersantap di resto ini.  Foto Istimewa

Tak lama kemudian rekan saya, Shando,  pun mengambil beberapa gambar lain dari menu seafood yang dipesan kawan kawan saja. "Tunggu dulu sebelum kalian makan, Shando Safela mau foto dulu ya menu menunya" akhirnya foto fotonya pun berhasil di dapatkannya.

Ranch Resto and Care Rindang Alam ini bisa dicapai dengan kendaraan roda dua maupun Empat, dan rutenya sangat mudah dijumpai.  Bagaimana dengan harganya? Harganya cukup terjangkau, dan jangan bandingkan dengan sensasi ala ranch seperti di luar negeri . dan lingkungan yang asri penuh aneka kebun buah buahan menjadikan Ranch Resto and Care Rindang Alam menjadi icon kuliner yang terkenal di kota Pontianak sampai kini. Yuk Kita ke Restoran Rindang Alam.  (Asep Haryono)



Lokasi       :  Ranch Resto and Cafe Rindang Alam. Pal 
                     Jalam Ampera Dekat Polsek Kota Pontianak
Buka         :  Senin s/d Sabtu.  Jam 09.00 s/d  21.00 WIB

Lihat Lokasinya di StreetDirectory
di Bawah ini



6 comments:

  1. wuiiihhh, tuh buahnya keren banget...di taruh nanas..bikin laper deh liat poto-poti makanannya. Palagi yg gurami goreng itu...ckckck

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Ririe Khayan : Iya seger bangeds hehehehe. Alhamdulillah tulisan ini menang lomba. Hadiahnya Voucher Matahari Rp.200.000,- hehehee

      Delete
  2. cumi isi keju dalam sirsak itu rasanya seperti apa ?..boleh di kirim ke jakarta,hehee

    Barusan di check postingannya sudah terdaftar.. saya juga sudah publish Lounge BPI urutan 38..

    sukses selalu
    salam bahagia

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Komunitas BPI : hahahaa CUmi isi keju benar benar sensasional. Lelehan keju berpadu dengan saos pedasnya terasa lezat dan menggugah cita rasa. Terima Kasih sudah saya liat urutan ke 38. Salam dari Pontianak

      Delete
  3. The posts that I’ve been waiting for from fro to seek social bookmarking and met in this blog,

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog