Jual Milagros disini
Loading...

Hunting Foto Memang Mengasyikan Juga

Nikon S3000.  Foto dari Internet
Teman teman yang sering membaca postingan saya sering melihat artikel atau postingan saya dilengkapi dengan foto foto tentunya bukan?.  Nah jika saya sendiri yang menjepret foto itu maka saya akan pasang "Hak Cipta Asep Haryono" karena (bukan combong) adalah benar foto hasil jepretan sendiri karena menyangkut hak cipta intelektual. 

Nah foto foto itu saya hasilkan dari kamera Pinjeman (haa ngaku dot com-red) berjenis kamera Saku atau kamera poket jenis NIKON kadang juga CANON.  Nah cukup terang dan tajam warnanya ya, karena pikselnya 12, dan sangat tinggi untuk ukuran saya yang biasa pake kamera berpiksel 8 ke bawah.  Bahkan saya pernah pake kamera berpiksel rendah seperti piksel 4. Wih warnanya tidak tajam. Napa ya.  Kamera boleh punya orang, tapi jepretan karya saya. Nyehehehe

Bagi yang hobi atau menggemari Dunia Fotograhi, tentu tidak asing lagi dengan jenis Kamera Poket atau kamera saku (pocket camera-red) berjenis NIKON. Terus terang saja saya memang senang mengambil gambar (foto) tetapi tidak begitu suka difoto.

  Selain itu juga untuk soal merek ini kembali ke selera saya, dan saya sangat suka dengan Jenis Kamera NIKON untuk jenis kamera saku. Sebenarnya, beberapa tahun yang lalu, saya pakai kamera jenis KODAK yakni jenis kamera Prosumer. Tahukah rekan rekan apa yang dimaksud dengan kamera jenis Prosumer itu?

Sepanjang yang saya tau Kamera Jenis Prosumer adalah salah satu jenis kamera digital yang tidak termasuk di dalam katagori kamera jenis SLR (single lens reflect) atau jenis kamera saku (pocket camera). Pada umumnya kamera jenis Saku atau pocket ini memiliki fitur fitur yang AUTO dimana mode mode pilihan yang sudah disediakan dan tinggal diset dan langsung digunakan tanpa harus menyetting manual.

Sebagai contoh kita set kamera poket kita ke mode SUNSET, maka kamera akan set otomatis ke mode SUNSET atau memoto matahari terbenam. Sedangkan jenis kamera SLR (single lens reflect) adalah jenis kamera digital dengan setingan manual yang lebih rumit karena banyak memperhitungkan data teknis kamera seperti Kecepatan (Speed), Aperture Priority, dan lain sebagainya. Pusing saya kalaw nguprek kamera SLR, maklum sob masih awam di sana sini.

Praktis Dan Mudah
Kembali kepada selera masing masing ya.  Kalaw saya sih seleranya emang kamera Poket atau jenis kamera saku karena selain harganya yang relatif terjangkau untuk ukuran saya, pengoperasian kamera saku relatif jauh lebih mudah dan bisa dipelajari dalam beberapa jam saja atau dalam sehari saja Insya Allah saya sudah mahir menggunakan kamera poket atau jenis kamera saku ini.

Aku dan KODAK Z812IS.
Saya masih ingat beberapa tahun yang lalu, saya pernah punya kamera Jenis KODAK Z812 IS yang punya kemampuan ZOOM 24 kali dan itu keren bangeds untuk ukuran dan selera saya.  Nah saya sertakan foto kenangan saya dengan si KODAK Z812 IS ini.  Bisa dilihat kan?  Fotonya agak di blurkan biar nampak keren hehe. Ini jenis keluarga besar Kodak EASYSHARE.

Nah kamera KODAK inilah yang sering saya bawa bawa waktu itu baik untuk keperluan hunting foto foto, maupun kegiatan di kantor atau trip ke BALI untuk urusan Kang Guru Indonesia.  Kamera KODAK itu saya ambil kredit (alah jujur kacang ijonya Sep-red) dari Kredit Adhira dan tokonya adalah Irama Vision di Jalan Gajah Mada. Wedew lengkapnya nih. 

Insya Allah dikesempatan lain akan saya posting hasil hasil jepretan saya dengan kamera KODAK Z812 IS ini walaupun saya sudah postingkan di bebeberapa situs share foto seperti AyoFoto dan lain sebagainya.  Jangan tanya soal teknik ya, karena saya sendiri belajar otodidak baik dari buku maupun dari komunitas Fotography seperti AyoFoto itu dan beberapa lainnya.  Kalau pun nanya sama fotographernya agak segan dan males,  soalnya jarang sih dijawab dengan lugas dan detil.

Fotography adalah salah satu hobi yang sangat saya sukai instead of Memancing , membaca buku di perpustakaan umum maupun personal library , Ngenet gratis , Wisata Kuliner , Bahasa Inggris , Mendengarkan radio gelombang pendek (BBC, VOA), ngeblog, Web Design,  Internet , Komputer, dan radio Volare FM dan RRI Pro 2 FM.  Dua radio yang saya sebut terakhir ini berperan cukup penting karena menyiarkan program Kang Guru Indonesia tempat dimana saya di "besarkan".

Sayang sekali kamera KODAK Z812 IS kesayangan saya itu sudah tidak bersama lagi karena harus berpindah pemiliknya yang lain  (Halah bilang aja kameranya dijual gitu susah amat sih sep-red) dan sekarang sudah tinggal kenangan.  Nah sekarang beda merek. 

Kalaw dulu senangnya sama KODAK, sekarang pindah ke jenis kamera NIKON tentu masih bermain di jenis kamera poket atau saku.   BEda dengan KODAK Z812 IS yang Prosumer, untuk kamera Poket NIKON ini pure kamera poket. Jenisnya NIKON S3000 yang gambarnya saya pasang di bagian awal tulisan ini.

SUN RISE.  Matahari terbit dibelakang rumah ku. Foto diambil di belakang rumah ku di komplek Duta Bandara A Yani Supadio.  Dijepret dengan NIKON S3000 poket  Foto Hak CIpta Asep Haryono

SUN RISE.  Matahari terbit dibelakang rumah ku. Foto diambil di belakang rumah ku di komplek Duta Bandara A Yani Supadio dihari yang lain. Dijepret dengan NIKON S3000 poket.   Foto Hak CIpta Asep Haryono

Momen Tidak Terduga
Tidak setiap orang bisa mendapatkan momen momen tertentu yang unik karena biasanya momen unik dan menarik itu tidak direncanakan datangnya pun tiba tiba.  Jadi jika rekan rekan selalu siap kamera digital di tas atau di saku, dan mendapatkan momen unik dan langka bisa jadi anda akan sangat beruntung.  Namun demikian mengambil gambar atau foto dengan menggunakan kamera di Hanpdhone juga baik kok. Tidak masalah dengan pikselnya yang rata rata kecil itu.

Jika yang rekan maksud adalah menangkap (capture the moment-red), dan prioritas memvisualkan kejadian unik , langka atau apa saja sesuai selera rekan rekan semua, maka hal teknis tidak menjadi itungan dan acuan. Sejauh foto yang ditampilkan cukup terang, jelas, tidak shake (goyang-red) maka menurut pendapat saya yang awam soal fotography ini sudah lebih dari cukup.  

Saya sendiri berusaha untuk selalu ready dengan kamera digital saku di tas Jogger Bali saya atau di saku kemeja.  Tidak jarang kamera Poket itu harus saya ikatkan dipergelangan tangan saat mengambil momen (baca: foto) untuk meminimalisir kamera terjatuh yang bisa berakibat fatal.  Maklum kamera punya orang alais minjem.  Jangan sampai kita bisa mengganti kamera digital orang lain, tapi beli sendiri nda bisa. Maka dari itu berhati hatilah jika rekan rekan menggunakan kamera pinjaman seperti saya. Horee ngaku dot com.

Bicara soal fotography bagi saya pribadi tidak terlepas dari sosok yang bernama BEARING, dia adalah rekan kerja saya dahulu satu kantor dan kini beliau sudah lama resign atas kemauannya sendiri. 

Saya sempat memfoto Bearing dan Wiwi (Lihat gambar) yang saya jepret sendiri di tahun 2001-2003 lalu. Kini mereka sudah menikah, dan saya bangga menjadi salah satu comblang yang berhasil mempertautkan mereka berdua hingga ke jenjang pernikahan.  Hehehe

Nah Bearing inilah yang sering memberikan advice dan juga tips praktis mengenai teknis dasar mengambil foto baik yang sederhana maupun hal hal basic fotography lainnya seperti panning (Maaf kalaw saya salah tulis-red), Macro, Micro , Dept Of Field (DOF) maupun setingan manual lainnya yang kadang bisa membuat saya puyeng dibuatnya.   Sampai sekarang saya sering konsultasi soal fotography dengan Bearing walau hanya melalui Telepon, SMS maupun jejaring sosial.

Saya masih ada angan angan memiliki jenis kamera SLR jenis NIKON saja, karena memang sesuai dengan selera saya, dan untuk model atau tipenya saya kurang tau. Mungkin browsing dulu di toko toko Kamera atau berkonsultasi dengan Bearing atau fotographer lainnya.   Harganya yah relatif terjangkau sajalah, yang jelas untuk keperluan hobi saja, dan sukur sukur bisa menghasilkan uang.   Senang sekali rasanya kalaw dari hobi yang sederhana bisa menghasilkan uang juga seperti hobi saya lainnya seperti jasa buat website atau ngeblog.  Ya donk kan pernah menyabet Juara I Lomba Desain BLOG lumayan hadiah duitnya loh. Hehehee. (Asep Haryono)






 (Asep Haryono)

7 comments:

  1. kalo saya lihat foto"nya Nat Geo itu saya jadi pengen hunting foto juga lho
    habis hasil pemandangannya bagus" sih

    ReplyDelete
  2. Info yang bermanfaat sob
    salam kenal n sekalian izin follow ya

    ReplyDelete
  3. kamerax sobat itu khusus tuk fotograper ya..??, sebenarx ingin jg sh moto2 tp kamerax kemahalan..,

    happy blogging *smile

    ReplyDelete
  4. camdig saya paki kodak..tp bisanya ya asal-asal jepret jika dapt view yg di sukai..Penegn sih punya SLR ..

    ReplyDelete
  5. Aku juga hoby bgt hunting foto *tosss*

    ReplyDelete
  6. memangggg mengasyikkan.. apalagi kalo difoto candid, xixixi..

    ReplyDelete
  7. bagus banget tu gambar awannya

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog