Jual Milagros disini
Loading...

Kalbar Raih Transmigration Award

PENGHARGAAN : Gubernur Kalbar menerima penghargaan Transmigration Award dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi di Jakarta, kemarin. Foto Ist

PONTIANAK—Kalimantan Barat mendapat Transmigration Award dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Penghargaan diterima langsung Gubernur Kalbar, Cornelis di Jakarta, Rabu (28/12).Selain Kalbar, penghargaan juga diberikan kepada 5 Gubernur lainnya, 6 Bupati dan Wali Kota, 1 akademisi, 1 investor, dan 1 media massa yang dinilai mendukung

sepenuhnya pelaksanaan transmigrasi di Indonesia. Tiga Gubernur penerima penghargaan sebagai daerah asal transmigran, yakni Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, dan Gubernur Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X. Sedangkan tiga Gubernur lainnya sebagai daerah tujuan transmigrasi, yakni Gubernur Kalbar, Cornelis, Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin, dan Gubernur Sulawesi Tenggara, Nur Alam.

Transmigran Kalbar Capai 529.072 Jiwa. Penghargaan diserahkan oleh Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono, didampingi Menteri Tenaga kerja dan Transmigrasi, Muhaimin Iskandar. Gubernur Kalbar, Cornelis mengatakan pihaknya selalu proaktif meningkatkan kesejahteraan masyarakat transmigrasi dari berbagai sisi. Hal ini sejalan dengan tujuan transmigrasi yaitu, peningkatan kesejahteraan masyarakat, mendukung pembangunan daerah, serta dan memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

Ia menyatakan pelaksanaan transmigrasi di Kalimantan Barat ini berjalan dengan baik. Jumlah penempatannya cukup besar. “Kita secara terus menerus memantau dan peduli terhadap transmigrasi ini. Selaku kepala daerah, kebijakan yang berkaitan dengan transmigrasi yang memberikan kontribusi ke arah perbaikan selalu kita dukung,” ujar Cornelis.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Jakuri Suni menambahkan target penempatan transmigrasi di Kalbar pada tahun ini sebanyak 1284 kepala keluarga. ”Sejak 1955 sampai sekarang sudah ditempatkan 124.672 kepala keluarga atau 529.072 jiwa. Realisasi penempatan tahun 2011, 984 kepala keluarga sudah ditempatkan,” ujar Jakuri, kemarin. Ia menambahkan sejak dilaksanakannya transmigrasi, pemerintah juga membangun 336 UPT di seluruh Kalbar. Sebanyak 216 UPT menjadi desa baru, atau 16 persen dari jumlah desa yg ada di kalbar.

”Saat ini banyak warga transmigrasi yang sudah sukses dan hidup layak. Mereka ada yang mempunyai truk, usaha kelapa sawit, kebun dan lain-lainnya,” katanya. Berkaitan dengan penghargaan yang diterima Kalbar, Jakuri menyatakan yang menjadi penilaian adalah keseriusan atau komitmen pemerintah Kalbar dalam program transmigrasi, sehingga memberi kontribusi positif bagi masyarakat termasuk perekonomian daerah. (uni)

Sumber : Pontianak Post

No comments:

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog