Jual Milagros disini
Loading...

Pingin Punya Website Sendiri?


Selamat hari Jum'at ya semuanya. Pa kabar kalian para pecinta saya eh salah maksud saya para pembaca setia maupun tidak setia di blog kesayangan saya ini, nah pada hari Jum'at nan mulia ini saya ingin sekali mengetuk hati rekan rekan untuk tetap bersedekah dan beramal selagi masih diberi kesempatan bernafas oleh Allah SWT. Karena kalaw kesempatan emas untuk beramal dan bersodakoh itu dilewatkan begitu saja, nanti gimana donk saat hari akhir nanti?. Hihihihi udah kaya penceramah aja nih lu Sep.

Wait hari ini memang hari yang cukup menyibukkan diri saya sendiri, baik urusan sehari hari di rumah maupun mengantar anak ke sekolah 3 (tiga) kali seminggu, maupun aktifitas keseharian saya di kantor dan juga kegiatan lainnya yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu. Nah tema yang saya coba angkat pada hari ini memang berbau aiti (baca : IT-red) yakni website. Nah bagaimana pun juga memiliki website sendiri sungguh mengasyikan dan memiliki kesenangan sendiri. Namun ada beberapa faktor yang harus anda perhatikan jika ingin terjun bebas dalam dunia maya seperti memiliki website pribadi seperti saya. Beberapa catatan yang sebaiknya anda perhatikan di bawah ini jika anda serius ingin memiliki website sendiri dengan tujuan yang jelas dan bukan sekedar gaya gayaan.

Kalkulasikan Dana
Nah ini merupakan salah satu faktor utama sebelum anda memutuskan untuk terjun secara total dalam dunia maya dalam artian memiliki website sendiri. Entah itu website pribadi seperti yang saya punya www.asepharyono.com atau website lainnya seperti website perusahaan, website sekolah, website usaha, atau bahkan website pemerintah (e-government-red). Nah website apa saja yang anda ingin sebaiknya mempertimbangkan biaya biaya yang mungkin timbul dalam mewujudkan impian anda memiliki website sendiri. Khusus tema tulisan saya pada hari ini saya persempit lagi adalah memiliki website sendiri atau website pribadi yang dalam bahasa Inggris disebut dengan "personal website". Nah beberapa faktor biaya biaya yang harus anda perhitungkan jika ingin memiliki website pribadi atau website sendiri antara lain sebagai berikut :
  1. Biaya Sewa Hosting dan Domain
    Nah langkah pertama jika anda ingin memiliki website sendiri adalah menyewa domain serta hosting sebagai "wadah" anda di jejaring dunia maya. Domain adalah dua atau tiga huruf dibelakang nama website anda yang menunjukkan misi utama website anda di internet. Sebagai contoh domain "com" pada nama website saya www.asepharyono.com nah "com" di sini berarti "commercial". Begitu juga dengan nama domain kampus www.untan.ac.id nah nama domain "ac.id" itu berarti adalah "academik indonesia" nah sudah jelas bukan nama nama domainnya. Itu sekedar contoh saja.

    Nah anda harus perhitungkan lebih dahulu biaya sewa hosting dan domain website anda. Khusus untuk saya sendiri sih sewa domain dan hosting saya sewa dari salah satu perusahaan website terbesar di Indonesia yakni rumahweb, nah rekan rekan bisa melihat sendiri harga harga domain dari situs rumahweb tersebut. Namun sebagai contoh untuk sewa domain "com" seperti website saya www.asepharyono.com itu seharga sebesar Rp.95.000,- (Sembilan Puluh lima ribu rupiah) selama satu tahun. Sedangkan kapasitas Hosting terserah anda maunya, mau kapasitas 50 MB, 100 MB , 250MB atay berapa saja terserah anda. Sebagai contoh untuk kapasitas 100MB harga sewa perbulannya adalah Rp.15.000,- (lima belas ribu rupiah) sebulan, atau bayar setahun menjadi Rp.300.000,- (Tiga ratus ribu rupiah). Lebih lengkapnya silahkan baca daftar harga sewa domain dan hosting di situsnya langsung di rumahweb yang berpusat di Jogjakarta itu.
  2. Biaya jasa web designer nya
    Nah ini tergantung pada negosiasi antara klien (anda sendiri-red) dengan pihak pembuat website/website developer atau apalah namanya yang membantu anda mewujudkan impian anda memilki website sendiri. Dalam kontek ini anda tidak perlu harus membuat sendiri website yang memang cukup merepotkan itu, nah jika anda punya dana lebih , mengapa anda tidak meminta jasa para webdesigner atau para pembuat websitenya. Nah mudah dan praktis bukan? Beberapa klien ada yang ingin websitenya dibuat jadi sedangkan operasional maintenance dan pengupdatetannya dilakukan sendiri oleh si customer sendiri atau pihak klien sendiri.

    Namun ada juga klien atau customer yang mempercayakan pembangunan website sekaligus meminta sang pembuatnya untuk menjadi "staf" atau "petugas" yang melakukan updatetan setiap bulan. Kalaw yang terakhir ini ditempuh berarti ada biaya tambahan lain yang harus anda pertimbangkan, yakni jasa petugas update website anda setiap bulan yang besarnya tergantung kesepakatan bersama antara anda (customer, klien-red) dengan website designernya. Sedangkan untuk saya sendiri harga membuat atau mengembangkan website atau biaya jasa website yang saya punya tarif saya adalah Rp.3,5 jt (tiga juta lima ratus ribu rupiah) bersih, dan jasa itu diluar sewa domain dan hosting yang sudah saya sebutkan pada poin 1 di atas. Sedangkan jika clien atau customer menghendaki saya juga sebagai "staf' atau "karyawan" yang mengelola websitenya maka biaya yang saya mintakan adalah sebesar Rp.300.000,- (tiga ratus ribu rupiah) setiap bulan. Nah gimana sip khan?

Pengupdetan Berkala
Nah ini juga tidak kalah pentingnya. Setelah harga jasa web designer, sewa hosting dan domain beres semua dalam artian tidak ada kendala antara kedua belah pihak baik si customer atau klien dengan web designernya alias enak sama enak, maka langkah ke depannya bersifat teknis saja yakni masalah yang menyangkutan tampilan fisik, fitur yang diinginkan juga teknis pengisian atau istilah kerennya pengupdetan websitenya. Baiklah akan saya coba bahas satu persatu untuk bahasan ini. Nah hal hal di bawah ini yang perlu anda perhatikan dalam rangka pengupdetatan website anda sebagai berikut :
  1. Tampilan Website
    Nah untuk bentuk fisik website yang bisa dilihat dari luar, maksudnya adalah template website bisa anda lakukan sendiri dengan menggunakan tools tools website maker yang banyak tersedia di pasaran misalnya saja Macromedia Dreamweaver Series (versi 4, MX atau versi 8-red), Microsoft Frontpage, HTML atau program lainnya. Silahkan saja anda gunakan sendiri, atau mempercayakan proses pembangunan websitenya kepada jasa pembuat website anda, atau menyerahkan sepenuhnya kepada web designernya. Nah jika anda tidak mau pusing dengan tampilan tetek bengek segala macem, anda bisa dengan mudah menggunakan template website yang cocok dan sesuai yang bisa anda peroleh dengan free alias gratis di internet.

    Untuk saya sendiri saya biasa menggunakan website template yang sudah ada dan tersedia dengan mudah di internet, yakni dari sumber website template Joomla versi 1.5 siteground yang banyak tersedia pilihannya. Memang sudah ada versi Joomla 1.7 namun khusus yang seri terbaru itu saya belum mencek lebih lanjut dan tentunya sudah lebih canggih. Saya senang dengan Joomla versi 1.5 yang sudah saya pelajari dengan baik fitur fitur yang ada dalam versi tersebut. Khusus untuk Joomla 1.5 ini memang saya pelajari sendiri dan tanpa bantuan pengajar dari mana pun juga, dalam artian guru secara fisik alias guru orang (manusia-red). Selama ini saya belajar sendiri Joomla 1.5 maintenance dan fiturnya dari tutorial tutorial yang ada di website dan juga video tutorial dari youtube yang bisa saya ikuti dengan cukup baik. Andai ada guru yang melatih saya untuk maintenance joomla 1.5 ini tentu saya akan lebih senang lagi
  2. Fitur Fitur Website
    Nah untuk fitur fitur website yang ingin anda tampilkan di dalam website anda terpulang pada keinginan anda sebagai raja alias customer atau klien yang memilki hak untuk digimanakan websitenya nanti, dan si pembuat yang sudah anda bayar jasanya yang akan berjibaku menyiapkan semua pesanan anda apapun yang anda minta. Kini persoalannya kembali kepada kemampuan dan pengetahuan sang pembuat websitenya itu. Apakah kemampuannya pas pasan seperti saya, atau sudah secanggih pakar. Pada umumnya semakin rumit tingkat kesulitan websitenya, biasanya berbanding lurus dengan harga jasa sang pembuatnya. Semakin canggih fitur websitenya semakin mahal jatuhnya biaya yang harus anda bayarkan kepada para perancangnya.

    Untuk fitur fitur website kilen atau website pelanggan yang saya kerjakan pada umumnya fitur fitur standar saja yang umum banyak digunakan orang seperti Guestbook (buku tamu-red), Contact Form (formulir kontak-red) dan Gallery photo. Untuk fitur lain seperti forum masih dipelajari mengingat banyaknya konten konten yang harus diawasi, dan memerlukan kecermatan. Namun demikian khusus untuk website yang bersifat profil dan bukan pada pelayanan kepada masyarakat, fitur Buku Tamu, dan Photo Gallery serta kontak form sudah lebih dari memadai. Sedangkan video gaya seperti video player (pemutar video-red) seperti yang ada dalam website pribadi saya, www.asepharyono.com memang bisa juga anda dapatkan asalkan ada kemauan dari si klien sendiri yang akan dibuatkan sedemikian rupa.
  3. Data Website (Teks, foto, Video)
    Nah jika anda sebagai klien atau customer ingin segera selesai websitenya, maka "kewajiban" anda sebagai bos atau pemilik website yang mempercayakan pembangunannya kepada web designer maka anda menyediakan data data websitenya sendiri seperti foto foto, narasi atau teksnya, dan juga video video anda sendiri. Tentunya video yang baik donk. Masa video yang jahat sih hehehehe. Khusus untuk foto foto yang akan ditampilkan ke dalam website sebaiknya foto yang baik dan sopan dan tidak mengandung racun eh salah mengandung bakteri eh salah lagi, maksudnya mengandung unsur SARA. Foto yang baik adalah foto yang diambil dengan kamera digital biasa berformat JPG atau JPEG agar keren dan cool di website. Foto yang berpixel rendah yang biasa dilakukan dengan kamera handphone biasanya kurang terang dan tidak bagus ditampilkan dalam website.

    Anda sebagai pemilik website tinggal memerintahkan kepada perancangnya foto foto mana yang akan diunggah di websitenya serta diatur sedemikian rupa agar tampak cantik dan mempesona. Karena dalam hal ini pandangan perancang website dan klien (customer) tentu saja berseberangan, namun satu hal yang menjadi prinsip adalah apa pun yang diinginkan oleh klien (customer) lah yang utama , karena merekalah yang membayar sang web designer. Jadi web designer tentu akan "takluk" kepada kemauan klien atau customer. Namun demikian selalu ada celah untuk diskusi atau tukar pikiran antara sang pembuat (website designer) dengan kliennya demi kemajuan bersama.
  4. Pengupdatetan berkala
    Nah khusus yang satu ini diserahkan sepenuhnya kepada anda selaku bos atau customer mau digimanakan website dalam hal pengupdatetan situsnya apakah ingin harian, mingguan atau bulanan. Namun pada umumnya , dan kesepakatan yang berlaku untuk website update harian hanyalah untuk situs kantor berita, atau situs koran. Sedangkan untuk situs web pribadi atau personal website terpulang pada keinginan masing masing setiap orang. Dan petugas pembuat website (jasa web designer-red) yang sudah anda percayakan dan sudah anda bayarkan kepadanya sudah sewajarnya membantu anda mewujudkan apdetannnya sesuai keinginan anda sebagai raja atau pelanggan. Namun pada umumnya khusus untuk website profil atau website personal pengupdetan tidak harus setiap hari. Cukup dengan pengisian berkala saja, dan alangkah lebih baik lagi jika kesepakatan sudah tercipta dan tersinergi dengan baik baik antara anda selaku pemilik situs web maupun dengan pengolah data atau pembuatnya. Tidak saja kesepakatan mengenai harganya akhirnya kedua belah pihak memang sama sama enak, namun juga keharmonisan dan kekompakan pengisian data websitenya kelak di kemudian hari.

Nah dari paparan sederhana yang saya sampaikan di atas semoga bisa menjadikan masukan yang amat berharga bagi rekan rekan saya maupun para calon konsumen yang ingin terjun dalam dunia maya dalam artian ingin memiliki website sendiri atau website pribadi. Sebenarnya banyak manfaat yang bisa anda peroleh sekaligus jika punya website sendiri atau website pribadi yang bisa anda raih dan anda genggam dengan sukses. Website kini tak lagi di monopoli oleh perusahaan saja, di seluruh dunia website sudah dimiliki oleh perseorangan. Jangan heran kalau tiba tiba anda menemukan anak sekolah punya website, atau ketika sedang browsing anda menemukan informasi bagus yang di tulis oleh seorang yang “biasa biasa saja” mengingat begitu mudah dan begitu pentingnya memiliki website saat ini. Salah satu manfaat memiliki website sendiri adalah Sarana representasi diri : sebuah website dapat menjadi potret virtual diri anda di dunia maya, menampilkan pribadi Anda ke seluruh dunia selama 24 sehari dan 7 hari dalam seminggu. Diantara yang paling populer dalam menggambarkan diri Anda secara online andalah dengan membuat blog (atau dikenal sebagai online diary) atau sebuah galeri foto, dimana teman-teman Anda dapat selalu mengupdate tentang kehidupan dan pemikiran pemikiran anda. Keren sekali bukan?

Selain itu juga masih banyak manfaat yang lain yang tidak kalah menariknya jika memiliki website sendiri / website pribadi misalnya Pendongkrak kredibilitas : selain menggunakan sosial media, website juga bagus untuk meningkatkan citra diri anda. Baik juga untuk dijadikan portfolio digital. Membantu komunikasi tanpa batas n adalah manfaat lainnya juga. Nah Website yang anda miliki dapat menjadi tempat pertemuan untuk saling bertukar pikiran dengan orang dari belahan dunia manapun. Anda dapat berkomunikasi online dengan mudah tanpa batas yang memungkinkan Anda melakukan percakapan seakan-akan berhadapan langsung dengan beragam orang yang berbeda, secara langsung dari website Anda. Untuk memiliki website pribadi atau blog, anda tidak pelu lagi bingung bagaimana cara membuatnya atau biaya yang harus dikeluarkan untuk website pribadi yang bonafit. Saya siap mewujudkanya bersama anda tentunya. Nyehehehehehehhee.

Punya website pribadi sendiri ? Mengapa tidak

No comments:

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog