Jual Milagros disini
Loading...

Promosi JOEY Ke SMP 3 Pontianak

SMP Negeri 3 Pontianak. Foto Asep Haryono

Dear blog tersayang. Alhamdulillah tidak terasa kita sudah memasuki hari ke 7 (tujuh0 dibulan Syawal ini, dan tidak terasa Ramadhan 1432 Hijriah sudah lewat 7 hari juga kita lalui bersama sama. Banyak kenangan pahit dan juga kenangan manis yang kita rasakan selama menjalani Ramadhan 1432 Hijriah yang baru lalu.

Masih di bulan Syawal 1432 Hijriah ini saya sekeluarga sekali lagi mengucapkan Selamat Hari Raya Iedul Fitri 1 Syawal 1432 Hijriah, minal aidzin walfaidzin mohon maaf lahir dan bathin. Nah para pembaca setia blog saya dimana saja berada, tema tulisan kali ini sekitar JOEY saja. Nah pada bingung khan apa itu JOEY? Ya sudah nanti akan saya jelaskan pada bagian lain dari tulisan atau tepatnya laporan kegiatan ini hehehe.

Apa Itu JOEY
JOEY adalah nama anak Kangguru. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Kangguru adalah hewan resmi negara Australia. Hayo siapa yang pernah berkunjung ke negeri Kangguru, Australia, angkat tangan?. Saya sendiri saja belum pernah ke Australia, dan ingin sekali berkunjung ke negara itu walaupun sebagai turis sekalipun. Syukur syukur datang ke sana sebagai mahasiswa yang memang sudah menjadi impian saja sejak lama hehhehe. Nah nama anak Kangguru itulah yang disebut dengan JOEY. Nah sampai di sini cukup jelas kan penjelasan sederhananya ya. Lalu selanjutnya apa donk?. Ok akan saya sampaikan dalam tulisan ini untuk keterangan lebih detilnya mengenai program JOEY dari KangGURU Indonesia ini.

Program JOEY adalah program yang dirancang oleh KangGURU Indonesia khusus untuk para siswa siswi yang masih duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau sederajat seperti Mts dan lain sebagainya. Program JOEY ini disusun oleh tim penyusun materi SMP yang dipimpin oleh Ayu Kusumastuti (Baca profil Ayu di edisi yang akan datang, tetapi kalian juga bisa kenalan kok dengan Ayu dengan menggad facebooknya dengan memakai kata kunci "Ayu KangGURU"-red). Nah Ayu inilah "mother" JOEY alias komandan yang membidangi atau berurusan dengan program JOEY KangGuru Indonesia ini. Lantas kalau ada yang bertanya lagi lantas "KangGURU Indonesia" itu apa ya?

Secara singkat KangGURU Indonesia adalah salah satu program ataupun departemen di bawah koordinasi Indonesia Australia Language Foundation (I/A/L/F) yang mendapat sokongan atau pendanaan dari AusAID yang notabenenya adalah lembaga resmi pemerintah Australia untuk wilayah Asia dan juga kedutaan besar Australia di Jakarta. KangGURU Indonesia sendiri sudah berkiprah di Indonesia, melalui berbagai kegiatan tentunya, selama lebih dari 20 (dua puluh) tahun dimana selebrasi penyelenggaran 20 Tahun KangGURU Indonesia sudah dilaksanakan di Bali yang bisa dilihat foto fotonya di sini.

Nah untuk lebih jelasnya mengenal apa itu KangGURU Indonesia beserta staf dan juga program kerja dan program pogram lainnya bisa dilihat langsung di website resminya www.kangguru.org yang bisa dibuka dengan mudah. Nah saya sendiri membantu mempromosikan JOEY di sekolah SMP SMP yang ada di Pontianak karena "misi" dan "tugas" saya sebagai salah satu perwakilan KangGURU Indonesia untuk wilayah Kalimantan Barat. Posisi saya di KangGURU Indonesia memiliki sebutan sebagai "Champion" atau Contact Person gitu lah kira kira. Baru ada 7 (tujuh) orang perwakilan KanggURU Indonesia (KGI) yang tersebar di seluruh Indonesia. Mereka itu adalah :


  1. Syahrir Badulu (Makasar, Sulawesi Selatan)
  2. Suryadi (Madura)
  3. Keyko (Semarang, Jawa Tengah)
  4. Ririn Pudya (DKI Jakarta)
  5. Fadel (Lombok, Nusa Tenggara Barat)
  6. Saptari Wibowo (Medan, Sumatera Barat)
  7. Asep Haryono (Pontianak, Kalimantan Barat)
Champion adalah sebutan dari KangGURU Indonesia kepada warga Indonesia yang sudah menyumbangkan tenaga, pikiraan dan sumbangsihnya dalam memupuk hubungan persaudaraan yang erat antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Australia dalam bentuk Kemitraan Indonesia-Australia (Indonesia Australia Partnership). Dalam menjalankan aktfitasnya di Indonesia para champion ini tidak mendapat bayaran sama sekali.

Para Champion adalah sukarelawan (Volunteer) yang "bekerja" sesuai arahan dan guideline dari KangGURU Indonesia yang berpusat di Denpasar Bali. Setiap bulan para perwakilan KangGURU Indonesia, Champion , ini memberikan laporan berkala kepada KangGURU Indonesia, dan hampir setiap tahun para perwakilan KangGURU Indonesia ini berkumpul di Bali. Tepatnya berkumpul di markas KangGURU Indonesia yang berpusat di Gedung Indonesia Australia Languagre Foundation (I/A//L/F) jalan Sesetan Denpasar Bali. Menurut jadual dari KangGURU Indonesia yang bermarkas di Bali, semua Champion KanggURU Indonesia berkumpul di Bali lagi pada bulan September 2011 ini.

Sodara sebangsa setanah air..
Jadi program JOEY adalah program khusus untuk pelajar SMP di Seluruh Indonesia dimana kurikulum Indonesia dipakai sebagai acuan, namun demikian program JOEY tidak dimaksudkan untuk menjadi wajib dipakai di sekolah SMP SMP di Indonesia. Program JOEY KangGURU Indonesia dimaksudkan untuk memperkaya para siswa dan juga guru dalam mempelajari Bahasa Inggris sebagai salah satu bahasa Internasional yang hingga kini mulai semakin banyak peminatnya di Indonesia di samping bahasa Internasional lainnya.

JOEY memiliki website resmi yang beralamat di http://kangguru-joeys.org yang bisa diakses dimana saja. Nah di website JOEY inilah semua materi dan juga podcast yang sudah disiapkan bisa digunakan para siswa dan guru untuk memperkaya khasanah perbendaraan pelajaran Bahasa Inggris di sekolahnya masing masing misalnya saja Podcast, dan juga kompetisi berhadiah lainnya. Silahkan para siswa dan guru SMP berkreasi dan berimprovisasi memanfaatkan materi yang ada di situs JOEY di sekolah. Jika beruntung sekolah yang bersangkutan akan dikunjungi oleh KangGURU Indonesia secara langsung di Bali. Wah menarik sekali tuh

JOEY PROMO di SMP 3 Pontianak
Nah setelah rekan rekan semua sudah mengerti apa itu KangGURU Indonesia , dan juga program JOEY, nah pada bagian penutup tulisan atau tepatnya laporan kegiatan ini saya akan coba tuliskan secara singkat saja mengenai kegiatan promosi program JOEY di SMP Negeri 3 Pontianak. Pemilihan SMP Negeri 3 Pontianak didasarkan pada banyak pertimbangan, dan salah satu pertimbangan dipilihnya SMP Negeri 3 itu adalah sudah tersedianya jaringan atau akses Internet bagi para siswa siswinya di sekolah. Dan ini merupakan salah satu syarat utama karena program JOEY ini seratus persen menggunakan media website dimana website JOEY dipakai sebagai media sumber utamanya. Namun demikian kendala internet di sekolah masih bisa disiasati atau diberi jalan keluar lainnya jika tersedia.

Sekolah yang keren ini juga telah memiliki klub Bahasa Inggris dan juga sudah memiliki wesbite resmi sekolahnya yang beralamat di http://smpn3pontianak.com yang bisa diakses dengan mudah dan banyak informasi mengenai SMP Negeri 3 Pontianak di website itu yang bisa kita baca dan telusuri guna mendapatkan informasi sekolah yang lebih lengkap. Saat promosi JOEY di lakukan di sekolah tersebut , saya dibantu oleh dara cantik Dwi Sasta Kanaya atau lebih lengkapnya dan terkenalnya dengan sandi DwiRaEmon itu. Selidik punya selidik ternyata Dwi pernah mengajar di SMP Negeri 3 tersebut dan cukup mengenal sekolah tersebut berserta staf dan tenaga pengajarnya. Wah mantaf donk kalaw gitu ya.


KangGURU Indonesia Champion dengan Ibu Yohanis, SMP 3 Pontianak
Foto Dwi Sasta Kanaya/Pontianak


Sayang sekali saat kami melakukan promosi JOEY, suasana masih dalam bulan Ramadhan 1432 Hijriah tersebut, sedangkan menurut penutusan ibu Yohanis (Guru Bahasa Inggris, SMP 3 Pontianak-red) yang menerima kunjungan kami mengatakan bahwa selama bulan Ramadhan 1432 Hijriah tidak ada program pengembangan. Jadi kami titipkan paket JOEY secara simbolis kepada SMP Negeri 3 Pontianak yang diwakili oleh Ibu Yohanis tersebut. Besar harapan kami adalah siswa dan siswi dan juga para guru berperan aktif dalam JOEY dan memaksimalkan fasilitas yang ada dalam website JOEY secara gratis untuk digunakan dalam memperkaya pelajaran bahasa Inggris di sekolahnya. Menurut jadual selanjutnya pasca Lebaran ini adalah melakukan promosi JOEY di SMP Islam Al Azhar dan juga SMP Kristen Imanuel yang terletak di Jalan Sutoyo Pontianak.

Apakah kalian punya SMP yang ingin dikunjungi oleh KangGURU Indonesia?
Just let me know please

No comments:

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog