Jual Milagros disini
Loading...

Aku Dan Putri Kecilku

Tazkia. Yah itulah nama kecil anak ke dua kami yang Alhamdulillah berjenis kelamin perempuan. Terlahir di desa kelahiran bundanya di sebuah dusun yang bernama Kembang Kecamatan Nanggulan Kulon Progo Jogjakarta pada tanggal 10 Desember 2010 yang lalu.

Jika kami tidak salah hitung, pada tanggal 10 Juli 2011 kemarin Alhamdulillah putri kecil kami yang kami beri nama Tazkia Montessori Putri Haryono itu sudah memasuki usianya yang 7 (tujuh) bulan.

Sejak kakaknya yang lebih dahulu lahir, Abbie Muhammad Furqan Haryono, yang kini sudah memasuki bangku Play Group di TK ISlam Al Azhar memang lebih banyak mendapatkan asupan ASI dari bundanya. Sedangkan Tazkia, nama panggilan putri kecil kami itu, hampir bisa dikatakan mendapat asupan susu formula. Ini semua karena memang keadaan yang memaksa kami mengalami masa masa sulit ini.

Susu Formula
Memang tidak baik dari segi kesehatan. Pemberian susu formula bagi bayi hanya dianjurkan sebagai pelengkap saja selain pemberian makanan tambahan lainnya. ASI merupakan makanan bagi bayi paling baik. Namun keadaanlah yang memaksa kami berdua mengalami masa masa yang sulit ini. Dengan aktifitas bundanya yang mengajar di salah satu SMA Negeri di Kubu Raya dan hanya kembali 4 (empat) hari sekali menyebabkan ASI menjadi sulit untuk diberikan kepada Tazkia. Kami memang turut sedih, namun memang keadaan yang memaksa kami mengalami masa masa sulit ini.

Berbeda dengan abangnya Mas Abbie (nama Lengkapnya Abbie Muhammad Furqan Haryono-red) yang full mendapatkan ASI dari bundanya. Salah satu faktor yang amat mendukung pemberian full ASI ini adalah karena saat Abbie kecil, bundanya masih mengajar di AL AZHAR di Kota Pontianak. Dengan demikian pemberian ASI bisa dengan full diberikan kepadanya hingga genap 2 (dua) tahun lamanya. Nah mungkin ini yang menjadi perbedaan asupan susu bagi Abbie dan Tazkia, kedua anak kami yang kini sudah lengkap. Sepasang, Putra dan Putri. Hal ini juga makin menguatkan hati kami, selaku Ayah dan Bundanya, untuk tetap konsisten memberikan yang terbaik bagi mereka.

Pendidikan Anak anak
Ini juga menjadi fokus perhatian kami selaku kedua orang tuanya. Anak anak sudah kami ajarkan dari sejak kecil untuk patuh dan menghormati ayah dan bundanya. Bukan menghormati Bapak dan Ibu? Nah nah ini dia yang ingin saya coba luruskan. Mungkin anda belum tau ternyata memang ada perbedaan penyebutan Ayah Bunda dan Bapak Ibu dalam terminologi anak anak kami. Kami memang menyerahkan pengasuhan kedua anak kami pada sebuah keluarga yang sudah juga kami anggap sebagai "orang tua" kami juga. Sebuah keluarga yang memiliki anak anak yang sudah pada besar, dan kami memberikan kepercayaan pengasuhan anak anak kepada mereka.


Abbie dan Tazkia. Foto Asep Haryono

Sejak Abbie berusia 4 (empat) minggu hingga usia sekarang yang sudah sekitar3,5 tahun. Abbie tumbuh besar diasuh oleh Bapak dan Ibu Muhyar. Oleh karena itulah doktrin yang kami tanamkan , sesuai kesepakatan kami dengan mereka, penyebutan Ayah dan Bunda biarlah untuk saya dan istri sebagai orang tua kandung. Sedangkan penyebutan istilah "Bapak dan Ibu" adalah milik Bapak dan Ibu Muhyar.

Jadi wajar jika Abbie ditanya sama gurunya siapa nama Bapak dan Ibunya, tentu Abbie akan menjawab Bapak dan Ibu Muhyar. Sedangkan jika ditanyakan siapa "Ayah dan Bunda" nya, tentu Abbie akan menjawab Asep Haryono dan Rudi Uut. Kami tersenyum senyum saja mendengar polosnya jawaban anak.

Kini Abbie sudah memasuki dunia Kelompok Bermain (KB) AL AZHAR yang terletak di bilangan Ahmad Yani kota Pontianak. Mungkin bisa menjadi perekat tali silaturahmi antara saya sekeluarga dengan Perguruan Islam Al Azhar Pontianak. Bundanya Abbie dulu mengajar di TK /KB Islam Al Azhar selama 2 (dua) tahun sekitar periode tahun 2008-2009 yang lalu. Dan mungkin masuknya Abbie di AL AZHAR mempunyai makna yang luas.

Bukan saja untuk kepentingan pendidikan anak anak untuk masa mendatang, tetapi juga sebagai perekat tali silaturahmi antar Bunda Abbie yang mantan Guru TK /KB Islam AlZhar dengan almamaternya. Kalaw dulu bunda Abbie mengajar anak anak di Al AZhar, sebagai guru dan pendidik. Kini bunda Abbie kembali ke Al Azhar sebagai wali murid. :) Kelak Abbie akan disusul oleh adik perempuannya, Tazkia, memasuki Al Azhar. Insya Allah.




No comments:

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog