Jual Milagros disini
Loading...

Menjaga Asupan Makan

Siapa sih di dunia ini yang tidak ingin hidupnya sehat dan bahagia?. Eit tunggu dulu ada dua kata yang saya tulis diawal tulisan saya pada hari ini. Dua kata itu adalah sehat dan bahagia. Sehat dalam bahasa Inggris disebut dengan health atau healthy (kesehatan) sedangkan bahagia diterjemahkan menjadi "joy", "Happy" atau "Happiness" yang berarti kata benda Kebahagiaan. Nah dua kata itu memang saling berkaitan antara satu dengan lainnya.

Anda bisa saja sehat tetapi tidak atau kurang bahagia dengan kesehatan anda sekarang, atau anda kurang atau tidak bahagia dengan keadaan yang lain. Begitupula dengan Bahagia. Anda Bahagia selalu walaupun secara fisik anda tidak atau kurang sehat. Salah satu unsur penting dalam menjaga kesehatan diri kita adalah menjaga asupan makanan dalam tubuh kita. Sudahkah anda disiplin dalam menjaga pola makan anda sekarang?

Saya memang bukan ahli Nutrisi, dan juga bukan ahli dalam urusan kesehatan. Apa yang saya tulis dalam tulisan ini hanyalah untuk mengingatkan pada diri saya sendiri untuk kembali disiplin dalam menjaga asupan makanan setiap hari. Saya ini mempunyai kebiasaan yang kurang baik menurut saya yakni suka ngemil kalaw malam hari, jarang makan sayuran berwarna hijau, dan doyan makan berat alias Karbohidrat di malam hari.

Nah bayangkan di malam hari makan berat Nasi (karbohidrat atau kemudian di singkat dengan karbo-red) sedangkan tidak ada aktifitas pembakaran energi malam hari. Ini kata orang loh. Makanya mungkin karena kebiasaan jelek itulah perut saya jadi buncit. Tidak "sikpek" seperti kata orang yang biasa nge-gym. Huaaaaaaaaa. Sedangkan yang namanya menjaga kesehatan asupan makanan berlaku buat siapa saja. Anda, saya, dan siapa saja yang ingin hidup sehat sebaiknya mulai kembali kepada "pakem" yang sudah diajarkan oleh guru guru SD kita. Yakni membiasakan diri makan makanan bergizi yang termasuk "4 sehat 5 Sempurna". Nah masih ingat bukan, Ahaaaaaaa ah jadi memori kembali ke masa kecil deh.

Kurangi Ngemil
Banyak yang dari kita sudah mengetahui apa yang disebut dengan kebiasaan "ngemil" itu. Nah dalam sebuah sumber menyebutkan bahwa kebiasaan ngemil atau menikmati kudapan adalah di saat melaksanakan aktifitas bersantai memang amat mengasyikan. Bayangkan saja, selain asyik menikmati sajian acara di TV swasta, duduk santai dan ditemani dengan cemilan atau kudapan. Ah santai cekalee.

Tapi ingatlah kalaw perhatian kita tetap tertuju pada acara di layar TV dan tidak menyadari sudah berapa banyak asupan cemilan masuk ke dalam perut anda. Nah nah banyak yang mengatakan bahwak ngemil sebenarnya tidak jelek jika dilakukan dengan hati hati, tetapi ngemil bisa berakibat buruk pada kesehatan. Setidaknya ukuran pinggang anda akan menjadi lebih lebar dari biasanya. Hahahahaa. Tentu akan berpengaruh buruk pada bentuk badan Anda.

Saat anda ingin ngemil di malam hari, nah segera sadarkan diri anda, Segera ganti camilan Anda yang berupa biskuit, coklat atau es krim yang mengandung lemak, itu dengan buah-buahan. Ngemil buah buahan selain segar, bernutrisi tinggi juga menyehatkan dan tidak akan membuat badan anda bertambah semakin berat. Saya sendiri kini sudah mencoba menjalankan kebiasaan untuk tidak lagi mengemil makanan olahan, seperti keripik kentang atau keripik singkong, gorengan dengan buah buahan seperti apel, atau buah persik eh salah buah pir. Alahmak jauh amat buah Pir dengan buahnya di Persik. Hussss jangan ngaco ya pikirannya jangan kemana mana Hihihihihi. Buah pir maksud ku. :P

Sebagian besar orang juga punya kebiasaan untuk meminum segelas air putih terlebih dahulu sebelum menyantap makan siang (lunch). Karena konon dengan minum segelas air putih dahulu maka perut anda sudah agak kenyang sehingga asupan karbo di siang hari menjadi agak berkurang. Kebiasaan makan siang banyak tentu tidak lepas dari kebiasaan makan pagi atau sarapan pagi.

Sudah banyak tulisan yang menyebut betapa sarapan pagi amat berguna untuk menunjang aktifitas utama di pagi dan mengurangi porsi gila gilaan makan siang anda. Namun aktifitas yang saya lakukan dalam 3 minggu terakhir ini belum saya liat. Mengganti makan karbo di malam hari dengan menggantinya dengan buah Apel atau Pir, sudah mengurangi berapa Kilo berat badan saya sekarang. I wanna know.

Disiplin Diri Dari Sekarang
Menjaga kesehatan sebaiknya PRIA dan WANITA. Semuanya wajib menjaga asupan gizi kita maing masing. Tidak aji mumpung, mentang mentang gretong (baca : gratis), makanan yang tersaji di meja main embat saja semuanya. Kapan lagi bisa makan enak dan kenyang selagi gratis, kan jarang jarang kan. No no no jangan begitu donk.

Walaupun gratis sekalipun, kita tetap harus fokus untuk tidak terlalu banyak memasukkan makanan terlalu banyak kedalam tubuh. Tidak baik berlebihan walaupun betapa lezat dan nikmatnya hidangan di atas meja makan anda. Ibarat wanita, nah makanan juga bisa sangat menggoda selera. Maaf agak ekstrim penyebutan analoginya. Saya tidak bermaksud menyebut kalaw wanita adalah penggoda loh.

Beberapa hal baik di bawah ini yang saya sendiri amat jarang lakukan sehubungan dengan menjaga kesehatan dan asupan makanan dalam tubuh yaitu :

  1. Jarang periksa Dokter
    Laki-laki lebih enggan ke dokter dibandingkan perempuan. Karena itu, kondisi penyakit yang dialami laki-laki saat terdeteksi seringkali lebih parah. Mulailah memeriksakan diri secara rutin, paling tidak 6 bulan sekali. Kondisi sehat bukan berarti Anda harus menjauh dari dokter. Sediakan waktu Anda bahkan hanya untuk sekedar berkonsultasi.

  2. Cek Kadar Kolesterol
    enyakit kardiovaskular, khususnya serangan jantung dan stroke merupakan penyebab kematian utama laki-laki. Dan kolesterol tinggi merupakan faktor penyebab utama yang bisa dicegah. Cobalah mengontrol kadar kolesterol Anda sejak dini. Asosiasi Jantung Amerika/American Heart Association menganjurkan agar Anda mulai memeriksa kolesterol sejak usia 20, kemudian diperiksa ulang setiap 5 tahun sekali. Jika sudah terdeteksi, maka kolesterol tinggi bisa diatasi, umumnya dengan diet dan olahraga.

  3. Ukur Tekanan Darah
    Jangan tunggu gejala hipertensi. Gangguan satu ini tidak akan menimbulkan gejala sebelum pembuluh darah Anda mengalami kerusakan. Mengapa harus diperhatikan? Hipertensi bisa memicu dan memperburuk berbagai gangguan kesehatan, mulai dari serangan jantung, stroke, disfungsi ereksi, hingga penyakit ginjal. Sebagian besar penyakit ini bisa dicegah, dan mengontrol tekanan darah merupakan langkah awal yang mudah untuk memulai.

  4. Kontrol berat Badan
    Obesitas dikaitkan dengan peningkatan kejadian diabetes, penyakit jantung, stroke, dan berbagai jenis kanker. Mulailah menurunkan berat badan Anda.'Perbanyak gerak, kurangi makan' merupakan mantra sederhana yang bisa membantu Anda. Tidak harus ke gym untuk memenuhi kebutuhan olahraga 30 menit sehari. Parkirlah mobil di tempat parkiran paling ujung, gunakan tangga, dan bawalah anjing kesayangan Anda berkeliling area di sekitar rumah. Bagaimana dengan diet? Untuk jangka pendek Anda bisa mencoba jenis diet mana pun. Tetapi, untuk mendapatkan efek jangka panjang Anda perlu melakukan perubahan gaya hidup permanen. Mulailah dengan melakukan perubahan kecil yang bisa terus Anda pertahankan.

Sedangkan konsumsi buah dan sayuran sudah sering saya lakukan dalam 3 (tiga Minggu) terakhir ini, dan saya sudah sangat ingin melihat hasilnya. Hahahahaha. Turun berapa kilo ya. Terakhir sih saya timbang badan bulan Januari 2011 lalu sudah ke digit 64 Kilo. DUh udah jaya nungguin hasil ujian aja nih berapa Kilo turunnya ya, Hahahahaha.

Menurut sebuah situs kesehatan pernah mengatakan bahwa kandungan antioksidan yang banyak dikandung buah dan sayuran bisa membantu anda dan saya mencegah berbagai penyakit seperti kanker, penyakit kardiovaskular, kepikunan, gangguan mata, serta gangguan kesehatan lain yang berkaitan dengan kerusakan sel.

Selain itu, kata orang sih semakin banyak buah dan sayur yang kita konsumsi, maka semakin sedikit lemak jenuh dan kalori total yang Anda konsumsi. Seiring waktu, diet rendah lemak jenuh ini akan membantu Anda mencapai berat badan sehat, memperbaiki kolesterol dan kesehatan tubuh secara umum. Wah sungguh suatu informasi dari referensi kesehatan yang yahud dan top markotop

Yuk dari sekarang kita jaga asupan makanan diri kita

No comments:

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog