Jual Milagros disini
Loading...

Sibuk

Tag : Opini - Asep Haryono | Sibuk - Powered by Blogger
Dear Blog

Setiap orang tentu mempunyai beragam aktifitas yang bisa saja seabrek untuk dikerjakan setiap hari. Begitupula dengan diri saya. Kesibukan bekerja di salah satu perusahaan media cetak di Kalimantan Barat juga menyita sebagian besar waktu saya sehari hari.

Belum lagi dengan segudang aktifitas lainnya dalam kesehariannya yakni mengurus keluarga, dan juga pekerjaan kecil lainnya di luar rumah dan kantor. Kesibukan lain yang tidak kalah intensifnya adalah antar jemput istri tercinta ke lokasi tugas mengajar di Kubu walaupun cuma sebatas hanya sampai di kota Rasau saja , namun tidak urung juga memerlukan konsentrasi dan waktu tersendiri

Namun demikian kesibukan setiap hari itu juga kadang membuatku menjadi lebih terpacu lagi untuk bisa sedapat mungkin membagi waktu dengan sebaik baiknya. Jika kita berbicara mengenai waktu tentu tidak akan ada habis habisnya. Sungguh benar benar dituntut kemampuan kita untuk bisa mengatur waktu dengan sebaik baiknya, dan bukan waktu yang mengatur kesibukan kita. Tetapi sebaiknya kitalah yang menjadi "manager" sang waktu, dan kita membagi bagi sang waktu dengan baik agar waktu yang dipakai menjadi sangat bermanfaat dan berguna. Waktu akan selalu bergulir dan tidak akan terulang.

Dalam hal lain dari sisi sang waktu, adalah bahwa kita dituntut untuk bisa berbuat bijak untuk mengisi hari hari kita menjadi lebih bermakna dan bermanfaat baik bagi diri sendiri maupun bagi orang lain dan itulah waktu. Kita sebaiknya berpikir strategis dan taktis dalam mengisi kesibukan keseharian kita untuk berpacu dengan sang waktu. Hal yang sederhana saja misalnya kesibukan kita dalam 1 hari tentu sudah bisa kita perkirakan tentunya. Mulai dari aktifitas bangun di pagi hari, siang hari lalu dilanjutkan dengan makan siang dan sholat (bagi yang Muslim seperti saya misalnya-red) dan kemudian pulang ke rumah.

Sesampai di rumah pun akfitias juga tidak terhenti dan akan terus berjalan. Mulai saat menginjakkan kaki di rumah (baik rumah sendiri maupun rumah yang masih kontrak kaya saya-red) maka aktifitas pun berputar bagi roda pedati. Sebut saja mulai dari mandi sore, lalu pergi ke Masjid untuk mendirikan sholat Magrib hingga kembali ke rumah, dilanjutkan memasuki waktu Isya dan seterusnya. Bagi yang suka membaca buku, menulis diary, atau bermain komputer di rumah juga bisa dikatakan sebagai aktifitas rutin seperti biasanya. Nah sederet aktifitas seperti itulah yang kita lakonin setiap hari.

Pertanyaan mendasar bagi kita semua adalah apakah waktu yang berputar setiap hari selama 24 jam itu memberikan manfaat bagi diri kita? Apakah kegiatan sehari selama 24 jam juga bermanfaat untuk orang lain? Apakah kita selalu sibuk memikirkan diri sendiri hingga melupakan kepentingan orang lain? Nah masih banyak pertanyaan pertanyaan lain yang menyentil rasa keadilan diri kita untuk bisa menjawab itu semua. Marilah kita manfaatkan waktu sebaik mungkin agar kelak tidak menyesal dikemudian hari.

Marilah kita manfaatkan sang waktu sebaik mungkin


No comments:

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog