Jual Milagros disini
Loading...

Mimpi Adalah Bunga Dalam Tidur

Dear Blog

Kata orang mimpi adalah bunganya tidur. Dan setiap orang konon memiliki mimpi yang berbeda beda antara satu orang dengan yang lainnya. Ada berbagai macam mimpi yang dialami oleh setiap orang. Ada yang bermimpi ketemu duit banyak, mimpi ketemu mantan pacar, mimpi menang lotere (hehehe), mimpi ketemu bintang Idola, sampai pada mimpi bertemu dengan baginda Rasullullah SAW.

Ini memang pernah ditulis dalam laporan di berbagai media tentang orang yang bermimpi didatangi oleh Rasullullah SAW. Wallahu'alam bisawab. Namun yang menjadi perhatian kita bersama sekarang ini bahwa bisakah mimpi itu diciptakan sendiri oleh diri kita? Bagaimana cara kita agar tidak mengalami mimpi buruk?. Dan bisakah mimpi itu mempengaruhi pola pikir dan sikap seseorang dikeesokan harinya?

Bisakah Mimpi Diciptakan?
Sebuah penelitian dilakukan Robert Stickgold di Harvard Medical School yang hasilnya diterbitkan di Majalah Science (13 Oktober 2000), dimana dia berhasil menciptakan mimpi yang sama pada 17 responden. Responden diberikan tugas selama 3 hari bermain tetris, 2 jam di pagi hari dan 1 jam di malam hari untuk hari pertama, sementara dua hari selanjutnya cukup 1 jam di pagi hari dan 1 jam di malam hari. Alhasil, 17 responden bermimpi tentang potongan-potongan tetris.

Dari hasil penelitian yang dilakukan Stickgold tersebut terbukti, bahwa mimpi bisa diciptakan. Menciptakan mimpi sebenarnya sama dengan membentuk motivasi. Sebelum tidur, Anda bisa memikirkan suatu hal dan bisa jadi pikiran tersebut terbawa ke alam bawah sadar, yaitu dunia mimpi. Karena itu, kadang kecemasan yang berlebihan terhadap sesuatu akan membuat Anda mengalami mimpi buruk, namun apabila Anda memikirkan sesuatu yang baik dan positif bisa jadi Anda akan memperoleh mimpi indah.

Terkadang beberapa orang menganggap mimpi hanyalah bunga tidur. Sehingga kebanyakan orang tidak ingat akan mimpi yang dialami, bahkan beberapa orang tidak mengaitkan kehidupan nyata dengan mimpi. Bunga tidur hanyalah sebatas mimpi yang tidak memiliki makna. Padahal dalam ilmu psikologi, mimpi berkaitan dengan kesehatan psikis. Mimpi buruk bisa bermakna gangguan pada pikiran, kecemasan, depresi atau ketakutan yang berlebihan pada sebuah masalah yang dihadapi. Mimpi merupakan signal yang menandakan pikiran Anda sedang diliputi tekanan.

Tapi, menciptakan mimpi indah merupakan tindakan yang baik secara psikologis. Memberikan signal-signal motivasi positif pada pikiran sebelum tidur akan menanamkan kekuatan tekad di alam bawah sadar Anda. Dan kemungkinan besar, tekad yang telah tertanam kuat akan bisa diwujudkan. Misalnya, motivasi yang kuat untuk belajar atau kuliah di luar negeri, apabila motivasi tersebut terus ditanamkan di dalam diri bahkan dikhayalkan sebelum tidur, lambat laun tekad itu akan sekeras baja. Dan banyak orang-orang berhasil awalnya karena rajin menciptakan mimpi untuk dirinya sendiri.

Fenomena Mimpi Basah
Remaja merupakan masa peralihan dari anak-anak menjadi dewasa. Masa remaja ditandai dengan perubahan bentuk tubuh dan psikisnya. Mimpi basah sering menjadi tanda bahwa seseorang telah mencapai masa ini. Namun, hal ini bukan satu-satunya tanda bahwa seorang remaja laki-laki mencapai kematangan seksualitasnya. Karena kebanyakan remaja yang mengalami mimpi ini pada saat dia sudah mengalami tanda-tanda dewasa lainnya. Misalnya perubahan suara, perubahan bentuk tubuh, adanya rambut di kemaluan dan keluarnya sperma secara tiba-tiba.

Mimpi basah merupakan kejadian normal yang dialami setiap remaja laki-laki. Sehingga tidak berbahaya bagi remaja. Mimpi basah adalah tanda bahwa kemampuan alat seksualitas pria telah matang. Pada usia remaja, alat reproduksi akan menghasilkan sperma terus menerus. Ada yang diserap kembali oleh tubuh dan ada juga yang dikeluarkan oleh kemaluan laki-laki. Biasanya yang dikeluarkan ini disertai dengan fantasi seksual dan pada akhirnya terjadilah mimpi basah. Mimpi ini terjadi selama satu kali dalam sebulan atau dua bulan. Jarang ada yang lebih dari itu dan akan berkurang secara bertahap sesuai dengan usia seseorang. Ketika seseorang sudah menikah, maka mimpi ini akan berkurang bahkan tidak akan terjadi karena sudah ada penyalurannya melalui hubungan suami istri.

Selain pada laki-laki, ternyata mimpi basah juga terjadi pada perempuan. Hal ini terjadi ketika perempuan mencapai orgasme pada saat tidur. Ditandai dengan celana yang basah pada saat bangun tidur. Orgasme merupakan kepuasaan saat melakukan hubungan seksual. Bagi remaja yang belum menikah biasanya melakukan masturbasi yaitu usaha untuk mendapatkan orgasme dengan meraba-raba tubuhnya sendiri. Kegiatan ini dapat memunculkan fantasi seksual yang pada akhirnya menimbulkan mimpi porno.

Selain itu, ada faktor lain yang menyebabkan mimpi basah yaitu makanan dan aktivitas. Semakin bergizi makanan seseorang dan aktivitasnya kurang maka mimpi ini akan sering terjadi. Namun, ketika makanannya kurang bergizi dan aktivitasnya padat maka mimpi ini akan jarang terjadi. Jadi, kita dapat mengurangi mimpi ini dengan menjaga fantasi seksual, makanan dan aktivitas.


Kesimpulan
Semua orang pernah bermimpi, baik mimpi indah ataupun mimpi buruk. Menurut ilmu psikologi, mimpi adalah suatu bentuk penekanan dari sebuah keinginan atau masalah yang dialami. Biasanya mimpi buruk berupa cerita panjang dimana terdapat suatu ancaman akan adanya bahaya fisik seperti dikejar, diserang atau bahkan dilukai. Orang yang bermimpi buruk biasanya akan ingat mengenai mimpinya saat dia bangun tidur.

Mimpi ini biasanya muncul saat larut malam atau menjelang subuh, dimana kita sedang tidur nyenyak. Mimpi buruk sering dihubungkan dengan pengalaman yang membuat seseorang menjadi trauma dan umumnya terjadi ketika sedang stres. Biasanya orang yang sudah bermimpi buruk, menjadi sulit untuk tidur nyenyak lagi dan akibatnya aktivitas di pagi hari menjadi terganggu.

Apakah Anda mengalami hal ini? Jika ya, berikut 4 tips agar tidak bermimpi buruk:

  1. Berdoa dulu sebelum tidur. Sebelum melakukan aktivitas kita selalu berdoa. Begitu juga sebelum tidur. Secara spiritual dan psikologis, doa dapat membuat tenang dan bila sudah tenang maka mimpi indah dapat Anda peroleh.
  2. Bersihkan diri sebelum tidur. Cuci muka, tangan dan kaki serta menggosok gigi dapat Anda lakukan sebelum tidur. Karena dalam keadaan yang bersih, Anda akan merasa fresh dan tenang sehingga tidur pun menjadi nyenyak.
  3. Lakukan relaksasi sebelum tidur. Relaksasi ini dapat Anda lakukan di tempat tidur dengan cara mendengarkan alunan musik yang lembut sambil membayangkan Anda sedang berada di tempat yang indah dan nyaman. Dengan bantuan musik dan imajinasi mengenai tempat indah akan membuat otak menjadi santai dan secara otomatis tubuh juga akan menjadi santai.
  4. Selesaikan masalah sebelum tidur. Masalah yang terjadi memang kadang membuat stres. Maka, selesaikanlah masalah sebelum waktu tidur tiba. Jika memang masalah itu belum dapat diselesaikan, cobalah untuk melupakan masalah itu sejenak dan jangan dibawa saat akan tidur karena hal ini akan mengganggu tidur. Anda dapat melakukan relaksasi seperti poin 2.

Selamat mencoba tips sederhana ini.


No comments:

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog