Jual Milagros disini
Loading...

Menikmati Gulai Ikan di Mak Etek

Halo semua. Forumers Yang Berbahagia

Siapa sih di sini yang tidak suka sama yang namanya makanan?. Wah wah saya rasa jawabannya tidak ada ya. Walaupun anda tidak gemar makan, tetapi makan adalah satu aktifitas yang hukumnya "wajib" bagi tubuh kita. Karena dengan asupan makanan yang sehat dan bergizi itulah maka tubuh kita berkembang.

Apa lagi bagi mereka yang masih dalam tahap pertumbuhan, maka asupan makanan bergizi tinggi dan sehat sangat dianjurkan. Nah ngomong ngomong soal makanan dalam tulisan ringan saya kali ini adalah menyoroti makanan atau wisata kuliner yang ada di Pontianak. Sebut saja salah satu menu fave saya adalah ikan bakar atau gulai ikan. Salah satu spot tempat wisata kuliner yang layak kamu singgahi adalah Gulai Ikan Warung Mak Etek yang terletak di bilangan pasar tengah.

Pedas Dan Sedap
Saat itu ketika lepas zhuhur, saya diajak untuk makan siang oleh rekan saya yang berprofesi sebagai salah satu dosen senior di Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura Pontianak. Dia bilang ingin mengajak saya makan siang di warung Mak Etek yang saat itu baru ku kenal. Lokasinya di Pasar Parit Besar (masuk dari perempatan BII Jl. Tanjungpura Pontianak). Setelah masuk belok kanan. Kalau ada tempat parkir yg ramai .... ya disitu tempatnya. Tempat membakar ikan diluar.

Maka bergebas setelah kami memarkir motor (kami boncengan berdua-red) di pelataran parkir warung Mak Etek di Pasar Tengah, kami pun langsung mencari seat yang masih kosong. Walah hari itu (mungkin sudah saatnya jam makan siang-red) penuh sesak ruangannya. Aroma berbagai makanan, hidangan, ikan bakar, dan juga bumbu bumbu menyengat di ruangan itu. Menambah perut ini berbunyi untuk segera makan hahahaa.

Saya pun duduk di sudut kanan di bagian terdalam. Kebetulan aja saya sempet menenteng 1 paker susu Anlene yang saya peroleh dari kantor dengan gratis, Hehehe. Jarang jarang kan orang makan siang tapi minumnya pake susu. Saya pun ikut saja dipesankan makanan oleh rekan saya itu, dan menu yang kami makan saat itu sama. Gulai Ikan. Ahaaaa... Dan tidak begitu lama menunggu, maka hidangan yang kami pesan berdua itu pun akhirnya "landing" di meja kami berdua. Hidangan 2 porsi Gulai Ikan dilengkapi dengan sambal dan nasi putih yang mengepul panas mengeluarkan aroma sedap bukan main. Tidak sabar rasanya saya ingin segera menikmati Gulai Ikan Mak Etek yang kata orang sangat nikmat dan puedes itu. Benarkah?

Ya memang benar apa yang dikatakan orang. Gulai Ikan Mak Etek di Pasar Tengah ini pedasnya asyik, enak, dan sangat terasa bumbunya. Pedes dan terasa di ujung lidah saya. Ikannya memang tidak begitu besar karena saya mesannya juga ukuran 1 orang saja, Dan mungkin juga 1 porsi gulai Ikan Mak Etek ini sudah ditentukan dari penjualnya. Lain dengan Gulai Ikan yang sering saya santap di warung Moro Seneng (Jalan Ahmad Yani-red) dan juga Sugeng Rawu (Depan Kampus Untan Pontianak-red). Gulai Ikan Mak Etek ini pedasnya sungguh istimewa, dan terasa beda dengan pedas karena cabe yang kental terasa di warung makan yang saya sebut terarkhir itu, Moro Seneng dan Sugeng Rawu.

Ketagihan
Setelah habis 1 porsi Gulai Ikan Mak Etek, saya pun segera menutupnya dengan minum segelas es teh yang segar. Suasana makan siang yang sangat menyenangkan hari itu semakin lengkap dengan hadiah 1 porsi lagi Gulai Ikan yang bisa saya bawa pulang untuk disantap di rumah. Alhamdulillah rezeki makan siang saya dengan Gulai Ikan Mak Etek di Pasar Tengah juga saya publikasikan ke seluruh dunia melalui akun facebook saya. Foto foto gulai ikan Mak Etek yang sangat menggugah mata kita untuk mencobanya saya pampangkan di akun facebook saya itu. Berbagai komentar dari rekan FB sahut menyahut di galeri foto saya itu. Wah seru katanya.

Warung Mak Etek. Foto Asep Haryono

Kalaw kita baca sebutan "Mak Etek" ini erat kaitannya dengan Padang (Sumatera Barat). Ya sudah tentu karena sebutan Mak Etek adalah sebutan untuk wanita yang sudah pada level orang tua yang sangat dihormati bagi kalangan masyarakat Sumatera Barat. Enak dan maknyus (seperti kata pak Bondan-red) banged deh menu gulai ikan Mak Etek ini. Bahkan beberapa rekan bloger saya juga banyak menggandrungi hidangan menu Ikan di warung mak Etek ini, diantaranya adalah mas Eddy Setiawan, yang pengusaha dan pakar google adsense ini juga amat menggandrungi menu ikan Mak Etek.

Mas Eddy memang paling demen dengan Ikan bakar. Tempat favorite Mas Eddy ini banyak namun yang juga dia sangat sukai adalah Ikan bakar Mak Etek. Kata Mas Eddy banyak menu di sana. Menu yg tersedia : ikan tenggiri bakar, ikan bawal bakar, ikan kakap bakar, kepala kakap/tenggiri/bawal. Harga rata2 sekitar 15 rebu perporsi. Bisa juga disajikan dengan hidang ala prasmanan Menu lain, seperti masakan padang umumnya : ayam bakar, telok, sambel ijo, dan ada juga petai (ini juga fav dia-red) Rasanya : wuih..... nendang banget, bumbu nya berasa gitu loh ! rempahnya berasa dan santannya begitu kental dan uenakk banget. "Silahkan nyoba... recomendasi saya semoga satu selera dengan anda" katas Mas Eddy di blognya

Nah anda mau mencoba icip icip Gulai Ikan Mak Etek?
Silahkan datang di Kawasan Menara, Pasar Tengah.
Its yummy. Trust me

No comments:

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog