Jual Milagros disini
Loading...

Selamat Bertarung Ujian CPNS Ya


Dear Blog,

Jika tidak ada halangan berarti, rencananya hari ini Sabtu, 4 Desember 2010 menjadi hari yang bersejarah bagi pemuda dan pemudi di seluruh Kalimantan Barat. Mengapa bersejarah? Ya karena hari ini direncanakan mereka semua akan bertarung di kursi panas Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Jumlah kursi CPNS yang disediakan menurut sebuah sumber terpercaya menyebut angka dikisaran 334 (Tiga Ratus Tiga Puluh Empat-red) kursis CPNS yang menyebar di berbagai formasi jabatan. Mulai dari Pranata komputer, Pengawas Mutu Pakan, Psikologi Kimia, Fisioterapis, Dokter Umum, Medik Veteriner, Surveyor Pemetaan, Penyuluh sosial, Inspektur Tambang, serta Ekonomi manajemen. Yang disebut terakhir merupakan formasi yang ramai peminatnya.

Jumlah pelamar yang ikut tes CPNS hari menurut sebuah sumber menyebut angka dikisaran 5.650 orang pelamar. Dari sekian banyak itu memang banyak yang diperlukan kualifikasi pendidikan yang harus ada kesesuaian dengan formasi yang akan dilamarnya. Kebanyakan memang dari jalur Strata 1 atau setingkat Sarjana. Nah mengapa menjadi CPNS masih menjadi incaran setiap orang hingga saat ini.

Seorang blogger yang bernama Cak Arief menyebut secara jenaka mengapa orang masih berburu untuk bisa diterima menjadi Pegawai Negeri Sipil. Dalam blognya dia menyebutkan bahwa Mengapa banyak orang ingin jadi PNS? Dia menceritakan kalaw dulu dia masih belum ngerti dengan pasti jawaban dari pertanyaan itu. Makanya dia tidak begitu antusias dengan ke-PNS-an. Apalagi PNS itu kesannya kan pemalas, koruptor, dkk. Tapi sekarang, saat status dia sudah PNS, dia sadar dan baru merasakan enaknya jadi PNS. Apalagi PNS sebagai dosen, malah enak kuadrat… bahkan bisa pangkat tiga… :D Pantesan banyak orang antri dan sogok-sogokan untuk bisa jadi CPNS kata Cak Arif. Hahahaha. Bener bener bener

Cak Arief menyebutkan bahwa enaknya yang pertama ialah datang-pulang nya boleh kapanpun, dan gak perlu kawatir malu serta dimarahi BOS. Meskipun ada daftar absensi, tapi tidak akan ada punishment bagi yang jarang masuk. Daftar absensi hanyalah “macan kertas” saja. Kalopun masuk setiap hari (kayak dia gitu hehehe), paling kerjaannya cuman ngenet, ngeblog, dan chatting. Jika ada kerjaan tambahan (misal ngajar dan proyek) maka pasti ada “amis-amis” tambahan di luar gaji pokok. Jadi intinya, asal hidup saja tetap dibayar sama pemerintah, rutin tiap bulan lagi :). Hahhaaha Bener lagi Cak. Lanjut gan...

Lalu Cak Arief juga menyebut enaknya jadi PNS yang kedua ialah sering dapat cuti bersama kalo tanggalannya pas hari besar di hari kamis. Misalnya untuk kamis besok, gak tau peringatan apa itu, PNS (baca: seperti Cak Arief tentunya) akan libur mulai kamis, jum’at, dan sabtu. Baru masuk ke kampus hari Senin, itupun masih boleh gak masuk :) Bandingkan sama yang jadi JOKO, JONO, dan JONI, mereka harus masuk kerja mulai jam 7 pagi sampai jam 4 sore, mulai senin sampai sabtu, dan tidak ada cuti bersama. Kasian mereka ya Cak Arief? hahahhaa

Cak Arief juga menyebutkan bahwa enaknya jadi PNS yang ketiga ialah dapat “nyekolahkan” SK PNS nya. hehehe… ini kayaknya asyik banget deh. Saya gak perlu punya sertifikat rumah atau BPKB kendaraan untuk bisa dapat pinjaman dari BANK. Dia hanya cukup njadikan SK PNS sebagai agunan supaya dapat pinjaman dari BANK, dan prosesnya simple lagi . Nah nah ini benar karena saya sendiri sudah membuktikannya hehehhee. Top Markotopsss.

Sebagai gambaran aja ya untuk SK yang masih setingkat Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Bank tertentu nlianya bisa mencapai antara 60 s/d 70 Juta Rupiah. Bayangkan. Itu baru SK setingkat CPNS saja sudah segitu, apalagi kalaw SK anda sudah SK Pegawai Negeri Penuh, nilainya bisa mencapai 90 an juta rupiah lebih. Anda bisa membeli rumah cash untuk tipe 45 nah nah amat menggiurkan bukan?

Lalu Cak Arief juga menyebutkan enaknya jadi PNS yang keempat, yakni kemungkinan dipecat sangat-sangat minim, bahkan bisa dibilang impossible. Kerjanya pun santai-santai aja, gak perlu terlalu semangat sampai lembur-lembur… Toh tidak ada pengukuran kinerja kan?? Evaluasi adalah hal yang tabu dilakukan di kalangan ke-PNS-an. Kenapa? karena siapa yang dievaluasi dan siapa yang mengevaluasi nyaris tidak bisa dibedakan… :D Asalkan pintar menempatkan diri, pasti aman sampai pensiun. Hahahah Bener bener Cak. Mantaf gan. "Pokonya jadi PNS itu enak banget deh…. Makanya ayo buruan daftarkan diri Anda di dealer-dealer PNS terdekat" kata Cak Arief menutup tulisan di blognya hahahaa. Mantappss Gan hahahahhaa.

PNS Tetap Menjadi Impian
Menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) tentulah menjadi dambaan dan impian setiap warga negara Indonesia. Adalah suatu kebanggan dan prestise tersendiri jika anda bisa meraih 1 tiket sebagai abdi negara, pelayan negara dan juga aparatur negara yang disebut dengan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Begitu juga apa yang dialami istri tercinta di rumah yang Alhamdulillah berhasil lulus dalam Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Sungguh suatu karunia dan limpahan rezeki dari ALLAH SWT yang senantiasa harus kita syukuri. Ini semua kehendak ALLAH SWT dan karena izin dari ALLAH SWT, istri tercinta bisa lulus dan diterima menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2008 yang lalu. Kini sang Istri tercinta sudah menyelesaikan Pra Jabatannya Sekarang sang istri kini sudah menempuh Pendidikan dan Latihan (DIKLAT) PraJabatan Gollongan III Umum Angkatan IX Propinsi Kalimantan Barat yang berlangsung dari tanggal 15 Juli /sd 1 Agustus 2010 lalu, dan kini sudah menyandang sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) secara penuh.

Kalaw melihat dari perjuangan sang istri dalam menempuh seleksi CPNS Tahun 2008 lalu saya merasa sudah sewajarnya jerih payah tersebut dibayar dengan kesuksesan dirinya menempuh seleksi CPNS yang diikuti oleh ribuan peserta se Kabupaten Kubu Raya itu. Betapa tidak siang malam sang istri belajar soal soal CPNS tahun lalu , berlatih menjawab soal dan memecahkan soal soal logika dan juga pengetahuan. Dia juga rajin browsing internet mencari kumpulan soal soal CPNS tahun lalu dan berusaha mencari jawabannya dengan bertukar informasi kepada rekan rekan seniornya. Sungguh suatu usaha kerja keras yang memerlukan kesabaran dan ketekunan yang lumayan keras.

Disaat orang lain harus menempuh ujian CPNS sampai berkali kali, dan selalu gagal, tetapi atas Izin dari ALLAH SWT, istri tercinta bisa langsung lulus CPNS murni hanya dengan 1 kali tes saja. Alhamdulillah. Ini semua karena izin dari ALLAH SWT sekali lagi saya tekankan. Manusia hanya berjuang dan berusaha saja, dan ALLAH SWT yang menentukan. Terima Kasih ya ALlah SWT. Thank You..

Menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan selalu menjadi tujuan dari para pemuda pemudi di seluruh Indonesia termasuk juga untuk pemuda pemudi di seluruh propinsi Kalimantan Barat. Di saat bangsa Indonesia sudah sanagt sulit menyediakan lapangan pekerjaan, dan begitu ketatnya persaingan dunia kerja ditambah situasi ekonomi kita yang semakin sulit, menjadi PNS tentulah menjadi impian primadona setiap orang. Nah jangan melihat "manfaat" dan "enaknya" jadi PNS seperti yang disebutkan di atas, nah tugas anda semua hari ini adalah berjuanglah dengan jujur dan ikhlas mengisi soal demi soal yang akan diujikan pada hari ini. Jika memang sudah rezeki, satu kursi CPNS akan menjadi milik anda dan tidak akan lari kemana.

Selamat Ujian. Good Luck

No comments:

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog