Jual Milagros disini
Loading...

Saya Suka Bubur Ayam

Bubur Ayam Pasar Flamboyan. Seporsi seharga 6 ribu rupiah. Murah Meriah dan saya suka sekali bubur Ayam. Foto Asep Haryono

Dear Blog,

Hahaha edisi kali ini yuk saya mau cerita yang ringan ringan aja. Kertas kalee ringan. Hehehe nggak nggak, ya cuma hari ini saya mau rileks aja ngebloG dengan tema seputar makanan alias kuliner. Bukan Kuliner LebaY seperti yang ada di televisi Swasta itu loh yang menurut saya memang tayangan aseli dibuat buat alias LebAy. Nah nah untuk tulisan saya kali ini adalah menikmati BubuR Ayam. Nah siapa sih diantara kalian yang tidak tau atau tidak pernah icip icip Bubur Ayam?. Jajanan pasar yang satu ini memang khas di lidah kita orang Indonesia, dan harganya pun bener bener sangat terjangkau oleh setiap orang.

Seperti dalam tulisan blog saya sebelumnya. Lagi lagi (tulisan) ini tidak bermaksud merupakan "tandingan" atau menyindir mereka mereka yang gemar masakan Barat seperti Miza (Makan Piza-red), NgefCi (makan KFC-red) itu loh. Bener nda ada maksud seperti itu. Seperti yang sudah saya tulis sebelumnya ini semata mata persoalan selera. Selera setiap orang berbeda beda antara satu orang ke orang lainnya. Dan yang namanya Selera tidak dapat diperdebatkan. So eh jadi jangan memperdebatkan soal selera ya hehehee.

Nah nah siapa yang nda kenal Bubur Ayam? Tentu banyak yang sudah tau donk. Namanya Bubur Ayam banyak dijumpai di kota Pontianak. Ada banyak tempat nongkrong atau tempat mangkalnya orang yang menjual Bubur Ayam. Sebut saja di bilangan Gajah Mada yang memang sentranya jajanan pasar rakyat. Mengapa disebut sentra jajanan rakyat? Ya karena letak Pasar Rakyat, Pasar tradisional, Pasar Flamboyan dan Gajah Mada memang terletak di kawasan Gajah Mada Pontianak ini.

Hampir semua jenis jajanan pasar ada dijual di Pasar Flamboyan ini. Sebut saja aneka ragam kue kue Basah, Kue Kering, Kue Manis, Kue Bingke , Roti Cane, Sate Ayam Lontong, Gado Gado, Pecel Lele, BKI (Bubur Kacang Ijo), Bubur Ayam, serta masih beragam jenis lainnya yang masih bertemakan jajanan pasar yang amat menggugah cita rasa kita. Dan soal harga jangan kuatir , harga harga Jajanan Pasar di yang djual di pasar Flamboyan ini tidak akan menguras kantong anda. Lain halnya jika anda memang bokek alias nda punya duit, barulah anda bisa bilang harganya mahal bahkan untuk kue seharga 1000 rupiah sekalipun. Hahahha. La iyalah kalaw anda bokek, mana bisa beli hehehe.

Kembali ke soal Bubur Ayam. Memang tidak harus selalu bubur Ayam kok. Ada banyak bubur bubur yang ada di jual di Indonesia. Sebut saja Bubur Ikan, Bubur Menado , Bubur Kacang Ijo, Bubur Merah Bubur Putih, serta berbagai jenis Bubur bubur lainnya. Apa sih Bubur itu sebenarnya. Membuat bubur ayam sangatlah mudah. Dan cara penyajiannya juga mudah. Seperti dikutip dari Wikipedia disebutkan bahwa bubur ayam disajikan dengan potongan daging ayam, lalu diberi kerupuk di atasnya. Kecap menjadi penambah citarasa yang tak bisa dipisahkan dari makanan ini. Ada orang yang menambahkan cakue sebagai pelengkap selain ayam, dan menjadi salah satu pilihan jenis bubur ayam yang banyak digemari.

Namun sepanjang "karir" saya makan cakue di kota Pontianak, tidak pernah saya mendapatkan tukang Bubur Ayam yang mencampurkan Cakue di hidangan bubur yang dijualnya. Sepanjang yang saya tau bubur Ayam di Pontianak tidak ada yang memakai Cakue. Selain daripada kerupuk dan emping, penggunaan cakue masih jarang saya temui. Kasih tau ya kalaw kalian menemukan penjual Bubur Ayam yang pake Cakue. Penganan Cakue dijual terpisah di pasar Flamboyan, dan harga satuan Cakue juga sangat murah. Enak banged cakue jika dicampurkan dengan Bubur Ayam. Namun karena bentuk Cakue yang memanjang biasanya Cakue itu dipotong kecil kecil dahulu baru dicampurkan dengan bubur ayam anda.

Anda suka bubur Ayam? Yuk Mareee

No comments:

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog