Jual Milagros disini
Loading...

Kronologis Aku Ikut YES2009 Kuala Lumpur


Dear Para Pembaca Blog setiaku
Di mana saja
Sebangsa setanah Air Indonesia
hehehee

Seperti yang sudah aku janjikan pada tulisan blog saya yang kemarin (Sabtu,14 Agustus 2010) yang berisi dan berjudul "Pengalaman Jadi Peserta YEs2009" maka akan aku lanjutkan cerita bagaimana sih kok bisa ikutan acara ajaib kaya ginian? Hahaha. Aku bilang "ajaib" karena info info kegiatan semacam YES2009, AIDS Austria, dan lain lain itu didapat dari forum milis milis tertentu, antar email, dan kepada siapa saja yang rajin browsing cari kesempatan Jalan Jalan Ke Luar Negeri. Info semcam ini memang tidak dipublish untuk umum hehehhe. Makanya aku sebut ajaib :)


Tidak Ada Yang Percaya
Bermula ada sebuah email dari teman saya dari Philipphina, John Marlone Badillo, yang masuk ke dalam inbox FB saya pada tanggal 28 Oktober 2009 jam 19.18 WIB. Dia mengabarkan ada kontest di internet yang berhadiah gratis 500 FREE Tiket ke KL (termasuk hotel, akomodasi, Pass conference,dll senilai masing masing $.2500 per orang) sekaligus mengikuti acara Pertemuan Pemuda Se Asia Tenggara (South East Asian Youth Summit) di Putra Jaya Convention Centre KL.

Pada awalnya saya tidak percaya hari gene ada yang kasih FREE kaya gitu. AH masa sih?. Bener. Awalnya nda percaya. Beneran deh. Tapi rekan saya John ini kredibell. Saya kenal John M Badillo cukup baik karena sama sama 'alumni' International Youth Conference (IYC) 2009 yang berlangsung AKhir Oktober lalu di Banten. Tidak mungkin dia bohong.

Kemudian saya klik URL yang dia sarankan itu. Saya pelajari websitenya URL itu. Dan ternyata untuk mendapatkan tiket Gratis itu harus melalui serangkaian kontest Online yang diselenggarakan oleh mereka. Saya ikuti saja semua persyaratannya. Mulai dari mengisi kuesioner mereka, Upload Design Grafis Art , Kontest Twiter, Serta Kontest Poto Tag di Facebook, semuanya berhasil saya ikuti. Juga ada serangkaian test lainnya yakni diskusi di ruang online, serta mengirim video pertanyaan kepada Panitia Lomba melalui YouTube. Semua juga sudah saya lewati.

Saya tidak mau kalaw misalnya lolos seleksi saya sendiri yang menikmati, oleh karena itu saya undang teman teman kantor saya, serta teman lainnya yang saya "INVITE" melalui email saya ( aharyono@hotmail.com This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it ) , serta saya INVITE temen temen di Facebook Wallnya dan menyarankan mereka untuk ikut lomba atau kontest itu. Ntah kenapa tidak banyak yang merespon "INVITE" saya itu. Tidak tertarik. Ya sudah. Setidaknya saya sudah memberi kabar kepada mereka.

Melalui kesempatan catatan NOTE saya ini juga saya mengucapkan terima kasih kepada Kessusanto Liusvia (Kekes) serta Desi (Chika Neizh) yang sudah membantu saya, meminjamkan kamera digitalnya untuk dipakei untuk merekam pertanyaan saya untuk seterusnya dikirim kepada Panitia SEAChange di KL. Pengiriman Video YoutUbe ini merupakan salah satu bahan penilaian dewan Juri. Pertanyaan dalam Bahasa Inggris berdurasi 1 menit, dan boleh mnegirim sebanyaknya. Saya hanya mengirim 5 buah pertanyaan dalam video. Masing masing berdurasi 1 menit.

Saya LULUS dan DITERIMA dalam kontest ini, berarti ini adalah pengalaman berkunjung saya ke LUAR NEGERI untuk yang PERTAMA KALI nya dalam sejarah hidup saya. Saya bangga karena dari proses pencarian informasi di internet, proses penyeleksian , pontang panting saya kesana kemari. Dengan segala kemampuan yang ada pada diri sendiri. Sampai saya kena pilek karena kecapean kalee ya. Pokoknya semuanya murni jerih payah sendiri. Tidak dibayarin orang, tidak ditawari ke LN oleh orang. Semuanya ini murni karena penilaian dewan JURI SEAChange 2009.

Banyak orang meremehkan saya. Halah si Asep mana mungkin ke LN. Dan saya juga melihat banyak teman saya yang JJS Ke LN dengan Gratis. Ongkang ongkang kaki, terima beres, maklum aja kenalannya BOS BOS. Ya nda apa apa, kan itu rezeki mereka. Kita tidak boleh iri satu sama lainnya. Setiap orang sudah ditentukan rezekinya. Ini yang selalu saya camkan dalam benak pikiran saya. Dan memang mungkin ya REzeki saya memang harus diraih dengan darah dan keringat 1 liter hahahaa. Nda juga sih yang jelas saya harus berjuang sendiri, dan harus bekerja keras. Benar juga kaya Adi Wongso bahwa kalaw Kita keras pada diri kita maka kehidupan akan lunak kepada kita. Kalaw kita lunak pada diri kita maka kehidupan akan keras kepada kita.

Akhirnya Bisa Berangkat
Teman saya dari Makasar pernah mengutip dari sebuah buku yang dibacanya. Ada kalimat motivasi seperti ini "jika anda punya mimpi dan keinginan, yakinlah terlebih dahulu bahwa anda mau dan sangat ingin meraihnya, lalu segenap alam akan bersatu padu membantu anda mewujudkannya dan bantuan itu akan datang dari berbagai penjuru mata angin. Ya, asalkan anda mau.”. Sangat sederhana tetapi memotivasi..

Dan saya senang kerja keras diri ini membuahkan hasil gemilang. Ini usaha ke 2 saya. Usaha yang pertama saya mengirim Aplikasi program OXFAM ditolak oleh dewan JURI. Padahal pertanyaannya Tes OXFAM cukup sulit dan njelimet. Kalaw saya lulus tes OXFAM yang diselenggarakan oleh Yayasan OXFAM itu, maka saya bisa ikut diskusi dengan pemuda pemudi dari seluruh dunia selama 1 minggu di India. Saya gagal di usaha pertama ini. Dan kegagalan itu memicu semangat saya lagi, dan mempelajari kelemahan diri, mengapa saya bisa gagal di tesnya. Saya belajar lagi, dan belajar lagi

Dan barulah usaha yang ke 2 melalui SEAChange 2009 inilah saya berhasil dan lulus dengan baik dan berhak mengikuti YES 2009 Youth Asean Summit di Kuala Lumpur bergabung dengan 500 pemuda pemudi se Asia Tenggara lainnya. Saya belum tahu saya berada di rangking/urutan ke berapa dari daftar 500 pemuda/pemudi Se Asia TEnggara yang lulus dalam seleksi SEAChange 2009 ini. (Masih menunggu kabar lanjutan dari Panitia SEAChaNGE di Kuala Lumpur).

Allah tahu kalaw hari ini saya demam (kurang fit, dan kurang tidur). Mungkin kecapean karena 2 minggu saya pontang Panting cari info ke sana kemari nguber sana nguber sini Cita cita saya Ke LN memang sudah bulat. dan itulah salah satu faktor kuat saya mempelajari Bahasa Inggris dengan amat serius. Karena dari awal saya sudah yakin Bahasa Inggris akan sangat bermanfaat untuk menunjang karir saya di masa depan.

Suatu saat saya akan buktikan kepada mereka, bahwa saya pun bisa berangkat ke LN - ntah dimanapun negara nya nanti, asal negara itu di luar Indonesia namanya LN. KL juga tidak apa sebagai laboratorium saya. Kelak saya akan membidik negara lainnya yang lebih "mengerikan" lagi proses seleksinya yakni beasiswa EndeaVour Australia wih saya memang pengen bisa berangkat ke Australia. Saya harus bekerja lebih keras lagi nantinya agar bisa mencapai Skor IELTS/TOEFL minimal 550. Saya masih harus mengasah kemampuan Bahasa Inggris ini. Beasiswa Kuliah di Australia ini memang sudah saya intai sejak 2 tahun lalu, dan berharap bisa ikut tes Endeavour tahun 2010 mendatang. Pokoke Gagal atau berhasil urusan nanti. Yang penting sikat dulu. Dicoba dulu. Maju dulu.

Akhirnya MIMPI saya untuk bisa ke Luar Negeri tercapai juga. Terima Kasih ya Allah. Ini namanya MIMPI saya yang menjadi kenyataan. My dream comes true. Yang Pasti, Tiada daya upaya melainkan pertolongan dari Allah SWT. Lahaulla Wallakuata Illabillah. Tiada daya upaya melainkan dari pertolongan Allah SWT


No comments:

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog