Jual Milagros disini
Loading...

Hari Pertama Puasa


Dear Blog,

Alhamdulillah hari ini adalah hari pertama di bulan Suci nan penuh berkah Ramadhan 1431 Hijriah. Pengumuman resmi jatuhnya hari pertama Ramadhan 1431 Hijriah sudah secara resmi diumumkan oleh pemerintah tadi malam (10/8) bersamaan saat aku Sholat Isya sekaligus Tarawih (jiaaaaaaaaa laga lu Sep hahahaa - red) di Masjid Komplek tempat saya ber'semayam' yakni komplek Duta Bandara Permai Ahmad Yani II Supadio. Duile sampei segitunya ditulis dengan lengkap. Mau promosi nih ye hehehhee. Ah enggak enggak juga kok. Tapi kan pengumuman dari Pemerintah tentang jatuhnya hari pertama Ramadhan 1431 Hijriah juga tidak berpengaruh dengan jamaah sholat di Masjid itu.

Soale kenapa, karena apa sudah logis karena umat Islam di Indonesia ( mungkin ) lebih "patuh" dengan tanggal merah atau penanggalan yang ada di kalender Nasional dan atau kalender arab yang ada di rumah rumah itu. Kalaupun ada yang "mau" mendengarkan versi resmi pemerintah, la orang orang sudah kadung "terjun" melaksanakan Sholat Tarawih. Jadi apa iya ada yang mau mendengarkan atau menyimak pengumuman versi pemerintah itu?. La kok disebut versi Pemerintah sih? apa ada versi versi yang lain?. Ya tentu saja ada. Seperti Versi Muhammadiyah dan lain sebagainya. Namun bukan itu bahasan dalam blog ku kali ini. Aku tidak akan membahas perbedaan.

Para Bloggers mania tercinta..

Berpuasa Ramadhan kali ini mungkin akan lebih bermakna jika kita semua bisa memanfaatkan moment yang hanya terjadi 1 kali dalam 1 tahun ini dengan berbagai aktifitas yang bermanfaat baik bagi diri sendiri dan atau maupun bermanfaat bagi orang lain. Kegiatan boleh boleh saja di gelar di berbagai tempat di seluruh Indonesia pada umumnya atau di kota Pontianak pada khususnya. Nah khusus di kota ku tercinta, Pontianak, sudah pasti semarak di hari pertama di bulan Suci Ramadhan 1431 Hijriah ini. Namun ada beberapa "tradisi" yang umum terjadi di setiap awal Ramadhan di kota Khatulistiwa ini. Mungkin sudah banyak yang tau, tapi okelah saya sebutkan beberapa diantaranya ya:

Barisan Tarawih Penuh bangedsss..
hahaha biasa itu, awal awal Ramadhan setiap tahun , pasti dengan mudahnya kita temui seti8p masjid, Surau , langgar selalu penuh orang sholat Tarawih. Biasalah hari pertama memang begitu, mungkin juga terjadi di seluruh Indonesia. Nah pada hari pertama ini, semua lapisan masyarakat, ibu ibu, remaja putri, remaja putra, bapak bapak, anak anak, om , tante , nek long, semuanya memenuhi masjid masjid, surau untuk Tarawih. Ini bagus sebeneranya. Namun semangat ramadhan ini (seharusnya) selalu dipertahankan. Agar masjid masjid selalu makmur oleh Jamaah yang sholat dengan atau tanpa Ramadhan. Bisakah kita memakmurkan masjid masjid, surau kita dengan sholat Berjamaah pasca Ramadhan nanti?. Itu tanggung jawab kita semua, kita bersama.

Juadah Ramadhan rame ee...
Nah nah untuk urusan kuliner, atau makanan ini wah pasti seru bangeds. Bagi ku tidak ada kata "tidak" untuk yang namanya makanan hehehe. Karena apa ya karena saya suka makanan, dan makanan menyukai ku. Huaaaaaaa.... Selera orang tentu berbeda beda antara satu orang dengan orang yang lainnya. Kalaw aku sih suka bangeds buka Puasa dengan kurma manis, air putih atau es Kelapa. Wah keren dah, kalaw udah ada ketiga jenis pembuka buka puasa itu, hmm segar dan menyegarkan hahahhaa.

Tapi fenomena yang umum kita temui di awal ramadhan ini adalah "dendam" luar biasa dengan yang namanya makanan. Memang hak setiap orang sih untuk menyantap makanan buka puasa kesukaannya, tapi sebaiknya kita harus waspada dan jaga jaga karena asupan buka puasa yang serba banyak, dan jumlah yang berat kadar kalorinya bisa membuat tubuh kita mengantuk. Dan ini tentu tidak kita inginkan bukan. Membeli sajian buka puasa seperti memborong dagangan di Pasar, juga hak anda anda semua. Namun sadarlah, bahwa makanan itu juga tidak baik jika dikonsumsi secara berlebihan. Berbukalah dengan menu makanan kesukaan anda dan dalam jumlah yang sewajarnya.

Nah itulah contoh contoh dua hal yang umum terjadi di awal Ramadhan di Pontianak. Selain itu dalam catatan saya juga sering melihat fenomena turun hujan di awal Ramadhan. Ini rahasia ALLAH SWT. Kita tidak akan pernah tau rencana rencana ALLAH SWT. Sepanjang yang aku tahu selalu turun Hujan di awal Ramadhan (Malam hari saat Tarawih pertama -red). Mungkin agar bumi kota Pontianak ini segar, dengan suasana yang syahdu untuk mendirikan Sholat Isya berjamaah dan Tarawih dengan guyuran air hujan yang membersihkan muka bumi. Wallahu Hu Alam Bissawab.

Selamat Berpuasa Ramadhan ya,...

No comments:

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog