Jual Milagros disini
Loading...

Aku Lolos Seleksi Asia Africa Youth Forum 2010


Hari ini aku ada info sedikit nih. Sedikit aja sih. Soale tumben hari ini nda ada ide terlintas dibenakku untuk menulis blog. Hahahaha. Sebagai salah satu anggota BBC (Borneo Blogger Community) harus aktif menulis di blog donk ya. Hehehe ya ya I know. Ya tapi kali ini saya cerita sedikit saja tentang Konperensi Asia Africa Youth Forum 2010 yang Insya Allah akan diselenggarakan di Bandung (Jawa Barat) pada tanggal 23 s/d 28 Agustus 2010 mendatang. Kalaw menurut penanggalan masehi dan arab sih moment pelaksanaannya sudah masuk di bulan suci Ramadhan. Tapi tidak masalah taa, walaupun di bulan suci Ramadhan?.


Mengapa aku tanyakan tidak masalah toh walaupun di Bulan Ramadhan jika harus berangkat ke Bandung ikut AAYF 2010 tanggal 23-28 Agustus 2010 mendatang? Beberapa calon peserta Indonesia yang mau ikut AAYF 2010 selalu mengeluh "yaaa..(dengan suara sumbang-red) saat mengetahui pelaksanaannya di Bulan Ramadhan. Hehehe. Bisa lolos seleksi Nasional dan bisa terpilih ikut AAYF 2010 memerlukan nostalgia tersendiri buat ku. Ya donk karena capek buat menjawab pertanyaan dalam application form AAYF 2010 yang banyak menanyakan motivasi, dan visi kita sebagai pemuda Indonesia dalam menyikapi masalah dunia berkaitan dengan MDG. Tau nda apa MDG itu?

MDG atau kepanjangan dari "Millennium Development Goals" adalah 8 (delapan) poin tujuan pembangunan Internasional yang dicanangkan oleh PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa-red) yang mengamanatkan negara anggotanya yang berjumlah sekitar 192 Negara di dunia dan sedikitnya 23 badan Internasional dunia lainnya sepakat untuk mencapai 8 tujuan tersebut menjelang akhir tahun 2015.

Ke Delapan tujuan pembangunan internasional tersebut sudah pula mencakup poin penting lainnya yang tidak bisa dilewatkan begitu saja yakni mengurangi kemiskinan absolut (reducing extreme poverty), mengurangi angka kematian kelahiran anak (reducing child mortality rates) , memerangi bahaya epidemik seperti AIIDS (fighting disease epidemics such as AIDS) dan juga turut mengembangkan kemitraan global untuk pembangunan bersama (developing a global partnership for development). Cieeeee bahasanya wee.

Adapun ke 8 Tujuan Pembangunan internasional itu antara lain adalah :

1. Eradicate extreme poverty and hunger
2. Achieve universal primary education
3. Promote gender equality and empower women
4. Reduce Child Mortality Rate
5. Improve maternal health
6. Combat HIV/AIDS, malaria, and other diseases
7. Ensure environmental sustainability
8. Develop a global partnership for development

Nah inilah tema tema dari MDG yang sudah saya pelajari sebelumnya. Adapun tema MDG yang ku ajukan sebagai salah satu materi dalam mengisi application form Asia Africa Youth Forum (AAYF) 2010 ini adalah tema HIV AIDS. Salah satu alasannya adalah wilayah Kalimantan Barat sangat rawan dengan penyebaran HIV AIDS karena secara geografis wilayah kalimantan Barat berbatasan langsung dengan Kuching (Malaysia).

Dan potensi terjadinya perpindahan manusia antara kedua negara membuka peluan terjadinya traficking (Perdagangan Manusia), Narkoba , kejahatan internasional terorisme, serta perpindahan Tenaga Kerja Indonesia yang bisa menimbulkan peluang penyebaran HIV AIDS di kedua negara. Selain itu pekerjaan saya yang bisa dikatagorikan berkaitan dengan online (Karena saya mengurus website suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang berita) mempunyai peluang besar untuk lolos. Penyebaran informasi akan bahaya penyebaran HIV AIDS sangat terbantu dengan bantuan media cetak maupun online.

Dan alhamdulillah saya terpilih dalam seleksi nasional AAYF 2010 yang dilakukan oleh Panitia nasional bekerja sama dengan Kementrian Pemuda dan Olah Raga Republik Indonesia. Saya berhak bergabung dengan peserta dari Indonesia lainnya untuk bersama sama mengikuti ajang Asia Africa Youth Forum 2010 yang akan berlangsung di Bandung pada tangagl 23-28 Agustus 2010. Bandung bukan hal baru bagi saya. Sejak tahun 1990 saya sudah mengunjungi kota Bandung karena banyak family kakak memang orang asli Bandung. Sedagkan saya sendiri ke Bandung terakhir tahun 2009 lalu saat mengikuti International Youth Conference (IYC) yang diselenggarakan juga oleh Kementrian Pemuda dan Olah Raga Republik Indonesia.

Mengikuti konperensi Internasional bukan hal baru buat saya. Berbagai seminar, forum dan konperensi di Luar Negeri sudah sering saya ikuti. Mulai dari Konperensi International Youth Conference (2009) di Bandung dan Banten. Kami menginap di Hotel Bintang 5 Marbella Banten. Hahaha seumur hidup baru sekali itu menginap di Hotel Bintang 5 Marbella Banten. Juga konperensi Youth Engagamenet Summit (YES) 2009 di Kuala Lumpur (Malaysia).

Beberapa konperensi Dunia lainnya luput saya hadiri karena tidak ada dana sponsor misalnya One Young World (OYW) 2009 di London (Inggris) serta Konperensi AIDS di Vienna Austria. Kedua konperensi OYW London dan AIDS di Vienna Austria itu luput saya hadiri. Karena tidak ada dana sponsor. Namun saya berhasil lulus seleksi yang diadakan oleh mereka (panitia OYW London dan Panita AIDS Austria). Hanya saja saya mentok tidak ada dana sponsor. Tapi saya lolos seleksi mereka. Itu poin pentingnya.

Hanya saja masalahnya dana. Terus terang aja. Saya tidak ada dana tersedia (untuk saat ini-red) untuk hadir di acara bergengsi kelas dunia seperti Asia Africa Youth Forum (AAYF) 2010 di Bandung tanggal 23-26 Agustus 2010 mendatang ini. Uang yang ada mendingan buat persiapan Lebaran aja, dan sebagai alokasi buat Tunjangan Hari Raya (THR). Selain itu harga tiket pesawat sudah pasti harganya sudah mencapai langit alias tingginya minta ampun. Semua dana untuk persiapan menghadiri AAYF 2010 ini sepenuhnya saya bebankan pada hasil final proposal yang sudah saya sebarkan kebeberapa instansi pemerintah itu.

Kalaw hasil dana proposal dananya mencukupi untuk mengkover 1 (dua) tiket Pesawat Pulang Pergi Pontianak - Jakarta - Pontianak , Insya Allah saya hadir. Jika dana proposal yang diperoleh tidak mencukupi untuk tiket PP Pesawat (Hasilnya pendapatan proposalnya sebagian atau setengah dari nilai harga 2 tiket PP Pesawat) ya akan saya jadikan THR saja. Semoga saja hasil pendapatan proposalnya besar dan banyak NOLnya sehingga bisa bermanfaat buat semua orang, saya , keluarga dan juga masyarakat yang membutuhkannya.

Amin Ya Robbal Alamin

See You in Bandung. Insya Allah :))))))

No comments:

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog