Jual Milagros disini
Loading...

Rutinitas Kerja Sehari Hari Yang Menyenangkan


THIS IS IT: Inilah meja kerja saya sekarang ini saudara saudara. Hihihihi. Koran Pontianak Post versi cetak harus ada di meja kerjaku. Karena data online Pontianak Post di Internet harus sama dengan konten koran versi cetak. Saya selalu bekerja diiringi musik baik dari Mp3 maupun dengar langsung dari Internet. Its been fun. I like my work so far. Photo Asep Haryono

Dear Blog

Hari ini Sabtu (27 Pebruari 2010) saya sudah stand by di meja kerjaku dan mengerjakan online website perusahaan ku sebagaimana biasanya. Rutin aja pekerjaan ku seolah tiada hari tanpa menginput data online. Yah namanya juga pekerjaan tetap ku ya itu aja. Emang apa sih pekerjaan ku itu?. Apa ada yang belum tau sebenarnya apa sih pekerjaan ku sehari hari di kantor yang konon mengklaim dirinya sendiri sebagai yang terbesar dan terutama di Kalimantan Barat ini?.

Hahaha. Ya udah gini aja saya posting di sini. Jadi dengan demikian teman teman para blogger di mana saja berada bisa tau sekilas atau tidak sekilas mengenai pekerjaan sehari hari ku ini. Updating Website Pontianak Post. Inilah judulnya. Nah sekarang duduk dengan manis, saya akan cuba paparkan di sini apa saja itu pekerjaan insersi atau pengisian data online website saya.


Situs web Pontianak post yang sekarang beralamat di www.pontianakpost.com yang merupakan website aktif di Internet diupdate datanya setiap hari, dan itu adalah tugas saya sehari hari. Posisi sebagai Web Operator atau Web Content Updater saya tekuni sejak tahun 2001 hingga sekarang. Formatnya menggunakan format database PHP dan sudah harus up dan sudah bisa dibaca oleh masyarakat mulai pukul 10.00 WIB setiap harinya. Dahulu sekitar taon 2001 updating websitenya pukul 00.00 WIB tepat dinihari.

Namun karena ada permintaan khusus dari Pak Dahlan Iskan secara langsung di ruang kerja saya lantai III Pontianak Post (Sekarang Graha Pena- RED), dan bilang kalaw Jawapos banyak saingannya, jadi beliau meminta agar updating web koran kita jangan mendahului website Jawa Pos yang sudah up sejak pukul 05.00 WIB pagi dinihari. Mungkin karena desakan dari bos JPNN itulah akhirnya waktu kerja saya yang awalnya dapat shift malam dipindahkan menjadi shift pagi hingga sekarang ini.

Senang. I love the job
Ketika saya tiba di kantor setiap pukul 07.00 WIB ( Saya jarang ke kantor di atas jam 08.00 WIB). Bukan maksud nyombong tapi saya ke kantor memang selalu pagi hari bukan karena siapa siapa. Karena saya suka bangun pagi dan itu suatu kesenangan. Nah ketika saya sudah datang ke kantor dan duduk di kokpit Meja Kerja saya saya langsung in action. Proses updating data online segera dimulai.

Apa yang lakukan pertama kali :

Pertama : Saya membuka server jaringan dalam PC saya, dan melihat apakah akses ke server berjalan baik dan connected. Maka saya langsung cek di server data mentah (raw materal -red). Saya langsung membuka halaman dari halaman 1 sampai dengan 32 sesuai dengan jumlah halaman versi cetaknya. Setelah semua berstatus Ok. Online. Maka langkah selanjutnya saya menjalankan Software Adobe Photoshop Versi 0.7, kadang juga Adobe Photoshop CS3 juga. Selanjutnya saya menjalankan NOTE PAD. Langkah selanjutnya saya menjalankan mesin online nya itu sendiri. Ya Website Administrator harus dijalankan untuk proses final updating website itu sendiri. Setelah semua "senjata" ini pada posisi armed maka bisa dimulai proses insersi data.

Kedua : Data mentah yang saya ambil dari halaman server 1 s/d 32, kemudian di keluarkan semua. Di jalankan. Lalu koran ASELI Pontianak Post versi cetak juga dibentangkan. Ha ini penting karena data mentah dari server harus sama persis dengan berita koran versi cetaknya. Karena pada prinsipnya versi Pontianak Post versi online hanya penunjang atau back up versi koran cetaknya. Adobe Photoshop 7 atau Adobe Photoshop CS3 siap dijalankan.

Ketiga : Setelah semua data di keluarkan, maka dilakukan validasi atau kecocokan antara data mentah dari server dengan berita yang sudah terbit dalam versi cetaknya. Jika dalam berita versi cetaknya judul berita foto tidak sama atau tidak ada dengan data mentah dari server, maka data yang kosong itu diketikan sesuai dengan berita foto di versi koran cetaknya.

Keempat : Setelah data teks sesuai dari data mentah dengan data koran versi cetaknya, maka sekarang dilakukan pengolahan foto. Setiap berita kadang disertai dengan foto. Walau tidak semua berita di versi cetak ada fotonya. Namun dalam web foto diusahakan ada. Karena berita akan semakin menarik jika sudah dilengkapi dengan gambar baik foto maupun ilustrasi. Foto pun dibuat dalam 20 KB maksimal. Hal ini penting karena jika foto terlalu berat akan menyebakan website terasa berat dibuka.



PENUTUP
Selain melakukan updating website, saya pun memiliki tugas tidak resmi yakni menarik foto dari AFP dan REUTERS juga dilakukan setiap hari, Namun karena sesuatu dan lain hal penarik foto ini saya hentikan. Penarikan foto dilakukan oleh redaktur.

Salah satu keunggulan dari departemen atau divisi online yang saya rasakan sekarang ini adalah akses informasi tanpa batas (bilang aja Internet gitu aja kok repot - ya Allah saya pinjam slogan Almarhum Gus Dur. Terimalah Almarhum Gus Dur dalam Syurga MU ya ALLAH. Amin). Dengan bekal inilah saya punya kesempatan luas mengakses informasi seluruh jagat raya ada dalam tut tus keyboard ku. Sangat senang menjadi orang yang punya akses informasi yang sedemikian cepat berubahnya dari detik ke detik setiap hari. Sungguh menyenangkan jika bisa mengikuti perkembangan informasi sekarang ini. Dan ini suatu berkah yang saya syukuri kepada ALLAH SWT.

nah gimana sudah tau kan kerjaan saya tiap hari?
Ya itu dia hiiihiiihihihihii


No comments:

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog