Jual Milagros disini
Loading...

Saya Gagal Berangkat Ke London


Hi Asep,

I am sorry it has been so long since we have contacted you. We have been finalising every opportunity out there and were not in a position to give you personally a final 'yes' or 'no'. It is with regret we are now in this position and I must inform you you were not successful at receiving sponsorship this time, either in full or part. For it's inaugural summit, demand has far outstripped supply and whilst we have been able to confirm some excellent delegates to attend, we know there are plenty of other deserving delegates out there who did not receive funding they needed to come to London. But there is every opportunity next year.

We do not intend for any of our delegates to feel ignored and between us send hundreds of emails a day both to and on behalf of our delegates, both those attending the summit and those not.

With warmest regards,

Jake


Dear All,

Pupus sudah harapan menggumpal untuk bisa berangkat ke London, Inggris. Ini dikarenakan hasil final keputusan Panita One Young World (OYW) London sudah final dan ternyata aplikasi saya tidak diterima, tidak memenuhi syarat, dan tidak memperoleh sponsor baik untuk dukungan dana penuh maupun sebagian. Wis plek lengkaplah sudah. Hahahhaaha. Toh ternyata saya masih bisa tertawa. Napa tertawa?. Soale teman teman saya seangkatan (almamater) SEAChange 2009 juga negatif. Hahahaha sebenere saya sudah punya dugaan hasilnya seperti ini. Mungkin belum rezeki berangkat ke London untuk tahun ini.

Mengenang masa masa seleksi beberapa minggu lalu, mungkin belakangan ini banyak FB teman teman yang kesal sama sayah karena karena wall post mereka dipenuhi oleh pesan-pesan promosi saya. Hahaha saya memang bersemangat melakukan aktifitas “jual diri” dalam seleksi One Young World (OYW) ke London ini. Haha. Kenapa? Postingan ini akan mencoba menjelaskan semuanya. Dan juga, sekaligus menjawab “kenapa sih saya harus vote kamu?”. Pertanyaan cerdas! karena saya juga nggak mau anda mempercayakan vote anda dengan sia-sia. Postingan ini memang akan sedikit panjang, dan memakan waktu anda untuk membacanya. Tapi saya jamin, ini bukan cuma curhatan pribadi. You’ll get more. Trust Me! hahahaha

Pertama kali saya mengetahui One Young World, dimulai dari ketika saya mendapatkan info ini dari salah seorang teman saya. Dan ketika saya cek di website One Young World, wow. There’s a big oppurtunity, dan LONDON.. honestly, memiliki daya tarik tersendiri. Siapa sih yang nggak mau pergi ke London? Dan bagi saya pribadi, ini bisa jadi sedikit penghibur lara atas kegagalan saya lulus di program Global Changemakernya British Council tahun ini.

Nggak pake lama, saya segera apply. Dan memang karena profile letter udah stand by, tinggal copy paste aja, dan sedikit editing (katanya sih udah di edit, tp masalah grammatical jangan ditanya. hehehe saya juga masih belajar juga hahahaha walaupun dari FKIP Bahasa Inggris toh saya masih belajar dan belajar lagi- red). Then, ketika udah muncul profile. Hehe, langsung saya vote untuk diri sendiri duluan. Ya iyalah, kalo saya sendiri nggak ngerasa pantas untuk terpilih, kenapa harus apply? hahahahahhaa

Kenapa sih saya mau ikutan, dan akhirnya capek-capek promo sana sini?

Apa sih "One Young World" itu?

One Young World is a platform to engage and inspire the young people of today – the decision makers of tomorrow. It will help them to adopt a position of leadership on the challenges facing the world today and in the future. One Young World taps into a global resource of new ideas that demand hearing.

Puncaknya akan digelarlah yang namanya One Young World Summit di London, Februari 2010. Forum ini akan dihadiri oleh 1500 remaja di seluruh dunia, dan juga para pemangku kebijakan, serta potential partners. Apa yang saya harapkan? Seperti yang saya bilang, London memang memiliki daya tarik. Dan saya dari dulu juga memang bermimpi untuk ke sana. Saya percaya bahwa ketika saya lebih banyak mengunjungi beragam tempat, saya akan menjadi lebih open minded, dan tahu apa yang harus dilakukan. Saya masih ingat apa yang pernah dikatakan Anies Baswedan (Rektor Univ. Paramadina):

“saya menganalogikan. ketika orang meminta saya untuk menjelaskan seperti apa rupa rumah saya? maka akan lebih mudah bagi saya untuk menjelaskannya ketika saya pergi ke luar rumah, lalu saya lihat rumah saya. Oh.. rumah saya berlantai 2.. bla bla bla.. Ini sama dengan ketika saya diminta untuk menjelaskan rupa Indonesia, dan melihat Indonesia itu seperti apa dengan objektif. Akan lebih mudah bagi saya pergi ke luar Indonesia, melihat Indonesia dari luar, kemudian just tell them!”

Dan London adalah salah satu tempat yang tepat bagi saya untuk belajar mengenai ini semua

Just it?
Tentu saja bukan. Lebih dari itu, sebenarnya terkait dengan sejumlah aktivitas yang sedang saya jalankan. Sejak dulu saya percaya bahwa networking berperan penting untuk mencapai apa yang kita mau. Kapabilitas yang saya miliki belum cukup, jika tidak ada yang memeberikan support”. Saya percaya bahwa ketika saya diberikan kesempatan untuk mengikuti One Young World Summit, ini akan memberikan akses besar, dan peluang besar ada di depan saya, untuk mengolah projects tersebut. Funding lebih mudah, dan yang paling penting, upaya untuk meningkatkan awarenes masyarakat akan lebih mudah, karena satu title baru melekat di pundak saya. Kesempatan untuk berbuat lebih besar bagi masyarakat dan kemanusiaan. Itu intinya. Seperti kata Billy Boen, “THINK BIG”. dan saya percaya bahwa akan ada hal hal luar biasa yang akan segera datang, yang tidak saya sangka

Akhir kata semua sudah berakhir. Hasil final team seleksi One Young World (OYW) di London memutuskan aplikasi saya tidak diterima dan para sponsor tidak memilih apilkasi saya. Dengan kata lain aplikasi saya tidak mendapatkan sponsor dana baik sebagian apalagi keseluruhan. Ya sudah tidak mengapa. Belum rezeki saya berangkat ke London untuk tahun ini.

Saya serahkan kepada anda, This is your choice. Anda sudah memilih saya saja, atau memilih bersama orang orang yang sudah anda pilih, atau bahkan tidak sama sekali. That’s your choice. Berangkat atau tidak kini bukan hal penting bagi saya. Hal yang paling saya syukuri dari langkah yang saya ambil ini, I’ve got more friends, more oppurtunities, and semangat lebih besar! Ada cerita lain dibalik keikutsertaan saya ini, yang akan saya share di postingan berikutnya. Terima kasih bagi yang sudah memilih saya.



No comments:

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog